Inilah Beberapa Fungsi Shared Hosting Server yang Perlu Diketahui!

  

Bagi para blogger, shared hosting tentunya bukanlah istilah asing. Keberadaannya memberikan beberapa keuntungan para blogger atau pun pengguna website. Pernahkah terpikir di mana letak penyimpanan data suatu website. Nah, itulah salah satu fungsi shared hosting server yang membantu dalam penyimpanan data suatu website. Adapun fungsi lainnya, yuk intip ulasan berikut!

Sekilas Shared Hosting Server

Sebelum mengetahui fungsi shared hosting server, ada baiknya untuk mengenal sekilas tentang shared hosting server. Hosting merupakan salah satu media yang dijadikan sebagai lokasi penyimpanan data dalam bentuk tulisan, gambar, kode pemrograman, hingga video.  

Adapun shared hosting yakni sebuah layanan hosting yang melingkupi beberapa account hosting yang berbeda, tetapi dengan server yang sama. Lain halnya dengan dedicated hosting, shared hosting dipakai oleh beberapa akun dengan pelayanan yang sama. Jenis hosting yang satu ini biasanya memiliki harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan RAM dan CPU-nya memiliki spesifikasi lebih rendah. Shared hosting banyak dimanfaatkan oleh para blogger serta website yang memiliki trafik sedikit.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting Server

Jenis hosting yang satu ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Shared hosting server bisa dijadikan pilihan, tentunya dengan memerhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Adapun kelebihan dan kekurangannya yakni sebagai berikut.

Di antara kelebihan shared hosting server yakni jika dilihat dari segi biaya, cukup hemat dan terjangkau. Cocok untuk digunakan oleh pemula, karena settingnya yang cukup mudah. Adapun layanan supportnya bisa dijangkau selama 24 jam penuh. Selain itu, permasalahan pada server tidak perlu diperbaiki sendiri, melainkan penyedia yang akan memperbaikinya.

Adapun kekurangan shared hosting yakni potensi overland yang cukup tinggi. Karena server digunakan bersama-sama, ketika terjadi overload pada satu pengguna, maka akan memberikan dampak buruk pada pengguna lainnya. Selain itu, aksesnya sangat terbatas yakni hanya bisa mengakses file sendiri saja.

Fungsi Shared Hosting Server

Selanjutnya, informasi terkait fungsi shared hosting server yang perlu diketahui. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hosting memiliki fungsi sebagai lokasi penyimpanan data suatu website. Di antara fungsi lainnya yang disuguhkan shared hosting server yakni sebagai berikut.

1.   Sebagai Lokasi Database Suatu Website

Seperti yang disinggung sebelumnya, fungsi utama dari hosting yakni sebagai tempat penyimpanan database suatu website. Dengan adanya lokasi penyimpanan database, maka berbagai data yang dibutuhkan dapat diakses melalui internet. Dengan adanya tempat penyimpanan data ini, maka pemilik website dapat mengatur berbagai data yang dibutuhkan beberapa pengguna website.

2.   Menjaga Website Agar Selalu Online

Selanjutnya, fungsi lainnya yakni untuk menjaga suatu website agar tetap online. Hampir setiap website diakses guna kepentingan layanan umum, terutama yang digunakan untuk berbisnis. Agar bisa diakses kapan pun, tentunya website harus selalu online. Nah, dengan adanya shared hosting server inilah, website akan tetap online dan dapat diakses oleh para pengunjung website.

3.   Performa Website yang Berbeda

Selain fungsi di atas, fungsi lainnya yakni meningkatkan performa suatu website. Performa yang ditingkatkan yakni mulai dari kecepatan dalam mengakses suatu website. Hal ini tentunya didukung dengan beberapa fitur pendukung seperti Accelerator, CloudFlare, Patchman dan sebagainya. Fitur pendukung ini tentunya beragam, bergantung pada penyedia server.

4.   Membuat Email Profesional

Ketika suatu website memiliki domain dan hosting, maka selanjutnya bisa membuat email profesional. Email yang tadinya memiliki akhiran gmail atau yahoo, bisa diganti dengan domain sendiri. Hal ini tentunya akan menjadikan email yang dimiliki lebih profesional serta terlihat lebih resmi dan jauh dari kata abal-abal.

5.   Melindungi Website

Fungsi lainnya yakni untuk melindungi suatu website tertentu. Banyak gangguan yang bisa membahayakan website, mulai dari malware, virus hingga serangan DDOS. Dengan adanya shared hosting server, tentunya website akan lebih terjaga. Hal ini bisa dilakukan dengan menginstal SSL yang menjadi pengaman suatu website.

Nah, itulah beberapa fungsi shared hosting server yang perlu diketahui guna menciptakan suatu website yang bagus. Keberadaan shared hosting server tentunya sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh para pemula.