Tutorial SEO, Trik Mengembangkan Trafik Website

  

Menjadi internet marketer atau pun blogger memang sudah sangat menjanjikan pada era ini. Hampir setiap detik orang yang mengakses internet untuk mencari informasi. Itulah mengapa sangat penting untuk para internet marketer mengetahui cara meningkatkan kontennya. Tutorial SEO dibawah ini adalah solusi membuat konten mendapatkan rangking di halaman google :

1. Memahami Konsep Dasar SEO

Sebelum melangkah lebih jauh tentang tutorial SEO ada baiknya para internet marketer untuk mengetahui konsep dasarnya. SEO merupakan suatu teknik yang dilakukan pemilik website untuk meningkatkan trafik websitenya. Pemilik website berusaha melakukan langkah-langkah agar kontennya bisa muncul di lembar pertama google.

Data membuktikan bahwa orang-orang hanya akan membuka halaman pertama yang ada di google. Hal tersebut membuat para pemilik website mau tidak mau, suka tidak suka harus berupaya lebih. Upaya yang harus dilakukan oleh pemilik website adalah berusaha untuk membuat kontennya ada di halaman pertama dengan cara menerapkan teknik SEO tadi.

2. Mengoptimasi Website

Tutorial SEO yang kedua adalah dengan mengoptimasi website terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah langkah-langkah optimasi selanjutnya. Hal pertama yang dilakukan adalah mengoptimasi kecepatan website. Usahakan website terbuka tidak lebih dari 3 detik, karena data menyebutkan website akan banyak ditinggalkan pembaca jika loadingnya lama.

Selain itu ada beberapa fitur yang harus dimiliki oleh pemilik website seperti SSL/TLS. Fitur ini berguna untuk memberikan hasil pencarian yang aman. Secara otomatis google akan mendeteksi website yang tidak menggunakan fitur ini sebagai website yang tidak aman. Jangan lupa untuk mengoptimasi pula performa website di mobile dengan memasang plugin.

3. Riset Keyword

Setelah semua proses optimasi website selesai, maka langkah tutorial SEO yang selanjutnya adalah riset keyword. Dalam membuat konten yang berkualitas akan memungkinkan konten akan muncul di halaman pertama google. Konten berkualitas juga dimaksudkan agar konten bisa masuk peringkat pada pencarian google.

Cara menciptakan konten yang berkualitas adalah dengan meriset keyword yang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Blogger harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pembaca sehingga mampu meningkatkan trafik. Usahakan untuk membuat judul yang menarik, namun tetap berisi konten yang bermanfaat dan juga solutif.

4. Optimasi SEO On Page

Setelah membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca, hal yang selanjutnya harus dilakukan oleh pemilik website adalah mengoptimasi konten agar bisa mendapat peringkat 1 di pencarian google. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mendapat peringkat inilah yang disebut dengan optimasi SEO On Page.

Adapun langkah yang dilakukan untuk mengoptimasi SEO On Page adalah penambahan media audio-visual, pemberian dan pemanfaatan heading, dan juga mengatur link agar bisa open in new tab. Langkah lain untuk menjadikan konten mendapat peringkat pada pencarian adalah dengan menggunakan LSI keyword.

5. Optimasi SEO Off Page

Untuk mendapatkan hasil maksimal, optimasi tidak hanya dilakukan on page saja. Sebaikanya dilakukan juga optimasi SEO Off Page. Tidak hanya faktor-faktor internal seperti penggunaan heading dan juga keyword, optimasi faktor eksternal juga sangatlah penting.

Faktor eksternal ini sendiri meliputi inbound link dan backlink.
Jika kedua faktor ini dioptimasi secara maksimal maka akan menguntungkan pemilik website. Kemungkinan untuk mendapatkan peringkat pada mesin pencari google akan semakin besar. Mengapa hal tersebut penting? Agar google dapat mendeteksi bahwa website yang dimiliki memiliki konten yang terpercaya.

Itulah tadi beberapa tutorial SEO yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas website. Membuat website yang berpengahasilan memang tidaklah mudah, diperlukan kesabaran dan juga ketekunan. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca yang sedang mencari cara untuk bagaimana agar website yang dimiliki bisa berkembang.