Printer Terbaik Untuk Mahasiswa, Hanya Ratusan Ribu!

  

Tugas, makalah, dan laporan tak bisa dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Ibarat makanan sehari-hari, tiga aktivitas itu membutuhkan piranti berupa mesin pencetak atau printer. Lalu, seperti apa printer yang terbaik untuk mahasiswa yang murah namun memiliki kualitas cetak yang baik?

Tentu saja printer yang memiliki keunggulan dan fitur sesuai kebutuhan dasar sehari-hari mahasiswa. Memiliki printer sendiri di rumah atau rumah indekos dapat menghemat pengeluaran juga mempercepat penyelesaian tugas-tugas mahasiswa. Simak beberapa pilihannya di bawah ini.

1. Printer Canon IP 2870

Mahasiswa aktivis atau mahasiswa yang punya freelance job sebagai desainer grafis, pasti seringkali membutuhkan printer untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi. Printer Canon IP 2870 ini bisa menjadi salah satu printer terbaik untuk mahasiswa. Kelebihan printer ini, dapat mencetak gambar dengan hitam putih maupun berwarna dengan kecepatan masing-masing 8.0 imager per minute (ipm) dan 4.0 ipm.

Desain printer ini mewah namun tak terlalu besar, sehingga tak memakan banyak ruang. Cocok sekali untuk mahasiswa yang tinggal di rumah indekos. Selain itu, printer ini juga hemat tinta, namun menghasilkan kualitas gambar yang tinggi. Harganya pun sangat ramah di kantong mahasiswa sebab tak sampai satu juta rupiah. 

2. Printer HP Deskjet 1010

Mencetak tugas-tugas kuliah seperti makalah dan laporan sangat cocok menggunakan printer ini. Sebab, Printer HP Deskjet 1010 ini memang didesain untuk kebutuhan mahasiswa. Printer ini bisa digunakan untuk mencetak dokumen hanya dengan satu cartridge saja. Meski begitu, kualitas cetakan sangat bagus karena tidak terdapat garis-garis dan tetap terang sehingga dokumen yang tercetak dapat terbaca dengan jelas.

Soal harga, printer ini dijual rata-rata tak sampai lima ratus ribu rupiah. Jika biasanya mahasiswa ingin serba cepat, printer ini juga bisa menjawab kebutuhan itu. Kecepatan cetak printer ini hanya 17 detik per halaman untuk dokumen hitam putih. Sedangkan, untuk halaman berwarna, cukup 24 detik yang dibutuhkan. Jadi, tak perlu waktu lama untuk mencetak laporan maupun makalah yang tebal.

3. Printer Epson L120

Printer Epson merupakan salah satu merek printer yang cukup terkenal. Epson ini dikenal sebagai produsen printer berkualitas tinggi. Tentu saja, sudah tak diragukan lagi kualitas printer Epson L120. Ukuran kompak yang dimiliki printer ini menjadikannya fleksibel ditempatkan di mana saja. Dimensi printer ini hanya 461x215x130 mm dengan berat 2,4 kilogram.

Printer ini menjadi salah satu printer terbaik untuk mahasiswa karena sangat hemat tinta. Baik digunakan untuk mencetak dokumen hitam putih maupun berwarna, printer ini sama baiknya. Epson L120 menggunakan empat warna, yaitu hitam, kuning, magenta, dan cyan.

Printer ini memiliki kecepatan cetak yang mencapai 4,5 ipm dan 8,5 ipm untuk dokumen berwarna dan dokumen hitam putih. Mahasiswa yang produktif tentu saja sangat cocok menggunakan printer ini. harganya juga cukup terjangkau, yakni di kisaran Rp 1.400.000.

4. Printer HP Deskjet Ink Advantage 2135

Keunggulan printer ini bisa dibilang mampu memenuhi kebutuhan dasar mahasiswa. Sebab, printer ini dilengkapi fitur wifi, scan, dan copy.  Untuk dokumen hitam putih, kecepatan cetak printer ini mencapai 20 ppm sedangkan kecepatan sebesar 16 ppm untuk dokumen berwarna. Atau setara dengan 7,5 lembar per menit untuk dokumen hitam putih dan 5,5 lembar per menit untuk dokumen berwarna.

Ukurannya yang tak begitu besar dan desainnya yang ramping menjadikan printer ini mudah ditempatkan di ruangan kecil sekalipun. Harga yang dipatok printer multifungsi ini pun sangat terjangkau, dengan rata-rata tak sampai satu juta rupiah. Jadi, mahasiswa tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, bukan?

5. Printer Canon Pixma

Sebut saja printer ini rajanya printer terbaik mahasiswa. Ya, Canon Pixma MG2570 ini paling sering dicari mahasiswa. Keunggulan printer ini karena multifungsi. Bisa digunakan untuk scan, copy, dan tentu saja mencetak document.

Resolusi yang dihasilkan printer ini berkualitas tinggi, mencapai 400 dots per inch (dpi) dengan kecepatan cetak 8.0 ipm untuk dokumen hitam putih dan 4.0 ipm untuk dokumen berwarna. Printer ini tersedia dalam warna hitam dan putih yang cukup elegan. Ukurannya pun tak terlalu besar, sehingga tak memerlukan banyak ruang.

Itulah lima jenis printer terbaik untuk mahasiswa dari segi keunggulan, fitur, pilihan warna, ukuran, dan tentu saja harga yang ramah di kantong. Tentunya masing-masing printer menyuguhkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oleh sebab itu, mahasiswa harus cerdas memilih printer mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Semoga informasi ini bermanfaat!