5 Persiapan Mpasi Ibu Bekerja Yang Sangat Mudah Dilakukan

  
Persiapan mpasi ibu bekerja

Saat bayi menginjak usia 6 bulan maka ASI sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Maka dari itu dibutuhkanlah Makanan Pendamping ASI atau sering disingkat MPASI. Bagi ibu yang fokus di rumah, membuat MPASI tidaklah begitu sulit, berbeda dengan ibu yang bekerja. Persiapan MPASI ibu bekerja sangat perlu untuk diperhatikan.

Bagi ibu yang harus bekerja dan meninggalkan bayinya, tentu akan kesulitan untuk mengatur segala kebutuhan bayi termasuk membuat MPASI. Namun segala masalah pasti ada solusinya. Berikut ini ulasan mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan ibu bekerja saat membuat MPASI:

1. Membeli Bahan-bahan MPASI untuk Kebutuhan Seminggu Kedepan

Tentu akan merepotkan sekali jika harus setiap hari pergi ke pasar atau pun supermarket untuk berbelanja bahan-bahan membuat MPASI. Apalagi untuk seorang ibu pekerja yang sebagian waktunya habis ditempat kerja. Persiapan MPASI ibu bekerja yang pertama adalah harus membeli bahan makanan untuk keperluan seminggu kedepan, sehingga dapat menghemat waktu.

Dengan cara seperti ini akan sangat memudahkan para orang tua membuat MPASI untuk si kecil. Karena bahan-bahan sudah tersedia di kulkas dan hanya tinggal mengolahnya saja sesuai menu yang sudah direncanakan.

2. Membuat MPASI untuk Beberapa Porsi Sekaligus

Solusi berikutnya untuk memudahkan ibu pekerja dalam persiapan membuat MPASI ialah dengan langsung membuatnya menjadi beberapa porsi sekaligus. Jadi, jika ibu merasa kelelahan karena segudang aktifitas di tempat kerja, masih ada persedian MPASI yang dibuat.

Sehingga ibu hanya perlu menghangatkan kembali MPASI yang sudah disimpan sebelumnya. Jika bayi dititipkan pada pengasuh atau orang tua, maka hal itu juga akan meringankan pekerjaan mereka. Karena makanan sudah disiapkan oleh sang ibu sebelumnya.

3. MPASI Harus Diawetkan pada Suhu -18 Derajat Celcius

Tentu setiap orang tua menginginkan asupan makanan untuk anaknya dalam kondisi baik dan masih terjaga nutrisinya. Apalagi jika si kecil harus ditinggalkan karena sebuah pekerjaan. Agar MPASI selalu dalam kondisi baik dan terjaga kandungan nutrisinya, maka persiapan MPASI ibu bekerja selanjutnya ialah menyimpan MPASI pada suhu -18 derajat celcius.

Dengan cara ini diharapkan kandungan nutrisi pada MPASI tetap terjaga. Sehingga akan maksimal pula nutrisi yang diserap oleh si kecil. Untuk bahan-bahan membuat MPASI pun harus diperhatikan kebersihannya.

4. Menyiapkan Satu Wadah untuk Satu Menu MPASI

Membuat MPASI memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, hal ini karena cara pembuatannya yang mampu menumbuhkan kreatifitas para ibu. Bahan-bahan membuat MPASI pun sangat beraneka ragam. Bisa menggunakan ayam, ikan, daging, dan tempe sebagai asupan protein. Lalu bisa dicampur dengan berbagai jenis sayuran seperti bayam, wortel, dan sayuran lainnya.

Jika membuat MPASI lebih dari satu menu, maka haruslah menggunakan wadah yang berbeda. Misalkan membuat MPASI dari ayam dengan wortel, dan MPASI dari daging dengan sayur brokoli, maka gunakanlah dua wadah untuk menyimpannya.

5. Menggunakan Slow Cooker

Persiapan MPASI ibu bekerja selanjutnya adalah dengan menggunakan Slow Cooker. Ibu hanya perlu memasukkan bahan-bahan MPASI yang sudah disiapkan sesuai porsi yang diinginkan ke dalam slow cooker. Setelah memasukkan bahan-bahannya tinggal ditekan tombolnya, lalu ibu bisa tinggalkan untuk beristirahat.

Jika MPASI sudah matang, ibu bisa memasukkannya ke dalam chiller. Jika waktu makan si kecil sudah tiba, ibu hanya perlu mengukusnya agar makanan hangat kembali. Slow cooker memang sangat bermanfaat bagi ibu yang sudah kelelahan saat pulang kerja.

Itulah tadi ulasan mengenai 5 Persiapan MPASI Ibu Bekerja yang bisa diaplikasikan oleh para ibu yang harus pergi bekerja. Jangan sampai asupan nutrisi anak terganggu karena sebuah pekerjaan.