Adsense Facebook – Manfaat Dan Tutorial Pembuatannya

  

Bagi orang awam yang masih pemula dalam dunia bisnis dan ingin mencoba peruntungan dalam bisnis online maka program Facebook Adsense bisa jadi pilihan. Adsense facebook bisa jadi cara ampuh dalam pemasaran produk atau jasa dengan efektif. Pemasaran jenis ini dilakukan secara online sehingga lebih menghemat tenaga.

Perkembangan teknologi membuat pemasaran yang dilakukan secara online lebih efektif dibandingkan pemasaran secara konvensional. Penggunaan teknologi seperti smartphone, PC dan sebagainya yang hampir semua orang miliki membuat orang akan lebih mudah melihat produk atau jasa yang ditawarkan melalui periklanan.

Manfaat Adsense Facebook

Adsense facebok adalah bisnis online yang berbentuk iklan buatan facebook yang diberikan kepada pengguna facebook sesuai dengan aktivitas pengguna, informasi penggunaan perangkat, informasi demografis, iklan serta iklan lain yang dilakukan diluar facebook dan informasi yang disediakan mitra pemasarannya. Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari pemasangan iklan di facebook.

Manfaat yang pertama adalah memberikan penargetan yang efektif. Facebook akan menawarkan beberapa opsi penargetan serta penargetan ulang agar pengguna dapat melakukan penayangan iklan kepada audience sesuai lokasi, demografi, perilaku dan sebagainya. Dalam penayangan iklan, facebook menawarkan fitur yang mudah digunakan dalam kampanye iklan penggunanya.

Manfaat selanjutnya yaitu jangkauan target yang luas. Melalui traffic cellular serta konsumsi smartphone yang terus meningkat dengan kecepatan jaringan yang mumpuni membuat orang dapat dengan mudah mengakses media social dimana pun dan kapan pun. Hal ini memberikan peluang bagi pengguna untuk memperoleh akses agar iklannya bisa sampai ke ponsel audience.

Selain manfaat tersebut, adsense facebook juga dapat memberikan Analisa lebih lanjut mengenai target periklanan selanjutnya. Facebook dapat mengatur perencanaan periklanan sesuai dengan keinginan pengguna. Selain itu facebook juga dapa menampilkan metrik penayangan iklan yang tayang hingga 28 hari terakhir untuk mengetahui berapa banyak iklan yang sudah tayang.

Facebook terus memperbaiki kualitas layanan dalam periklanan dengan meningkatkan tools dalam periklanan. Facebook secara konsisten mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengguna adsense facebook. Sekarang ini, dengan peningkatan pada taget serta hasil akhir yang kratif, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan audience yang dijangkau.

Tutorial Membuat Adsense Facebook

Pemasangan iklan di facebook bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Setiap pengguna dapat melakukannya dengan bekal keinginan, pengetahuan serta tujuan bisnis yang akan dijalankan. Berikut ini akan dijelaskan cara-cara yang dilakukan jika ingin melakukan periklanan di facebook melalui adsense facebook :

1. Login ke Aacebook Ads

Langkah pertama adalah mengunjungi website Facebook Ads kemudian klik “buat iklan”. Setelah itu, silahkan login menggunakan akun facebook yang nantinya digunakan untuk mengolah halaman iklan.  Selanjutnya jika halaman pengaturan Facebook Ads terbuka, klik “pusat iklan” dan pengguna diarahkan ke halaman berikutnya.

2. Mulai Promosikan Iklan

Setelah masuk pada halaman pengaturan Facebook Ads silahkan klik panel “promosikan” untuk menampilkan pop up yang menawarkan beberapa pilihan cara pengembangan bisnis  seperti mempromosikan bisnis secara local, promosi halaman, menambah prospek, serta menambah pengunjung website.

3. Siapkan Materi Iklan

Halaman ini menampilkan informasi terkait halaman pengguna. Semakin lengkap informasi yang cantumkan kemungkinan memperoleh pengunjung website akan semakin besar. Pilih gambar dengan kualitas terbaik sebagai perwakilan produk yang akan ditampilkan pada halaman iklan pengguna di facebook. Selain itu atur lama penayangan iklan di bagian bawah.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah mengikuti langkah diatas, facebook akan memberikan jumlah tagihan yang harus dibayar tergantung seberapa lama iklan tersebut ditayangkan di facebook. Misalkan untuk penayangan perminggu dengan tarif Rp 500.000. Jika selesai dengan perkiraan biaya yang dikeluarkan, selanjutnya klik “promosikan” agar dapat lanjut ke cara pembayaran, bisa melalui debit atau kredit.

Melalui adsense facebook ini, pengguna dapat memperoleh keuntungan berupa uang dari internet. Dalam menjalankan bisnis ini seseorang tidak perlu memiliki skill khusus. Cukup dengan niat dan keyakinan serta semangat yang tinggi dalam mengelola konten blog pribadi sudah menjadi modal besar bagi pengguna untuk menjalankan bisnis ini.