Web Server Adalah Otak Utama Website Yang Memiliki Fungsi Vital

  

Web server adalah salah satu bagian utama dari website yang pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan pegiat website. Hal ini dikarenakan web server memiliki fungsi utama dan strategis terhadap jalannya website. Meskipun sudah banyak yang mengetahuinya, namun tidak jarang ada yang belum mengetahui tentang web server. Karenanya pembahasan kali ini akan membahas tentang web server.

Pengertian Web Server

Pembahasan pertama adalah apa itu web server atau pengertian dari web server. Secara spesifik, pengertian web server ini dibagi menjadi dua dilihat dari segi penempatannya. Apakah software atau hardware. Untuk software, web server berarti merupakan pusat kontrol untuk memproses data yang sebelumnya telah diterima melalui website.

Bila dilihat dari segi hardware maka web server adalah tempat penyimpanan database website seperti java script, gambar, html dokumen, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, web server juga bisa berdiri sendiri tanpa mengikuti pengertian dari keduanya baik dari sisi software maupun hardware.

Secara umum web server sendiri berarti sebuah perangkat atau piranti lunak yang memiliki fungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser. Lalu nantinya permintaan ini akan diproses dan nantinya akan diberikan hasil berupa tanggapan yang berbentuk website atau lebih dikenal dengan dokumen HTML.

Fungsi Web Server

Pembahasan selanjutnya terkait beberapa fungsi utama dari web server itu sendiri. Karena web server adalah salah satu bagian utama dari website, maka tidak heran jika fungsinya bersifat vital semua. Beberapa fungsi dari web server itu akan dibahas secara singkat pada pembahasan yang ada di di bawah ini.

1. Menjadi Tempat Penyimpanan Data

Pertama sesuai dengan pengertian dari segi hardware, maka bisa ditarik garis bahwa web server juga digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Meskipun banyak yang menyangka bahwa tempat penyimpanan data website ada di perangkat lain, ternyata web server juga menjadi salah satu tempatnya. Semua data tersebut akan tersimpan dalam databasenya.

2. Memastikan Semua Modul Dalam Kondisi Siap

Sebagai otak utama dalam memberikan tanggapan dari hasil pencarian browser, dan menampilkannya dalam bentuk website kepada pengguna. Jadi tidak heran jika web server harus terlebih dahulu memastikan bahwa semua data yang disimpan, semua modul harus dalam kondisi siap. Baik saat dibutuhkan ataupun saat tidak sedang dibutuhkan.

3. Sebagai Pusat Kontrol

Sesuai dengan poin sebelumnya, web server merupakan otak kontrol utama bagi website dalam memberikan tanggapan utama dalam bentuk yang diinginkan pengguna. Web server ini seperti jembatan penghubung antar internet yang mengirimkan kode dan server yang menerima serta website yang memberikan tanggapannya.

4. Membersihkan Cache

Ternyata tidak hanya alat digital saja yang mempunyai cache, karena nyatanya website juga punya cache yang harus rutin dihapus. Selain membersihkan sampah dan cache yang tentu bisa menghambat kinerja website. Web server juga bisa berfungsi untuk menghapus module yang kiranya sudah tidak terpakai lagi.

5. Melakukan Pemeriksaan Keamanan

Terakhir adalah fungsi yang tidak terduga yakni melakukan pemeriksaan keamanan. Dimana tidak semua website atau html yang hendak pengguna tuju bersifat aman dari gangguan apapun. Sehingga web server disini berperan sebagai antibodi website agar tetap aman. Apabila http request yang dikirimkan kurang aman, maka web server bisa menolak permintaan tersebut.

Sekian sudah artikel kali ini yang memberikan pembahasan terkait pengertian web server adalah, dan fungsi web server lainnya selain sebagai otak utama dalam suatu protokol website. Dari artikel ini diharapkan pembaca dapat mempelajari bahwa ternyata sebuah website yang selama ini diakses memiliki otak utama yang cukup canggih untuk menangani semua permintaannya.