Manfaat Makan Bersama Keluarga Yang Sering Dilewatkan

  

Makan adalah kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Aktivitas makan ini penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar dapat lancar beraktivitas. Dalam konteks keluarga, makan bersama menjadi kebiasaan sederhana yang dampaknya bisa luar biasa. Ada berbagai macam manfaat makan bersama keluarga di antaranya yaitu,

1. Menciptakan Kehangatan dalam Keluarga

Melakukan aktivitas bersama dengan keluarga, khususnya makan, dapat menciptakan kebersamaan dan kehangatan dalam keluarga. Meski terkesan sederhana, tetapi ada hal-hal yang tersirat dapat mendekatkan keluarga. Misal ketika si ibu mengambilkan makanan untuk anggota keluarga lain yang secara tersirat mengajarkan untuk tolong menolong dan berbagi.

2. Menjadi Sarana untuk Saling Bercengkrama

Saat makan bersama keluarga, biasanya akan tercipta komunikasi di meja makan. Momen makan bersama keluarga ini menjadi sarana untuk bercengkrama dan saling mengenal lebih dalam. Pada saat makan bersama, orang tua bisa menanyakan aktivitas apa saja yang dilakukan anaknya seharian, apakah ada pekerjaan rumah, atau hanya sekadar bersenda gurau.

3. Membentuk Pola Makan yang Baik

Manfaat makan bersama keluarga yang berikutnya adalah membentuk pola makan yang baik. Hal ini karena saat makan bersama keluarga, telah diatur jadwal makannya. Dengan begitu, otomatis akan membentuk pola makan yang konsisten dan teratur. Pola makan teratur akan berdampak baik bagi tubuh karena terjaganya asupan nutrisi.

4. Cenderung Lebih Hemat

Makan bersama keluarga di rumah akan cenderung lebih hemat. Dibandingkan makan di luar yang menguras lebih banyak biaya. Apalagi jika tiap anggota keluarga memilih menu berbeda-beda. Makan bersama keluarga di rumah akan lebih hemat, selain bisa menyeragamkan menu, tidak perlu membayar pajak atau pun servis restoran.

5. Lebih Mudah Mengontrol Makanan

Asupan nutrisi harian merupakan hal penting bagi tubuh.  Mengatur makanan apa saja yang dikonsumsi perlu dilakukan agar tidak menimbulkan efek buruk dari makanan yang tidak sesuai kebutuhan nutrisi. Jika makan bersama keluarga, akan ada yang mengatur dan mengingatkan soal nutrisi makanan. Dengan begitu, anggota keluarga menjadi tidak teledor untuk memakan sembarang makanan.

6. Mengurangi Stres

Stres akibat tekanan dari pekerjaan maupun sekolah dapat sedikit berkurang dengan makan bersama keluarga. Hal ini karena dengan adanya kebersamaan dalam keluarga menjadi support system bagi tiap anggotanya. Makan bersama keluarga selain baik bagi kesehatan tubuh, juga untuk kesehatan mental. Komunikasi yang terjalin baik, terutama saat santap makan dapat meringankan beban yang sedang dipikul.

7. Menjadi Sarana Pembelajaran Etika Makan pada Anak

Sejak usia 6 bulan, anak mulai diajari untuk mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Kemudian berlanjut makan makanan yang lebih bertekstur hingga akhirnya menu serupa orang dewasa. Dalam prosesnya, anak juga bertahap makan degan disuapi hingga makan mandiri. Ketika makan bersama keluarga, orang tua bisa mengajarkan sekaligus mencontohkan secara langsung apa saja etika makan yang baik sesuai budaya yang berlaku. Tentu saja ini menjadi bekal penting bagi anak agar mampu berperilaku baik dan sesuai ketika makan.

Makan bersama keluarga menjadi momen sederhana tetapi memiliki makna yang istimewa. Terdapat berbagai hal yang dapat menjadi manfaat makan bersama keluarga. Sayang sekali jika makan bersama keluarga sering dilewatkan. Entah karena kesibukan masing-masing anggota keluarga atau hal lainnya. Namun, ada baiknya tetap mempertahankan kebiasaan makan bersama keluarga. Setidaknya untuk sarapan atau pun makan malam. Jika memang dirasa benar-benar tidak bisa makan bersama keluarga di rumah, bisa juga memilih makan di luar bersama. Meski perlu mengeluarkan uang lebih, tetapi ada harga kebersamaan yang tidak dapat ditukar.