Jurusan Untuk Bekerja Di Bank Yang Banyak Dibutuhkan

  

Bank merupakan salah satu tempat kerja yang paling banyak digandrungi oleh orang. Selain karena tempatnya yang prestige, bank juga memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Bagi orang-orang yang memang ingin berkarir di dunia perbankan, maka disarankan untuk memilih jurusan untuk bekerja di bank seperti yang di bawah ini. Sehingga bisa lebih terarah dalam mempelajari ilmu perbankan.

1. Jurusan Manajemen

Jurusan ini merupakan anak dari fakultas ekonomi dan biasanya selalu memilkki banyak peminat. Manajemen merupakan jurusan yang paling banyak dicari oleh bank. Hal ini dikarenakan hal-hal yang dipelajari dalam jurusan manajemen merupakan hal-hal yang sesuai dengan dunia perbankan. Jadi bila ingin berkarir di bank, masukan jurusan yang satu ini untuk dicoba.

2. Administrasi Perkantoran

Selanjutnya ada jurusan administrasi perkantoran yang terkait dengan pembukuan keuangan. Dalam ilmu administrasi ini biasanya diajarkan pembukuan keuangan, cara mengatur keuangan, dan serba-serbi keuangan. Sehingga sangat pas untuk bekerja di bank. Bahkan praktek kerja lapangan dari jurusan ini juga langsung dilakukan di bank.

3. Akuntansi

Hampir sama dengan jurusan di atas bedanya akuntansi lebih fokus mempelajari proses pengelolaan uang, sampai nantinya akan dibuatkan laporan. Lulusan dari jurusan ini nantinya akan mengerti cara melakukan tutup buku yang baik, dan membuat laporan keuangan yang lebib terstruktur. Jadi tidak heran jika lulusan dari jurusan ini banyak yang bekerja di bank.

4. Perbankan

Sesuai dengan namanya, maka jurusan ini memang benar-benar fokus mempelajari segala hal tentang bank. Tidak hanya tentang uang saja seperti beberapa jurusan sebelumnya. Jurusan yang satu ini memang belum banyak tersedia di Indonesia. Hal ini dikarenakan jurusan ini masih terhitung jurusan baru. Jadi maklum saja kalau memang belum populer dan masih langka.

5. Sistem Informatika

Kata siapa lulusan fakultas komputer tidak bisa bekerja di bank? Itu hanya pikiran kuno saja. Faktanya sudah banyak bank yang membutuhkan lulusan dari fakultas ini, salah satunya jurusan sistem informasi. Hal ini dikarenakan sistem informasi penerapannya sudah banyak dilakukan oleh beberapa bank di Indonesia. Sehingga diperlukan seorang ahli yang bisa melakukan pengurusannya.

6. Ilmu Ekonomi

Tentu jurusan ini menjadi pilihan lainnya dari fakultas ekonomi yang lulusannya dapat bekerja di bank. Hal yang menyebabkan ilmu ekonomi menjadi jurusan untuk bekerja di bank, karena hampir 80% materi ajaran terkait dengan arus keuangan. Dimulai dari dasar ilmu ekonomi, arus keuangan, akuntansi keuangan, dll. Jadi ilmu ekonomi ini bisa dibilang paket lengkap.

7. Keuangan

Jurusan keuangan yang sesuai dengan namanya mempelajari segala hal tentang uang, maka prospek kerja yang paling tepat adalah di bank. Karena bank sendiri juga prioritas utama yang diurusnya adalah seputar keuangan. Dimulai dari percetakan uang, penyebaran uang, penggunaan uang, dan pengawasannya serta hal yang lainnya.

8. Hukum

Ilmu hukum memang sangat aneh untuk diterapkan apabila bekerja di bank. Tapi jangan salah lulusannya masih tetap bisa bekerja di bank. Lulusan dari jurusan ini akan menempati posisi yang bernama enabler. Posisi apa itu? Enabler ini seperti sekumpulan auditor yang memiliki tugas masing-masing sesuai bidangnya, dan salah satunya hukum. Jadi jurusan ini dianggap yang paling tepat untuk mengisinya.

Ternyata jurusan untuk bekerja di bank tidak melulu harus lulusan dari fakultas ekonomi. Ada fakultas lain yang ternyata lulusannya masih memenuhi syarat untuk berkarir di perbankan. Dengan pembahasan kali ini terkait jurusan-jurusan tersebut, diharapkan bisa menjadi referensi pembaca yang sedang bingung mencari jurusan kuliah, dan kebetulan ingin berkarir di bank.