5 Tempat Wisata di Lombok Timur Terkeren Dan Menakjubkan

  

Pulau Lombok sudah sangat terkenal memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan patut dijelajahi pecinta wisata. Banyak sekali daftar tempat wisata yang disuguhkan pulau ini. Salah satu daerah yang memiliki banyak spot wisata menakjubkan adalah Kabupaten Lombok Timur. Berikut ini 5 daftar tempat wisata di Lombok Timur terkeren dan menakjubkan yang patut dikunjungi:

1. Kawah Rinjani dan Segara Anak

Gunung Rinjani merupakan salah satu objek wisata di Lombok yang memukau. Banyak alasan untuk mendaki gunung ini, mulai dari pemandangan yang memukau, banyak jalur pendakian dari berbagai kabupaten, bahkan tempat untuk mendirikan kemah juga tak kalah menakjubkan. Namun yang menjadi daya tarik utama yaitu sesampainya di puncak Rinjani pendaki dapat turun ke kawah dan menikmati keistimewaan Danau Segara Anak.

Tempat wisata  Lombok Timur ini memiliki pesona alam yang memukau, udara yang sejuk dan dingin akan menyelimuti tubuh pendaki. Selain itu tempat ini dianggap suci oleh umat beragama Hindu. Untuk menuju lokasi ini, pendaki bisa melalui jalur pendakian Sembalun yang merupakan salah satu tempat wisata Lombok Timur. Pendaki lokal hanya akan dikenakan tarif Rp5.000,- dan asing Rp150.000,-

2. Sembalun

Tempat Wisata di Lombok Timur yang satu ini pastinya sudah tidak asing didengar, pasalnya Sembalun merupakan salah satu pusat destinasi wisata di Lombok. Bukit-bukit di Kecamatan Sembalun memiliki pemandangan keindahan alam yang luar biasa. Lembah serta sawah yang dilihat dari objek wisata ini akan terlihat berwarna-warni.

Tidak hanya keindahan alam yang dapat disuguhkan di Sembalun, melainkan juga wisata budayanya. Wisatawan dapat belajar mengenai budaya dari Lombok Timur khususnya di salah satu desa, yakni Desa Beleq yang terkenal memiliki rumah adat peninggalan kuno. Penduduk di daerah ini juga terkenal ramah kepada pendatang.

3. Menikmati Kemurnian Pantai Tanjung Bloam

Rasanya tidak mungkin jika tidak memasukkan Tanjung Bloam sebagai salah satu tempat wisata Lombok Timur yang patut dikunjungi karena memiliki keindahan memukau. Selain itu Tanjung Bloam merupakan salah satu pantai yang masih asri dan alami ekosistemnya.

Terdapat dua pilihan di pantai ini, pengunjung bisa memilih pantai dengan pasir berwarna putih, ataupun memilih pantai dengan gugusan tebing. Namun Tanjung Bloam lebih populer dengan pantai yang memiliki gugusan tebing yang menjorok menuju laut. Wisatawan dapat berjalan ke gugusan batuan yang seolah-olah akan membawa pengunjungnya berjalan ke laut.

4. Air Terjun Mangku Sakti

Siapa bilang tempat wisata di Lombok Timur hanya identik dengan pemandangan Gunung Rinjani. Lombok Timur juga memiliki objek wisata alam berupa air terjun yang konon airnya berasal dari Segara Anak. Air dari air terjun ini sangatlah segar dan dan mengucur deras yang tentunya semakin membuat wisatawan betah berada di sini. Di bawahnya juga terdapat kolam yang bisa digunakan untuk pengunjung bermain air dengan puas.

Mangku Sakti terlihat menakjubkan dan memukau dari jarak jauh ataupun dari dekat langsung di bawahnya. Akses yang tidak biasa juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung karena akan melewati hutan terlebih dahulu sebelum sampai tempat ini. Walaupun melewati hutan, pengunjung akan dipandu oleh masyarakat yang memang bertugas memandu wisatawan sehingga tidak akan tersesat.

5. Keindahan Gili Sunut Dengan Savana

Gili Sunut juga masuk dalam daftar tempat wisata di Lombok Timur yang wajib dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri. Pulau yang terletak di Jerowaru ini merupakan pulau kecil yang sangat unik karena memiliki savana yang luas, hampir seluruh pulau ini didominasi oleh savana. Jarang sekali bukan,sebuah pulau kecil memiliki savana.

Ketika air laut surut, pengunjung dapat berjalan kaki dari Pulau Lombok ke Pulau Gili Sunut karena keduanya terhubung. Namun ketika air pasang pengunjung bisa menaiki kapal untuk menuju Gili Sunut. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan ekosistem laut dengan cara snorkeling karena sangat aman.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Lombok Timur yang dapat diakses wisatawan. Namun sebelum menjelajah lebih jauh, kami sarankan untuk mengunjungi 5 tempat wisata di atas terlebih dulu. Ketika berwisata, pastikan juga untuk selalu menjaga keindahannya dan tidak melakukan perbuatan yang merusak.