Tips Bekerja di Luar Negeri Agar Aman dan Sukses

  
Tips Bekerja di Luar Negeri

Tips bekerja di luar negeri harus diketahui oleh para pencari kerja. Ini tidak hanya demi kesuksesan diterima kerja. Tetapi lebih jauh dari itu juga demi keamanan si fresh graduated itu sendiri. Sebab alasan itulah, maka perlu kiranya tips tersebut dikenalkan kepada masyarakat luas. Terutama bagi yang tertarik untuk menjadi “pahlawan devisa” dengan mencari kerja di negara orang. Ini dia tips yang perlu dilakukan:

1. Mencari Tahu Negara yang Dituju

Tips yang pertama adalah mencari tahu negara yang dituju. Termasuk budaya atau adat istiadat di negara tersebut. Yang tak kalah penting ialah pencari kerja juga harus memahami kondisi sosial masyarakat sekitar perusahaan yang akan dimasuki.

Ini tidak hanya untuk memicu rasa nyaman ketika sudah tiba di negara tersebut. Tetapi juga ada ketenangan ketika mengikuti interview. Paling tidak pemahaman tentang perusahaan dan sekitar perusahaan sudah mumpuni.

Tidak jarang dalam wawancara yang dilakukan, pihak perusahaan bertanya tentang pemahaman pewawancara tentang masyarakat sekitar. Apalagi bagi pelamar kerja yang datang dari negara berbeda.

2. Cek Legalitas Perusahaan dan Makelar Kerja

Kiat yang tak kalah penting adalah cek legalitas perusahaan yang akan dimasukkan lamaran pekerjaan. Apakah perusahaan asing tersebut memang resmi atau sebaliknya. Jika sah maka silakan masukkan lamaran.

Jika legalitas perusahaan masih meragukan lebih baik tunda dulu pemberangkatan. Silahkan cari informasi yang lebih detail terlebih dahulu. Jangan sampai hanya keinginan untuk bekerja di luar negeri malah pencari kerja kena perusahaan abal-abal.

Legalitas yang juga perlu dicek adalah keabsahan sang makelar kerja. Ini untuk pencari kerja yang menggunakan jasa agen kerja tertentu. Apalagi saat ini sudah banyak penipuan dengan mengatasnamakan pekerjaan di luar negeri padahal hanya modus semata.

3. Persiapkan Berkas dan Surat-Surat Penting

Tips bekerja di luar negeri yang ketiga adalah mempersiapkan berkas dan surat-surat penting terkait perjalanan lintas negara. Salah satu dokumen yang perlu dipersiapkan adalah visa dan passport. Dokumen ini penting untuk dibawa ke negara yang akan dijadikan sebagai tempat mencari kerja.

Paling tidak si pencari kerja tidak dianggap sebagai warga penyusup yang berpotensi mendapatkan sanksi pendeportasian. Jika ini yang justru terjadi tentu keinginan bekerja di negeri orang menjadi batal. Yang ada malah dikenakan pidana atau denda yang mahal. Maka dari itu jangan keluar negeri jika pemberkasannya masih belum lengkap.

4. Adaptasikan Diri dengan Cuaca Sekitar dengan Cepat

Tidak dimungkiri cuaca atau suhu antara Indonesia dengan luar negeri berbeda. Ini terkadang juga menjadi masalah bagi pencari kerja di manca negara. Keluhan yang terbanyak adalah masalah kesehatan.

Oleh sebab itu silahkan datang ke luar negeri jauh-jauh hari sebelum interview dimulai. Minimal sampai tubuh beradaptasi dengan cuaca sekitar yang lebih ekstrim. Karena dikhawatirkan pas wawancara atau hari pertama kerja malah tidak masuk karena sakit.

Tentu ini lebih membutuhkan biaya hidup yang jauh lebih mahal. Namun demi keinginan untuk bekerja di luar negeri tidak mengapa untuk dicoba. Apalagi tahapannya sudah masuk masa interview yang berarti sudah tinggal selangkah lagi untuk lolos atau sebaliknya

5. Tingkatkan Kemampuan Kerja

Tidak dimungkiri persaingan kerja di luar negeri masih lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Harus pula dikatakan secara jujur kalau tenaga fresh graduated di sana jauh lebih berkualitas dan berintegritas.

Oleh sebab itu bagi siapapun yang ingin bekerja di luar negeri silakan tingkatkan kemampuan. Berikan prestasi terbaik bagi perusahaan sehingga layak untuk dipromosikan atau minimal sudah tepat mengisi satu jabatan di perusahaan.

Hanya dengan 5 tips bekerja di luar negeri yang sudah dijelaskan di atas seharusnya pencari kerja sudah siap bersaing. Maka dari itu silahkan kiat tersebut diterapkan sebelum memulai melamar kerja di sana.