Kunci Bangkit Dari Usaha Yang Bangkrut Agar Lebih Berhasil

  
Kunci Bangkit Dari Usaha Yang Bangkrut

Tak bisa dipungkiri saat ini berbisnis atau usaha memang menjadi pilihan pekerjaan yang sedang banyak digandrungi. Saat merintis sebuah usaha, setiap orang pasti menginginkan kesuksesan pastinya kan? Namun, kadang kala setelah merintis usaha dengan baik dan berjalan lancar, tiba-tiba saja sesuatu terjadi hingga membuat usaha yang dibangun bangkrut. Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut adalah kunci bangkit dari usaha yang bangkrut:

1. Terima Keadaan Dengan Ikhlas Dan Lapang Dada

Ada satu hal yang perlu ditekankan dalam diri ketika ingin memulai usaha yaitu harus menerima segala konsekuensi yang datang. Pasalnya dalam menjalani usaha, pasti akan ada namanya titik dimana seseorang mengalami kegagalan. Mengapa? Karena pada dasarnya  berkarir sebagai pengusaha atau entrepreneur itu bukanlah hal yang mudah.

Lalu apa yang harus dilakukan saat mengalami kebangkrutan? Tentu saja yang pertama yaitu harus menerima kondisi itu dengan lapang dada. Menyalahkan diri sendiri atau bahkan orang lain saat Anda gagal, tentu akan pernah menyelesaikan masalah. Menerima kondisi juga bukan berarti harus pasrah dengan keadaan ya. Jadi, lebih baik fokus untuk dan belajar untuk memperbaiki kesalahan yang sebelumnya pernah dibuat.

2. Identifikasi Penyebab Dari Kegagalan

Kunci bangkit dari usaha yang bangkrut berikutnya yaitu dengan mengidentifikasi atau mencari tahu apa sih penyebab dari gagalnya usaha yang sedang dirintis. Pada dasarnya setiap kegagalan itu pasti ada alasan yang melatarbelakangi.

Bisa jadi penyebab kebangkrutan usaha karena pengelolaan keuangan yang kurang baik atau manajemen yang masih keliru. Misalnya saja ketika membuka usaha makanan yang mana banyak pesaingnya, jika makanan yang ditawarkan itu rasanya biasa-biasa saja atau variasi nya itu-itu saja, tentu pelanggan lebih memilih membeli di penjual lainya. Nah, untuk memaksimalkan usaha tersebut, akan lebih baik perbaikilah resep makanan atau bisa juga mengakali dengan menawarkan variasi makanan yang unik dan beda dari yang lainya.

3. Mencoba Untuk Tetap Optimis Dan Berpikir Positif

Ingat kata pepatah bahwa roda kehidupan pasti akan berputar. Disaat seseorang berada diatas tak selamanya akan berada diatas, begitupun juga saat berada di bawah. Jadi, disaat mengalami kebangkrutan, tak perlu terlalu bersedih namun harus berjuang lagi untuk mengembangkan usaha lagi. Apa kunci utamanya? Yaitu dengan berpikir positif.

Berpikir positif ini sangat penting sekali dilakukan oleh setiap pengusaha. Tujuannya yaitu ketika bangkrut, bisa mencari mencari celah dan peluang baru. Misalnya saja yaitu untuk membangun keuangan kembali, merencanakan financial dan produk yang ingin dikembangkan.

4. Memperluas Jaringan Atau Mitra Bisnis

Tak bisa dipungkiri dalam berbisnis ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan utamanya yaitu konsistensi, mentor atau mitra kerja. Beberapa hal ini berkaitan dan menentukan perkembangan suatu usaha. Nah, kunci bangkit dari usaha yang bangkrut yang sangat penting dipertimbangkan yaitu dengan memperluas jaringan atau mitra bisnis.

Memperluas jaringan ini bisa sangat menguntungkan utamanya menjalin kerja sama baru yang sesuai dengan bidang yang ingin digeluti. Mitra bisnis juga bisa memberikan dukungan baik secara material atau moril. Misalnya yaitu dengan memberikan masukan mengenai usaha baru yang ingin dirintis. Jadi sangat penting sekali ya.

5. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kebangkrutan suatu usaha bisa terjadi karena  berbagai hal. Jadi ketika bangkrut, lebih baik teruslah belajar dan menggali ilmu lebih dalam mengenai bidang usaha yang dikembangkan tersebut.

Dengan belajar, seorang pengusaha akan lebih memahami konsep bagaimana suatu usaha dijalankan, atau bagaimana harus bersikap ketika usaha tak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Satu lagi, selain belajar melalui buku atau teknologi, pengusaha juga bisa belajar dengan bertanya dari rekan bisnis atau senior yang lebih berpengalaman di bidangnya ya.

Itulah sedikit ulasan mengenai kunci bangkit dari usaha yang bangkrut yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan teruslah berusaha jangan lekas menyerah ya.