Mengenal Pengertian serta Fungsi Web Hosting

  

Tahukah makna dari hosting? Bagi sebagian orang yang masih awam, mungkin masih bingung dengan istilah hosting. Akan tetapi, tidak perlu khawatir, sebab artikel ini akan membahas mengenai pengertian serta fungsi web hosting. Yuk, disimak!

Pengertian Hosting

Hosting atau biasa disebut dengan web hosting merupakan sarana yang digunakan sebagai penyimpanan data dari web ataupun aplikasi sehingga dapat diakses menggunakan jaringan internet. Hosting memiliki kapasitas penyimpanan yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dengan kata lain, hosting merupakan ‘rumah’ bagi suatu website yang menyimpan berbagai data.

Ketika seseorang menggunakan layanan hosting, maka orang tersebut hanya meminjam salah satu spasi yang terdapat pada server yang digunakan. Server sendiri merupakan sarana fisik yang dijalankan tanpa adanya penangguhan atau interupsi sehingga web yang dimiliki dapat diakses kapan saja dan oleh siapa saja. Hosting berperan sebagai ‘security’ server agar tetap berjalan serta terhindar dari bahaya, dan juga untuk memindahkan gambar, file, maupun teks ke dalam browser pengakses situs yang dimiliki pengguna.

Apa Saja Fungsi Web Hosting?

Guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengertian hosting, berikut ini adalah beberapa fungsi dari web hosting:

1. ‘Rumah’ bagi Data

Fungsi utama dari web hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data. Seluruh file yang terdapat pada website anda akan disimpan dalam hosting. File tersebut dapat berupa gambar, teks, audio, video, maupun file lainnya. Apabila website yang dimiliki berisikan banyak sekali data, maka hosting yang diperlukan juga akan semakin besar. Pengguna dapat memilih ukuran penyimpanan hosting yang beragam, mulai dari 30 MB hingga ratusan GB yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja semakin besar kapasitasnya, harga hosting akan semakin mahal.

Akan tetapi kini tidak perlu khawatir, sebab telah banyak hosting gratis yang tersedia di internet. Hosting ini lebih dikhususkan bagi pengguna yang mengelola website ataupun blog pribadi. Akan tetapi tentu saja fitur dan kapasitas penyimpanannya terbatas. Bagi pengguna yang menggunakan hosting gratis, domain yang akan dimiliki seperti hostinggratis.wordpress.com atau hostinggratis.blogspot.com.

2. Sebagai Alamat Akses Data Website

Fungsi kedua dari web hosting adalah sebagai jembatan akses situs dari DNS (Domain Name System) tertentu. Sebagai contoh, apabila pengguna memiliki website dengan alamat “inihosting.com”, maka situs website tersebut memiliki nama domain yang terdaftar dalam sebuah DNS (Domain Name System).

Ketika pengguna mengakses website “inihosting.com” maka server akan menjalankan web tersebut. Jika pemilik website tidak memiliki hosting, maka website tidak dapat diakses.

3. Menjaga Agar Website Selalu Berjalan dengan Baik

Fungsi hosting selanjutnya adalah memastikan bahwa website dapat diakses selama 24 jam. Tanpa adanya hosting, website tentu saja tidak dapat diakses. Hal ini tentu saja dengan catatan penyedia layanan hosting yang digunakan tetap terjaga kualitasnya. Apabila pemilik website sudah memilih hosting yang tepat, server tidak akan mudah down sehingga pengunjung dapat berselancar di situs dengan lancar. Terutama bagi pengguna yang menggunakan hosting untuk web bisnis jual beli online.

4. Memudahkan Kostumisasi atau Penyesuaian

Dengan menggunakan hosting, orang yang mengakses website akan mendapatkan kemudahan serta kenyamanan. Terutama bagi pengguna yang memiliki kustomisasi  yang dapat diatur lewat control panel. Pengguna dapat menambahkan beberapa fitur seperti unggah gambar dan file, membuat akun google, email yang sesuai dengan nama domain hingga memeriksa jumlah pengunjung situs.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai pengertian serta fungsi web hosting. Sebagai catatan, apabila membutuhkan hosting untuk sebuah web bisnis, pastikan ketersediaan layanan seperti backup data, layanan support, serta bandwidth pada hosting yang anda pilih, ya!