Uang Bitcoin dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

  

Memasuki era digital banyak hal-hal baru yang bermunculan dan memberikan perubahan yang cukup signifikan contohnya adalah mata uang. Dimana mata uang ini mulai beralih ke arah mata uang digital. Salah satu mata uang digital yang paling terkenal adalah bitcoin atau uang bitcoin. Lalu apa sebenarnya bitcoin itu, dan bisa digunakan untuk apa saja? Simak pembahasan lengkapnya.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital atau elektronik yang pertama kali ditemukan pada tahun 2009. Orang yang menemukan mata uang ini bernama Satoshi Nakamoto. Penemuan awal bitcoin ini kabarnya terkait dengan software keuangan yang sedang dikembangkan oleh Satoshi. Bitcoin ini tidak mempunyai penerbit khusus seperti mata uang pada umumnya.

Kegunaan Bitcoin

Sebagai mata uang digital bitcoin atau uang bitcoin tentu memiliki banyak sekali kegunaan yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya. Meskipun belum terlalu terkenal di Indonesia, nyatanya sudah banyak orang yang menaruh minat terhadapnya karena kegunaannya yang cukup beragam. Beberapa kegunaan bitcoin akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

1. Untuk Belanja

Kegunaan pertama adalah untuk belanja. Meskipun belum banyak merchant resmi yang menggunakan, tapi pembayaran menggunakan bitcoin ini sudah mulai bisa dilakukan. Seperti belanja online terkait dengan game, maka bitcoin ini sudah bisa digunakan untuk pembayaran. Intinya bitcoin ini sudah bisa digunakan untuk belanja online.

2. Pembayaran Online

Karena sudah bisa digunakan untuk belanja online, maka sudah pasti bitcoin juga bisa digunakan untuk pembayaran online. Untuk pembayaran online bitcoin ini bisa menggunakan paypal ataupun aplikasi bitcoin wallet yang sudah banyak tersedia. Metode pembayarannya pun jauh lebih mudah serta efisien dibandingkan mata uang konvensional lainnya.

3. Penarikan Tunai

Selanjutnya adalab bitcoin ini bisa dicairkan dalam bentuk dana cash. Hebatnya lagi saat pencairan ini, bitcoin bisa dipilih ingin ditukarkan ke dalam mata uang jenis apa. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan penarikan tunai. Untuk penarikan tunai ini bisa dilakukan secara langsung maupun melalui bantuan aplikasi seperi paypal.

4. Pengiriman Uang dengan Biaya Kecil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa bitcoin bisa dicairkan, maka bitcoin ini bisa ditransfer juga ke suatu rekening. Enaknya saat melakukan transfer menggunakan bitcoin biaya yang ditetapkan sangat rendah. Jadi tidak perlu khawatir lagi akan beban biaya transfer yang mahal apabila sudah menggunakan mata uang digital ini. Belum lagi pengirimannya sangat mudah.

5. Uang Simpanan yang Terhindar Dari Pajak

Banyak orang yang mulai menyadari tentang keuntungan apabila memilih untuk menjadikan bitcoin sebagai uang simpanan. Meskipun tidak jarang pergerakan harganya sanggup membuat orang jantungan, tapi masih banyak orang yang membuat depositonya. Salah satu alasan terkuatnya adalah uang-uang simpanan tersebut tidak akan dikenakan pajak. Jadi tidak perlu takut lagi akan terbebani masalah pajak.

6. Investasi

Selanjutnya adalah kegunaan bitcoin yang paling banyak dimanfaatkan oleh setiap orang yakni investasi. Meskipun harga bitcoin ini memiliki pergerakan fluktuatif yang sangat dinamis, tapi keuntungan yang ditawarkan juga masih menggiurkan dan sangat sayang apabila dilewatkan. Bahkan bitcoin juga menunjukan grafik yang lumayan positif selama lima tahun belakangan ini.

Begitulah pembahasan singkat terkait uang bitcoin yang merupakan mata uang digital yang hampir menjadi favorit semua orang. Ternyata bitcoin ini memiliki banyak sekali kegunaan yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penggunanya. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba bitcoin, bahkan menginvestasika uang di dalamnya. Karena hampir semua orang menyukai kemudahan uang digital.