Speaker Laptop Mati, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

  

Laptop biasanya digunakan untuk pekerjaan kantor atau tugas kuliah. Kegunaan lainnya yang tak kalah penting adalah sebagai media hiburan seperti menonton film dan mendengarkan musik. Di sinilah speaker laptop biasanya digunakan. Jika speaker laptop mati, aktivitas menonton film dan mendengarkan musik akan terasa hampa.

Masalah pada speaker laptop harus segera diatasi agar dapat dipakai lagi. Sebelum memutuskan untuk pergi ke service center, sebaiknya diperbaiki sendiri terlebih dahulu. Kesalahan umum yang menyebabkan speaker laptop mati biasanya adalah masalah software dan hardware. Pastikan dulu masalahnya apa? Jika ternyata masalah software, silahkan simak cara memperbaikinya dibawah ini.

1. Cek Volume Speaker Laptop

Langkah pertama adalah memastikan volume speaker. Cek pada bagian pengaturan volume, karena mungkin secara tidak sengaja volume laptop dimatikan. Lakukan pengecekan dengan tombol Fn+icon volume pada keyboard secara berulang. Tujuannya agar memastikan speaker laptop tidak sedang dinonaktifkan.

2. Atur Settingan Speaker Menjadi Default Device

Jika langkah pertama gagal, selanjutnya coba atur settingan speaker laptop. Klik icon volume pada bagian taskbar. Biasanya berada di pojok kanan bawah. Jika tampilan yang muncul adalah gambar headphone, itu artinya suara laptop hanya bisa didengar melalui headphone atau headset. Settingan headphone inilah yang menyebabkan speaker laptop tidak dapat berbunyi. Untuk mengubah settingan laptop, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik kanan pada icon volume di taskbar. Kemudian pilih playback devices.
  • Klik kanan pada gambar speaker. Kemudian, pilih set as default device. Setelah itu, klik Ok.
  • Jika setelah langkah pertama tidak muncul gambar speaker, pada kotak kosong silahkan diklik kanan. Selanjutnya akan muncul Show Disabled Devices, berilah tanda ceklist.
  • Setelah itu, ubah status gambar speaker menjadi enable.
  • Kemudian, lakukan kembali seperti langkah kedua. Akhirnya speaker laptop bisa pulih kembali.

3. Atasi Speaker Laptop Mati Setelah Instal Ulang Windows

Pada umumnya, setelah menginstall sistem operasi windows banyak orang yang langsung update semua driver (seperti WiFi, Sound, VGA, dan lainnya). Sebenarnya itu tidak perlu, lebih baik tidak perlu install driver apapun. Seharusnya, cek sound speaker terlebih dahulu. Alasannya, semua installer windows sudah pasti mempunyai software sound standart.

Masalah speaker laptop yang mati setelah install ulang berarti ada saat  install driver yang dimiliki. Untuk mengatasinya, silahkan download driver dari website resmi merk laptop yang digunakan.

4. Atasi Speaker Laptop Mati Menggunakan Codec

Codec bisa dibilang semacam driver yang digunakan untuk membaca format data suara (seperti mp3, mp4, MKV, dan lainnya) yang biasa diperlukan dalam menjalankan program. Lebih tepatnya, codec bisa disebut sebagai pemutar file suara. Tanpa Codec, suara laptop tidak akan keluar atau terganggu.

Salah satu penyebab speaker laptop tidak bisa bersuara adalah karena belum ada aplikasi Codec pada laptop. Beberapa aplikasi Codec yang bisa diinstall diantaranya VLC Media Player dan K-Lite Cocec Pack.

5. Atasi Speaker Laptop Mati Menggunakan Antivirus

Serangan virus ternyata juga menjadi faktor yang bisa membuat speaker laptop mati. Virus yang menyerang local disk drive bisa saja cukup berbahaya, sehingga membuat speaker laptop tidak berfungsi. Oleh karena itu, gunakan antivirus sebagai perlindungan terhadap ancaman kerusakan pada speaker maupun komponen laptop yang lain.

Jika masalah software masih tidak bisa diatasi sendiri, kemungkinan besar speaker laptop mengalami masalah pada bagian hardware. Oleh karena itu, untuk mengatasi speaker laptop mati yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan speaker external. Solusi yang lain bisa dengan mendatangi service center terdekat.