SEO YouTube – Pengertian Dan Langkah-Langkahnya

  

Dewasa ini, YouTube adalah hal yang sangat menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya untuk anak muda, YouTube menarik minat berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak tujuan yang dimiliki oleh pengguna YouTube, salah satunya mencari penghasilan. SEO YouTube akan sangat membantu untuk meningkatkan jumlah tayangan. Bagaimana bisa? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu SEO YouTube?

Search Engine Optimization atau dikenal dengan istilah SEO secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai optimasi mesin telusur. Apabila SEO diterapkan, website akan menarik lebih banyak pengunjung karena kemungkinan dapat menempati posisi atas pada hasil pencarian Google. Tidak hanya berlaku pada website, SEO juga dapat diterapkan pada YouTube.

Dengan menggunakan SEO YouTube, video akan berpotensi muncul di hasil pencarian teratas dan mampu meningkatkan jumlah tayangan. Dengan demikian, tingginya traffic pada video serta dengan adanya iklan yang muncul pada penayangan akan diubah menjadi penghasilan. Makin tinggi jumlah penayangan, maka makin besar pula penghasilan yang didapat.

Langkah Apa yang Harus Ditempuh?

Tentu saja pengetahuan dan pemahaman akan SEO YouTube belum cukup sebatas pengertian saja. Harus pula diketahui bahwa ada hal-hal yang perlu untuk dicermati dan dipahami lebih lanjut. Hal inilah yang akan mendukung dalam penerapan optimasi pencarian dalam YouTube. Berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh.

1. Mencari Kata Kunci

Kata kunci atau biasa disebut keyword sangatlah penting dalam penerapan SEO. Kata kunci yang digunakan sebaiknya sesuai dengan tema yang ingin diangkat. Misalnya dengan tema psikologi, maka kata kunci dapat berupa hal-hal seputar psikologi.

Tren yang baru melejit juga mempengaruhi kata kunci yang menarik penonton. Tren terbaru dapat dimanfaatkan untuk menambah jumlah penonton dengan cepat. Sehingga, dengan pilihan kata kunci yang sesuai dan juga dengan analisis tren terbaru, optimasi pun dapat dilakukan.

2. Kualitas Video yang Baik

Video juga harus memiliki kualitas yang baik dalam segi konten maupun editing. Dengan demikian, dapat meminimalisir rasa bosan penonton. Selain itu, yang perlu diperhatikan dan dipahami adalah orisinalitas video. Pastikan konten yang dibuat bukanlah hasil plagiasi dan merupakan konten yang original.

Jangan lupa, thumbnail juga sangat berpengaruh dalam menarik penonton. Adanya thumbnail dapat mempengaruhi kualitas kemasan video yang membuat orang tertarik untuk menonton video tersebut.

3. Letak Kata Kunci

Pemahaman tentang kata kunci tidak hanya berhenti pada mencari kata kunci yang tepat saja. Ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu peletakan kata kunci. Yang pertama adalah pada bagian judul, karena judul adalah hal pertama yang menjadi sorotan penonton. Relevansi judul dan kata kunci dapat meningkatkan kesempatan video untuk muncul dalam pencarian teratas.

Selain diletakkan pada judul, kata kunci juga dapat diletakkan pada deskripsi video. Letakkan kata kunci pada baris-baris awal deskripsi video. Jangan pernah kosongkan kolom deskripsi dan tulis sesuai dengan konten yang hendak ditampilkan.

4. Sebarluaskan Video

Promosi video dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui media sosial. Pilihlah media sosial yang tepat seperti Instagram serta Twitter. Bagikan link video di media sosial tersebut. Link yang dibagikan dapat berisi deskripsi video yang membuat orang penasaran dan menarik mereka untuk menontonnya.

Suggest juga orang lain untuk menyebarluaskan video di akun media sosial mereka. Semakin banyak orang yang diajak untuk share, maka semakin besar pula kemungkinan untuk memperbanyak jumlah penonton.

Begitulah tadi hal-hal yang dapat diketahui terkait SEO YouTube. Yang paling penting junjung tinggi orisinalitas karya dan jangan berhenti berkarya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!