Beberapa Hal yang Dapat Dilakukan di Tempat Wisata Candi Gedong Songo

  
wisata candi gedong songo

Tempat wisata Candi Gedong Songo terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Selain merupakan tempat wisata, candi ini juga merupakan tempat yang bersejarah, loh. Sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai Candi Gedong Songo,ya! Yuk, simak informasinya di artikel ini!

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo memang tidak pernah sepi pengunjung, Candi ini selalu didatangi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Candi ini terletak di Dusun Darum, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Candi ini menawarkan pemandangan 9 candi dan juga berbagai tempat wisata yang instagramable di dalamnya.

Untuk masuk ke dalam kawasan Candi Gedong Songo, para wisatawan lokal hanya cukup membayar Rp10.000, sedangkan untuk turis mancanegara diharuskan untuk membayar Rp75.000. Tapi, untuk masuk ke berbagai tempat wisata lain yang instagramable di dalam kompleks Gedong Songo para pengunjung akan mengeluarkan biaya lagi.

Biaya yang dikeluarkan tetap akan terjangkau, kok. Berbagai tempat wisata di dalam kompleks cantik tersebut memang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan memiliki banyak spot foto, makannya para pengunjung harus membayar sejumlah uang lagi. Pemandangan yang akan didapat oleh para wisatawan tidak akan mengecewakan, loh!

Hal yang Dapat Dilakukan di Tempat Wisata Candi Gedong Songo

Kompleks Candi Gedong Songo memang menawarkan berbagai tempat yang menarik dan instagramable. Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di dalam kompleks candi ini, loh! Beberapa hal yang dapat dilakukan di dalam Candi Gedong Songo, antara lain : 

1. Mengunjungi Ayana Gedong Songo

Salah satu tempat instagramable yang ditawarkan oleh komplek wisata Candi Gedong Songo adalah Ayana. Ada 35 spot foto gratis yang sangat kekinian dan ada 6 spot berbayar, seperti berfoto di dalam balon berukuran besar dengan design yang unik. Untuk memasuki Ayana, anak-anak perlu membayar Rp10.000 dan dewasa Rp20.000. 

2. Berkuda

Candi Gedong Songo memang terletak di puncak Gunung Ungaran. Jika para wisatawan kelelahan saat berjalan kaki, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berkuda. Dengan adanya kuda yang disediakan, pengunjung tidak perlu takut jika tiba-tiba kelelahan di tengah jalan.

3. Mengunjungi Vanaprastha Gedong Songo

Nah, di kompleks Candi Gedong Songo ada sebuah tempat yang menyediakan spot foto instagramable lainnya yaitu Vanaprastha. Vanaprastha adalah hutan pinus yang terletak di dalam kompleks candi ini. Di Vanaprastha, para wisatawan dapat menyewa villa, camping, dan berfoto ria di tengah pemandangan hutan pinus.

4. Berendam Air Hangat

Di antara Candi Gedong III dan Candi Gedong IV, para pengunjung akan melewati sumber air belerang. Di depan sumber belerang tersebut, ada sebuah bangunan yang berisi tempat pemandian air hangat. Pengunjung hanya perlu membayar tiket untuk berendam di air hangat ini. Biasanya pengunjung berendam sebelum melanjutkan perjalanan yang melelahkan.

5. Menghabiskan Waktu di Taman

Di kompleks Candi Gedong Songo juga terdapat sebuah taman. Taman ini terletak di dekat Candi Gedong I. Di taman ini, para pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan keluarga, pasangan, atau kerabat lainnya. Setiap hari libur, akan terlihat banyak orang yang menggelar tikar di taman itu untuk piknik bersama orang-orang tersayang.

Nah, sekarang sudah tau kan beberapa informasi mengenai tempat wisata Candi Gedong Songo. Jika ingin berlibur kesana, siapkan fisik dan mental, ya! Karena terletak di puncak Gunung Ungaran, perjalanan akan sangat melelahkan, tapi menyenangkan, kok!