Persyaratan Daftar Kerja Online yang Harus Dipersiapkan

  

Persyaratan daftar kerja online harus diketahui terlebih dahulu sebelum mengirimkan lamarannya kepada pihak perusahaan yang membuka lowongan. Persyaratan inilah yang menjadi faktor penentu lamaran diterima oleh perusahaan atau sebaliknya.

Jika persyaratannya lengkap maka peluang untuk diterima bekerja terbuka lebar. Sebaliknya jika persyaratannya tidak lengkap maka peluang itu justru kecil. Nah dibawah ini akan dijelaskan tentang persyaratan daftar kerja online. Diharapkan ini akan menjadi pencerahan bagi siapapun yang ingin melamar kerja melalui internet. Ini dia penjelasannya:

1. KTP

Persyaratan daftar kerja online yang pertama adalah menyerahkan kartu tanda penduduk atau KTP. Biasanya KTP yang dilampirkan adalah KTP jenis scan. Namun jika ada permintaan untuk melampirkan via offline maka silahkan kirimkan KTP bentuk foto copy. Persyaratan ini diberlakukan demi tujuan untuk mengetahui identitas pelamar secara lengkap.

2. Melampirkan Pas Foto

Untuk melamar pekerjaan online pastikan ada foto diri yang dikirimkan kepada pihak perusahaan dan dilampirkan dalam surat lamaran. Untuk jumlah biasanya dicantumkan di dalam formulir pendaftaran. Sedangkan ukurannya juga ditentukan oleh pihak perusahaan. Apakah menggunakan foto ukuran 4×6, 3×2 atau yang lainnya.

Persyaratan ini diperlukan semata untuk dijadikan arsip perusahaan. Serta sebagai dasar penerima kerja di dalam mengenali siapa sesungguhnya yang melamar pekerjaan tersebut.

3. Melampirkan Ijazah

Persyaratan pendaftaran yang selanjutnya adalah melampirkan fotokopi ijazah. Ini sangat dibutuhkan karena pihak perusahaan juga ingin mengetahui bagaimana kualitas akademik dari pelamar kerja. Ijazah juga sebagai dasar untuk menilai sampai di mana pendidikan terakhir dari pelamar. Sehingga ada opsi penilaian apakah pelamar tersebut layak diseleksi atau tidak.

4. Surat SKCK

Pendaftaran kerja system online juga membutuhkan surat SKCK. Surat kuning ini juga menjadi bukti pelamar benar-benar ingin mencari kerja dan terdaftar di dinas terkait. Nah Bagi siapapun yang ingin melamar kerja secara online silahkan persiapkan Surat Keterangan tersebut. Mintalah kepada pihak berwenang jauh-jauh hari sebelumnya.

5. CV dan Paklaring

CV dan Paklaring diperlukan sebagai dasar penilaian tim penerima kerja terkait dengan kemampuan dan keahlian si pencari kerja. Selain itu disana juga tercantum bakat minat dan kemampuan yang bisa dijadikan sebagai opsi penambah nilai seleksi.

Karena hal itulah maka persyaratan ini harus ada di dalam berkas lamaran pekerjaan online. Terutama paklaring atau pengalaman kerja. Karena dari sinilah bisa dinilai apakah si pelamar kerja tersebut memang memiliki potensi dan kualitas serta layak untuk diterima sebagai tim kerja di perusahaan.

6. Nara Hubung

Jangan lupa ketika melamar pekerjaan online mencantumkan nomor handphone yang akan dijadikan sebagai media penyampai informasi perusahaan pada pelamar. Selain itu dengan adanya narahubung tersebut tentu pihak perusahaan akan lebih mudah berkomunikasi dengan si pelamar.

Bagi pelamar sendiri adanya narahubung tersebut mencegah terjadinya miskomunikasi atau kehilangan informasi yang penting. Seperti informasi terkait waktu seleksi, tes wawancara dan lain sebagainya.

7. Memiliki Email

Persyaratan daftar kerja online yang terakhir adalah si pelamar harus memiliki alamat email yang juga dicantumkan dalam berkas lamaran. Biasanya informasi dari pihak perusahaan akan masuk ke dalam email tersebut. Pastikan setelah mengirimkan berkas lamaran maka silahkan aktifkan emailnya setiap saat. Supaya tidak ketinggalan informasi penting terkait dengan pekerjaan yang sudah dilamar.

Demikian persyaratan daftar kerja online yang harus dilengkapi oleh para pelamar kerja. Jika daftar-daftar di atas sudah tersedia maka untuk seleksi pemberkasan dijamin lulus.