SEO Marketing Adalah – Ini Informasi Lengkapnya

  

SEO marketing adalah istilah yang cukup terkenal di dunia pemasaran digital. Hal ini terkait dengan usaha untuk mendatangkan pengunjung ke sebuah situs di internet. Dalam konteks pengertian SEO sendiri diartikan sebagai orang yang melakukan optimasi mesin pencarian khususnya di Google.

Menjalankan teknik SEO memang bukan hal yang mudah, dibutuhkan keterampilan analisi, strategis dan kompetitif. Selain itu ketekunan dalam mengerjakan SEO juga dianggap sangat penting. Teknik SEO yang dilakukan tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau pengunjung target dengan kata kunci yang sudah dioptimasi.

Salah satu hal yang menjadi indikator keberhasilan SEO marketing adalah posisi situs di Search Engine berada pada peringkat tertinggi. Situs dengan keyword yang sudah teroptimasi dan berada pada peringkat tertinggi berpotensi menarik pengunjung atau visitor berkunjung ke situs tersebut lebih banyak. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik situs.

Teknik Menjalankan SEO Marketing

Tujuan utama dari menjalankan SEO marketing adalah untuk menyerap traffic visitor ke sabuah situs. Oleh karena itu diperlukan cara-cara yang dapat membantu untuk menarik pengunjung baik dengan perbaikan website atau pun hal lain yang berhubungan dengan peningkatan visitor. Berikut ini teknik SEO marketing untuk menambah pengunjung di sebuah situs.

1. Mengaudit Kerangka Website

Teknik yang pertama dalam menjalankan SEO marketing adalah dengan mengaudit kerangka website. Dalam prosesnya, fokuskan diri untuk memperoleh konversi dan traffic yang tinggi. Secara umum auditing dapat diartikan sebagai suatu kontrol yang dilakukan secara sistematis yang memuat konsep dan hasil serta digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Audit dalam SEO marketing adalah teknik yang digunakan untuk menganalisa perkembangan bisnis yang mampu menarik dan mempertahankan pelanggan. Atas dasar tersebut maka seseorang memang dituntut untuk bisa menganalisa kinerja situsnya secara menyeluruh. Setelah itu degan analisis tersebut maka tujuan bisnis akan ditetapkan untuk memperoleh peningkatan keuntungan bisnis.

2. Membuat Sitemap

Sitemap berisi daftar yang berisi halaman situs yang bisa diakses oleh pengunjung di Search Engine untuk memudahkan situs ditemukan di Search Engine. Fungsi sitemap yang lain adalah menginformasikan bila terjadi perubahan struktur pada situs. Pembuatan sitemap untuk situs adalah teknik dasar dalam SEO yang memiliki peran penting.

3. Data Research via End User Value

Untuk meningkatkan traffic situs daintara situs-situs competitor lainnya, maka penentuan konten yang cocok dan sesuai untuk target sangat penting untuk dilakukan. Intinya, untuk membuat sebuah konten maka seseorang perlu mengetahui data yang sesuai dengan keinginan calon konsumen atau pengunjung.

Untuk membuatnya maka seseorang perlu melakukan survey terlebih dahulu terhadap kata kunci yang sering dicari oleh pengunjung. Salah satu tools yang disediakan oleh Google untuk membantu dalam melakukan survey terhadap kata kunci adalah Google Adwords. Melalui Google Adwords seseorang akan lebih mudah melakukan riset terhadap kata kunci.

4. Pembuatan dan Optimalisasi Landing Page

Rancangan suatu landing page yang dibuat dengan baik tentu mampu membuat lead serta konversi penjualan mengalami peningkatan. Jika landing page yang diancang tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis maka kesempatan untuk memperoleh traffic yang besar akan semakin besar. Desainlah landing page dengan tampilan yang berkualitas dan berisi topik popular dan terbaru.

5. Mempercepat Laju Situs

Hal yang sangat tidak disukai oleh pengunjung adalah situs yang loading sangat lambat. Alih-alih menunggu, pengunjung akan lebih memilih keluar dari situs tersebut dan mencari situs lain yang lebih cepat. Sebaik dan semenarik apa pun konten yang tersedia pada situs tersebut, pengunjung tidak akan memberikan toleransi kepada situs yang memiliki performa yang lamat seperti itu.

Mengoptimalkan SEO marketing adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan teknik SEO marketing yang baik akan membuat keuntungan bisnis mengalami peningkatan. Memang bukan hal yang mudah, namun sabar dan konsisten dalam menjalankan bisnis sangat dibutuhkan guna kelangsungan bisnis tersebut.