Fungsi WWW dan Perkembangannya Yang Jarang Diketahui

  

World Wide Web atau WWW merupakan bagian dari internet yang mengandung beragam informasi. Atau dapat disebut dengan sebuah sistem yang dapat mengirim dan menyebarkan berupa data melalui jaringan internet yang diakses di seluruh dunia. Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat diakses oleh berbagai pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

World Wide Web atau yang lebih dikenal dengan WWW adalah istilah yang digunakan bagi pengakses internet melalui web browser. Contohnya seperti www.google.com atau www.gmail.com. Tim Berners Lee merupakan salah satu sosok yang ikut berkontribusi menemukan www, jadi ada proses yang cukup panjang hingga kita semua bisa menggunakannya sampai saat ini.

Fungsi Layanan WWW

Para pengguna internet tentu tidak asing lagi dengan istilah WWW. Contohnya seperti kita membuka halaman web yakni www.google.com, www.youtube.com, www.facebook.com, www.twitter.com, dan masih banyak lagi. Jadi sebagian besar fungsi WWW sangat berarti di dalam kehidupan pengguna internet tanpa disadari. Berikut fungsi layanan World Wide Web atau WWW yaitu :

1. Layanan Penyedia Data dan Informasi

Secara umum, digunakan sebagai penyedia data dan informasi yang diperlukan oleh pengguna internet yang melakukan akses di browser. Jadi secara langsung menghubungkan ke berbagai macam server sehingga para pengguna internet dapat mengakses berbagai macam data dan informasi di dalam sebuah situs.

2. Web Mail Service

WWW atau World Wide Web berfungsi sebagai melancarkan segala urusan yang bersangkutan dengan e-mail atau surat elektronik. Jadi seperti layanan pos. Yakni dari surat untuk melamar pekerjaan, surat pribadi, surat untuk urusan bisnis, semuanya dapat terhubung dengan mudah karena bantuan WWW. Seperti www.yahoo.com. tetapi ada juga perusahaan atau instansi yang menggunakan domain sendiri.

3. Search Engine

Search engine atau mesin pencari berfungsi sebagai memudahkan pengguna internet dalam mengakses berbagai website yang dicari. Dan seluruh pengguna internet di penjuru dunia semakin bertambah dan diperkirakan mencapai ratusan jumlah alamat website sudah terbentuk. Seperti www.google.com dan Safari.

4. Web Hosting

WWW juga membantu web hosting untuk berkontribusi menambah situs  di seluruh dunia. Tujuannya agar dapat terus berkembang dan dapat memberikan informasi untuk seluruh pengguna internet di mana saja. Jadi sebagai penyimpanan database. Seperti WordPress Hosting, Shared Hosting, maupun Cloud Hosting.

5. Portal

Portal atau situs di Google misalnya e-mail, layanan berita, sosial media, dan lain sebagainya sangat berkaitan erat dengan WWW. Jadi berfungsi untuk memberikan layanan internet tetapi yang memiliki fitur e-mail, chatting, maupun forum.

Perkembangan World Wide Web

Web ditemukan pada tahun 1990 dan sejak saat itu web sangat popular dan dijadikan sebagai layanan internet dengan pengguna terbanyak di seluruh penjuru dunia. Hal ini dimulai dari penemuan oleh Tim Berners Lee yang bekerja sebagai programmer computer di Laboratorium CERN pada tahun 1989 membuat proposal mengenai ‘Sistem Manajemen Informasi’. Dan lahirlah WWW (World Wide Web) sebagai internet masa kini.

Dan sampai saat ini pengguna internet semakin meningkat dan penggunaan WWW juga memudahkan pengguna dalam melakukan aktifitas dan keperluannya di dunia maya. begitu penting di dalam kehidupan manusia saat ini yang serba teknologi. Internet pengaruhnya juga tidak hanya cepat dalam berkomunikasi jarak jauh, tetapi juga menjadikan pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah.

Itulah fungsi WWW (World Wide Web) dan perkembangannya yang kemungkinan masih banyak yang belum tahu. Karena tanpa disadari, fungsi WWW serta manfaatnya yakni sangat memudahkan pengguna internet dalam mendapatkan sebuah informasi dan lain-lainnya.