Liburan Sambil Beredukasi Dengan Mengunjungi Objek Wisata Anak di Jogja

  

Ketika berlibur bersama keluarga di Provinsi Jawa Tengah  sebaiknya jangan lupa mengunjungi objek wisata anak di Jogja. Mengapa? karena selain bersenang-senang anak-anak bisa turut mendapatkan pengalaman edukasi bermanfaat demi menunjang pengetahuannya.

Jogja yang dikenal sebagai surga destinasi wisata oleh para wisatawan, tentu mampu menyihir perasaan pengunjungnya. Apalagi faktanya ternyata terdapat banyak tempat wisata yang dikhususkan untuk anak-anak. Penasaran? simak ulasan singkatnya berikut ini:

1. Sindu Kusuma Edupark

Destinasi wisata untuk anak-anak ini resmi didirikan pada tahun 2014 tanggal 20 Desember lalu. Wahana berupa bianglala adalah satu icon inti dari wisata ini. Sindu Kusuma Edupark pada awal pembukaannya mampu menarik perhatian sebanyak 1.700 orang per hari.

2. Jogja Bay Water Park

Jika berencana mengagendakan liburan ke Jogja bersama keluarga, jangan lupa singgah ke Jogja Bay Water Park demi membahagiakan anak-anak. Terlebih lagi kolam renang ini merupakan salah satu waterpark terbesar di Indonesia dengan 19 wahana permainan menyenangkan.

3. Monumen Jogja Kembali

MONJALI atau biasa disebut sebagai Monumen Jogja Kembali adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Jogja. Berdirinya monumen ini menjadi bentuk lambang kembalinya Pemerintah Republik Indonesia atas kemunduran pasuruan Belanda pada tanggal 29 Juni 1949.

4. Kraton Jogja

Perlu diketahui bahwa sampai saat ini tahta pemerintahan Keraton Yogyakarta masih berjalan dengan baik. Adanya Kraton Jogja sebagai tempat wisata memang sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak karena mampu menghadirkan edukasi berupa sejarah kebudayaan.

5. Taman Sari Jogja

Selain Kraton Jogja tempat wisata bersejarah yang cocok didatangi oleh anak-anak adalah Taman Sari Jogja. Ada banyak prasasti dan relief yang terukir di dindingnya, sehingga bisa menambah wawasan anak-anak dan keluarga. Apabila kurang memahami maka sebaiknya sewa jasa tour guide untuk menjelaskan.

6. Taman Pintar Jogja

Wisata edukasi yang paling sering dikunjungi dan direkomendasikan untuk anak-anak adalah Taman Pintar Jogja. Ada banyak sajian buku di salah satu ruangannya dan juga terdapat fasilitas bermain outdoor yang tentu saja diiringi banyak informasi yang terpanjang dalam bentuk tulisan. Sehingga anak-anak bisa bermain sambil belajar.

7. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berlokasi di daerah Sleman Yogyakarta. Keberadaan tempat wisata ini merupakan salah satu Museum terbaik di Indonesia. Apabila mengajak anak-anak berkunjung ke sana maka bisa mendapatkan pengetahuan seputar budaya jawa, terkhusus pada zaman kerajaan Mataram.

8. Museum Gunung Merapi

Destinasi wisata ini terletak di kawasan lereng selatan Merapi Yogyakarta. sehingga disebut dengan Museum Gunung Merapi. Pembangunan museum ini diharapkan mampu menjadi wahana edukasi konservasi dan pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi dan lain sebagainya.

9. Benteng Vredeburg

Objek wisata anak di Jogja yang selalu ramai pengunjung adalah Benteng Vredeburg. Bangunan ini merupakan salah satu bukti peninggalan Belanda di Yogyakarta, Benteng tersebut sampai saat ini bahkan masih menyimpan  banyak nilai sejarah yang terbilang panjang. Sehingga akan sangat menyayangkan jika berlibur ke Jogja tanpa singgah ke Benteng Vredeburg.

10. Museum De Mata

Siapa bilang berfoto di Mesum tidak asyik? Pastikan mengunjungi Museum De Mata jika hendak mendapatkan kenangan berswafoto dengan kesan 3 Dimensi. Objek wisata ini bahkan sangat digemari oleh anak-anak sebab bisa menjadi pengalaman libur yang menyenangkan tersendiri.

Objek wisata anak di Jogja di atas bisa dijadikan referensi saat berlibur ke Kota Tua sembari menambah pengetahuan bagi anak-anak. Sehingga liburan tidak melulu menghabiskan waktu atau bersenang-senang saja. Lantas, objek wisata manakah yang akan dijadikan kunjungan pertama?