Tugas Marketing Eksekutif, Ternyata Begini

  
Tugas marketing eksekutif

Perusahaan apapun pasti membutuhkan seorang Marketing Eksekutif untuk memasarkan produknya. Peran dan tugas marketing eksekutif sangat penting karena berkaitan langsung dengan klien. Seorang marketing eksekutif menjadi sosok penting yang berada di balik kesuksesan penjualan produk perusahaan. Agar bisa sukses dalam penjualan produk perusahaan, berikut adalah beberapa tugas dari marketing eksekutif.

1. Merencanakan dan Melaksanakan Riset Pasar Terkait Produk

Sudah menjadi tugas marketing eksekutif untuk melakukan riset pasar tentang produk perusahaan. Riset pasar tersebut berkaitan dengan produk yang cocok terhadap kondisi terkini di pasar. Selain itu juga bagaimana cara memasarkan produk tersebut. Seorang marketing eksekutif juga harus melihat minat masyarakat terhadap produk yang akan dipasarkan.

Riset pasar dilakukan dengan melihat perkembangan terkini yang ada di masyarakat. Perkembangan terkini di masyarakat kemudian menjadi dasar pada strategi pengembangan produk perusahaan. Strategi pengembangan produk perusahaan dilakukan agar produk bisa laku di pasaran. Selain berkaitan dengan produk, riset pasar juga berguna untuk melihat segmen yang tepat bagi produk.

2. Menetapkan Harga Jual Produk

Setelah strategi pengembangan produk perusahaan ada, seorang marketing eksekutif kemudian melakukan penetapan harga jual produk. Dalam menetapkan harga jual produk, seorang marketing eksekutif bisa melihat target pasar yang dituju. Harga dari pesaing juga menjadi salah satu dasar pertimbangan seorang marketing eksekutif dalam menentukan harga.

Menentukan harga jual produk sebelum diterjunkan di pasaran tentu sangat penting. Harga jual produk harus ditentukan dengan tepat. Harga jual produk tidak boleh terlalu rendah sehingga membuat perusahaan rugi, tetapi juga tidak bisa terlalu tinggi sehingga tak terjangkau oleh pasar. Terlalu tinggi harga jual membuat pasar lebih memilih produk pesaing.

3. Merencanakan Promosi

Tugas marketing eksekutif berikutnya adalah merencanakan promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada pasar atau masyarakat. Promosi selain bertujuan untuk memperkenalkan produk perusahaan juga bertujuan untuk membentuk opini masyarakat terhadap produk perusahaan. Oleh karena itu, dalam menentukan rencana promosi, seorang marketing eksekutif harus kreatif.

Strategi promosi harus dibuat sekreatif mungkin agar masyarakat bisa mengenal dan tertarik untuk membeli produk. Strategi promosi untuk memperkenalkan produk bisa melalui berbagai hal seperti baliho, iklan komersil di televisi, atau dalam bentuk cerita video. Biasanya strategi promosi terdiri dari beberapa fase agar dapat membentuk suatu opini terhadap masyarakat.

4. Merencanakan Proses Distribusi

Ketika pasar sudah didapatkan, maka tugas berikutnya adalah merencanakan proses distribusi produk agar bisa sampai ke pasar atau klien. Strategi distribusi dibuat agar produk bisa sampai di pasar dengan cepat dan tepat. Dengan strategi distribusi yang tepat, produk bisa diterima masyarakat bisa bersamaan dengan promosi yang sedang gencar.

Merencanakan proses distribusi dengan tepat termasuk juga menentukan transportasi dan waktu yang tepat untuk proses distribusi. Membuat perencanaan distribusi dilakukan agar produk bisa sampai pada konsumen tepat waktu sehingga tidak mengurangi kualitas dan nama baik perusahaan. Memilih transportasi untuk distribusi harus selektif agar kualitas produk tidak turun saat diterima konsumen.

5. Pelayanan Konsumen

Tugas marketing eksekutif yang tidak boleh dilupakan adalah membangun hubungan baik dengan setiap konsumen. Caranya adalah dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Menerima saran dan kritik serta komplain yang disampaikan oleh konsumen. Pelayanan konsumen yang baik juga akan berdampak pada citra perusahaan. Oleh sebab itu, pelayanan bagi konsumen sangat penting.

Dengan melihat peran dan tugas marketing eksekutif, tentu posisi ini memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Seorang marketing eksekutif sangat menentukan keberlanjutan produksi perusahaan karena terkait dengan penjualan. Selain itu, seorang marketing eksekutif juga menjadi posisi yang akan menentukan bagaimana citra perusahaan di masyarakat.