Kuliner Pagi Semarang Yang Cocok Sebagai Menu Sarapan

  

Semarang bukan hanya menyandang status sebagai ibukota Jawa Tengah tetapi memiliki seribu macam pesona. Tidak hanya memiliki segudang kebudayaan dan tempat wisata yang menarik, tetapi Semarang juga memiliki kuliner yang khas dan tentunya lezat. Ada begitu banyak kuliner pagi semarang yang dapat dijadikan menu sarapan yang murah dan mengenyangkan.

1. Nasi Ayam Bu Pini

Menu yang ditawarkan di sana merupakan satu paket dengan isian nasi yang gurih, suwiran ayam. Selain itu ada juga potongan telur bacem, sayur labu, krecek atau kulit sapi dan kuah opor. Nasi ayam Bu Pini ini bisa disantap sebagai sarapan karena rasanya tidak terlalu pedas sehingga aman bagi lambung.

Jika ingin mencoba menu ini bisa langsung datang ke kedai nasi ayam Bu Pini yang berada di Semarang Tengah. Tepatnya Gang Pinggir Kranggan  nomor 75. Buktikan sendiri kelezatan kuliner pagi Semarang ini dengan menu nasi ayam yang disediakan di kedai Bu Pini.

2. Nasi Ayam Bu Nyoto

Masih dengan nasi ayam yang menjadi pilihan favorit untuk sarapan adalah nasi ayam Bu Nyoto. Nasi ayam ini sudah terkenal sejak lama dan memiliki cita rasa yang khas. Tidak heran jika menu ini menjadi legenda kuliner Semarang. Porsi nasi ayam ini cukup banyak sehingga akan membuat yang memakannya merasa kenyang.

Bukan hanya itu, ada beberapa tambahan yang bisa dipilih oleh pembeli seperti sate usus, ati ampela dan telur puyuh. Untuk bisa menikmati salah satu kuliner pagi Semarang ini, bisa langsung datang Peterongan tepatnya di Jalan Mayjen MT Haryono.

3. Soto Kudus Mbak Lien

Pasti sudah banyak yang mengenal kuliner yang satu ini yakni soto kudus. Hampir mirip dengan soto lamongan, soto kudu memiliki kuah yang lebih bening. Ada suwiran ayam dan sayuran seperti toge dan terkadang ada yang menambahkannya dengan daging kerbau.

Soto kudus mbak Lien ini bisa menjadi pilihan kuliner Semarang di pagi hari. Disamping harganya murah, ada tambahan seperti perkedel, tempe, sate kerang dan sate paru yang paling diminati. Soto mbak Lien berada di Jalan Ki Mangunsarkoro nomor 15, sehingga yang ingin mencicipinya bisa langsung datang ke alamat tersebut.

4. Asem-Asem Koh Liem

Bagi yang ingin makan makanan cina, bisa datang ke Asem-asem Koh Liem. Sudah banyak yang mengenal tempat ini yang berada di Jalan Karang Anyar nomor 28 atau C4. Tempat makan ini sudah buka sejak pukul 7 pagi sehingga cocok untuk yang ingin sarapan makanan cina disana. Diantara beberapa menunya, asem-asem menjadi menu paling favorit.

Asem-asem ini berisi daging sapi yang sangat empuk dalam kuah yang segar. Selain itu ada juga menu kulit ayam dan cumi kecap yang patut untuk di coba. Harga yang dipatok tidaklah mahal sehingga kuliner pagi Semarang ini masih terjangkau oleh siapa saja.

5. Nasi Kebuli Ibu Aminah

Siapa yang tak kenal dengan nasi kebuli yakni makanan khas timur tengah. Ternyata di Semarang ada nasi kebuli yang sudah cukup dikenal banyak orang yakni milik Ibu Aminah. Nasi yang bercitarasa khas penuh rempah ini dipadukan dengan sambal, taburan bawang goreng, sambal, dan ayam bakar.

Datang saja ke kelurahan Dadapsari tepatnya di Jalan Petek nomor 76 yang berada di Semarang Utara agar bisa menikmati nasi kebuli ibu Aminah ini. Nasi kebuli ini sudah tersedia sejak pukul 6 pagi sehingga dapat dinikmati sebagai menu sarapan.

Itulah 5 kuliner pagi Semarang yang paling populer. Hal itu dikarenakan harganya yang sangat terjangkau dan rasa makanannya sangat lezat. Sehingga banyak orang banyak yang memilih untuk sarapan pagi dengan menu kuliner tersebut.