Wisata Alam Temanggung Yang Paling Populer

  

Temanggung adalah salah satu nama kabupaten yang letaknya ada di provinsi Jawa Tengah. Salah satu yang terkenal dari kabupaten ini adalah wisata alam Temanggung. Banyak sekali tempat wisata alam yang dapat para wisatawan temui di kabupaten Temanggung ini.

Kabupaten Temanggung ini sangat terkenal dengan hamparan hijau perkebunan tehnya. Namun, siapa sangka keindahannya tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Masih banyak sekali wisata alam Temanggung yang dapat dikunjungi dan dijadikan destinasi liburan selanjutnya.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas berbagai tempat wisata alam Temanggung agar dapat menambah wawasan para pembaca. Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh tempat-tempat wisata di Kabupaten Temanggung yang sayang untuk dilewatkan.

1. Curug Lawe

Curug satu ini terletak di Kecamatan Gemawang tepatnya dapat di temui di Desa Muncar Kabupaten Temanggung. Kata Lawe yang ada di Curug ini berasal dari salah satu bahasa Jawa yang artinya benang halus. Bukan tanpa alasan nama itu dipakai, nama itu diberikan karena air yang terjun dari atas Curug seolah seperti untaian benang-benang halus berwarna putih.

Disini, selain dapat menikmati segarnya air Curug Lawe tak jauh para pengunjung juga dapat menikmati pemandian air panas. Lokasinya mata air panas tersebut berada disekitar pegunungan yang dingin. Maka berendam air panas adalah pilihan yang paling cocok untuk dilakukan.

2. Sunrise Posong

Daerahnya berada di Lereng Gunung Sindoro yang terdapat di Kecamatan Kledung di Desa Tlahab. Disini para wisatawan akan melewati jembatan lalu melewati medan daki yang cukup sulit. Namun saat sudah sampai di lereng gunung, maka semuanya akan terbayar.

Terlebih jika di pagi hari, para pengunjung dapat menyaksikan sendiri secara langsung golden sunrise yang sangat indah. Lalu pada malam hari di lereng gunung ini juga layaknya milky way karena ada milyaran bintang yang dapat disaksikan. Pada lereng gunung ini juga dapat melihat puncak dari 7 gunung secara langsung yaitu Telomoyo, Muria, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Ungaran dan Merapi.

3. Hutan Walitis

Hutan ini masih terletak di Lereng Gunung Sindoro kawasan hutannya terletak di kawasan Rasamala. Disini terdapat pohon yang dikatakan sebagai pohon terbesar yang ada di lereng gunung. Tingginya mencapai 30 meter dan lebarnya sama dengan setidaknya 6 orang dewasa yang bergandengan tangan.

Menurut legenda, pohon ini bukanlah pohon yang memang tumbuh secara alami. Tetapi berawal dari sebuah tongkat milik Ki Ageng Makukuhan yang ditancapkan ketanah lalu tumbuhlah pohon besar ini.

4. Curug Trocoh

Terletak di Kecamatan Wonoboyo atau yang juga sering disebut Kecamatan Tretep tepatnya di Desa Tawang Sari. Curug ini terkenal dengan ketinggian yang mencapai 120 meter jika diukur dari puncak hingga ke dasarnya. Pada Curug ini juga terdapat 5 tingkatan yang masing-masing bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter lebih. Curug ini juga di apit oleh 2 bukit hijau, yang menambah kesan keindahannya. Sangat cocok untuk dikunjungi bagus para wisatawan yang suka tempat wisata yang berudara sejuk.

5. Curug Gusung

Curug satu ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga area sekitarnya masih sangat alami. Memang Curug ini tidak begitu besar dan tinggi, namun air yang dialirkannya sangatlah jernih. Wisatawan yang mengunjungi Curug ini juga melakukan kegiatan memancing. Letak Curug Gusung ini berada tepat di Desa Gunung Payung Kabupaten Temanggung.

Itulah beberapa tempat wisata alam Temanggung yang dapat para wisatawan kunjungi. Alam Temanggung memiliki keindahan yang tidak ada ditempat lain, maka akan sangat sayang untuk dilewatkan.