Google SEO Adalah Satu Keharusan, Begini Kiatnya!

  

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara-cara yang dilakukan untuk menaikkan ranking sebuah website di hasil pencarian. Mesin pencari yang paling populer saat ini adalah Google. Karena itu, Google seo adalah hal penting untuk dipelajari jika ingin menjadikan website selalu berada di halaman pertama.

Setiap orang mengetik kata kunci pada mesin pencari semacam Google, website yang rankingnya tinggi akan muncul di halaman pertama. Efeknya, peluang website untuk dikunjungi menjadi cukup tinggi. Ini tentunya merupakan kabar bagi pemilik website. Dan di bawah ini adalah kiat-kiat untuk mencapai hasil tersebut.

1. Gunakan Google Search Console

Kegunaan Google Search Console adalah untuk memantau pengelolaan blog atau website yang berhubungan dengan mesin pencari. Google Search Console dapat melakukan analisis sejauh mana performa website di mesin pencari. Salah satu contohnya adalah untuk mengetahui apakah suatu website telah terindeks oleh mesin pencari Google.

Terdapat berbagai menu di tool ini yang memiliki fungsi tertentu. Misalnya pada Sitemap, priority level dapat ditentukan sendiri sebagai saran kepada Google. Dengan begitu, Google akan mudah memilih untuk mengcrawl halaman mana terlebih dahulu.

Sementara dalam HTML Improvements, terdapat tampilan daftar elemen yang harus ditingkatkan berkaitan dengan indeks Google tadi. Ini termasuk duplicate title dan meta description. Indeks Google menjadi penting karena Google SEO adalah kunci banyaknya kunjungan ke website.

2. Lakukan Riset Keyword

Keyword adalah satu atau beberapa kata yang orang ketikkan di mesin pencari ketika ingin mencari suatu informasi. Pemilihan keyword adalah hal yang penting karena berhubungan dengan hasil pencarian. Riset keyword artinya melakukan pengamatan tentang keyword apa saja yang banyak orang ketik dalam pencarian suatu topik.

Ada dua jenis keyword. Pertama, short tail keyword, yaitu keyword singkat yang sifatnya sangat umum. Contohnya “rumah makan”. Sementara yang ke dua adalah long tail keyword, yang merupakan versi panjang dari short tail keyword dan lebih spesifik. Misalnya “rumah makan ayam bakar murah di Banjarmasin”.

Bagi pemula, menentukan keyword yang tepat mungkin masih menjadi hal yang sulit. Namun, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu riset keyword. Contohnya seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan Keyword Eye.

3. Gunakan Google Analytics

Google Analytics ini berguna untuk memperoleh data pengunjung dalam suatu website. Ada beragam data yang ditampilkan. Misalnya seperti berapa banyak pengunjung, dari mana saja asal mereka, halaman apa yang banyak dilihat, dan lain-lain.

Data-data tersebut disajikan dalam bentuk tabel, grafik, hingga bagan. Terdapat menu-menu yang dapat menunjukkan data secara lebih spesifik. Seperti pada menu Report, terdapat laporan Real-time, Audiens, Acquisition, Behavior, dan Conversions.

Dari banyaknya data tersebut, pemilik website dapat menganalisis kelebihan dan kekurangan situsnya. Sisi kelebihan dapat dimaksimalkan. Di sisi kekurangan, dapat dilakukan kajian lagi bagaimana cara meningkatkannya.

4. Lakukan SEO Audit

SEO audit bisa dilakukan dengan memasang tool terlebih dulu. Untuk website berbasis WordPress, tool yang dipakai umumnya adalah Yoast. Tool seperti Screaming Frog, SE Ranking Website Audit, dan Alexa Site Audit juga merupakan beberapa tool yang dapat digunakan.

5. Buatlah Evergreen Content

Evergreen Content adalah konten yang tidak bisa basi. Konten jenis ini akan selalu relevan kapan pun orang membacanya. Dengan begitu, kemungkinan halaman konten untuk dikunjungi selalu terbuka lebar.

Demikianlah 5 kiat untuk meningkatkan Google SEO. Penting bagi pemilik website untuk mempelajarinya karena Google SEO adalah faktor utama sebuah website mendapatkan banyak kunjungan.