Cara Promosi Makanan di Facebook yang Efektif

  
cara promosi makanan di facebook

Belanja online kini menjadi kebiasaan yang sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat di era milenial ini. Bahkan orang-orang mulai kini memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook untuk memasarkan produk-produknya, terutama produk kuliner. Sayangnya tidak semua orang mengerti cara promosi makanan di facebook yang akan menarik minat pelanggan.

Jika makanan yang ditawarkan di facebook belum mendapat banyak perhatian dari pelanggan, mungkin cara promosinya kurang tepat. Dengan promosi yang benar dan menarik, media sosial bisa menjadi wadah pemasaran yang sangat baik. Untuk itu, simak beberapa cara promosi makanan di facebook berikut ini yang efektif menarik pelanggan.

1. Buat Visual yang Menarik

Gambar atau video merupakan cara promosi makanan di facebook yang paling utama. Ini karena tampilan visual merupakan penilaian pertama yang dilakukan pembeli. Maka, buatlah tampilan visual yang menarik dengan cara memotret sampel makanan secara profesional menggunakan kamera beresolusi tinggi.

Tidak perlu sampai menyewa jasa fotografer profesional. Cukup perhatikan posisi, presisi dan pencahayaan saat pengambilan gambar. Kemudian, edit gambar atau video semenarik mungkin. Jangan lupa mencantumkan beberapa unsur penting seperti merk/nama makanan, nomor telepon untuk pemesanan, alamat, dan status halal atau haramnya.

2. Perbanyak Review

Jika makanan yang ditawarkan sudah pernah dibeli oleh beberapa orang, tanyakan pendapat mereka melalui media sosial. Setelah itu, screenshot pendapat mereka yang akan menarik minat pembeli dan posting saat melancarkan promosi. Namun, jika ini merupakan promosi pertama, dapatkan review dengan memberi sampel gratis orang lalu dokumentasikan penilaian mereka melalui video.

Ini merupakan cara promosi makanan di facebook yang akan menarik rasa penasaran pembeli. Semakin banyak review positif, maka semakin besar pula rasa penasaran orang untuk mencicipi makanan yang ditawarkan. Tetapi, jika mendapatkan review yang kurang mengenakkan, sebaiknya gunakan sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas makanan.

3. Gunakan Caption yang Menarik

Mempromosikan produk di media social belum lengkap tanpa caption. Caption biasanya berisikan informasi mengenai makanan dan ajakan untuk membeli. Cara mempromosikan makanan di facebook menggunakan caption bervariatif dan menuntut penjual untuk lebih kreatif. Namun, pastikan kata-kata yang digunakan menarik dan bersifat persuasif. Berikut beberapa contoh caption yang bisa ditiru:

  • Khusus hari ini, cukup bayar 1 untuk 2 bungkus nasi pecel.
  • AWAS!! Makanan ini lagi diskon 20%!
  • Yang lain udah coba nih, kamu kapan?
  • Ready lumpia mercon! Tersedia dengan 5 level pedas. Buruan order.
  • BARU! Dark ramyeon, 100% halal dengan harga terjangkau. Untuk pemesanan, silahkan inbox atau chat di WA 08xxxxxxx.

4. Tawarkan di Marketplace dan Grup Dagang

Facebook telah menyediakan wadah bagi penjual untuk mempromosikan produknya di marketplace. Selain itu,banyak dari para pengguna Facebook yang membuat grup dagang dimana penjual dan pembeli online berkumpul. Nah, gunakan kedua wadah ini untuk mempromosikan makanan yang dijual.

Biasanya, setiap daerah memiliki grup dagang masing-masing. Oleh karena itu, bergabunglah dengan banyak grup terkait untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tiga cara promosi makanan di facebook tadi.

5. Manfaatkan Jasa Endorse

Bukan cuma di jejaring sosial lain, di facebook juga ada banyak yang menawarkan jasanya untuk mempromosikan suatu produk. Meskipun harus mengeluarkan biaya untuk pengiklanan, cara ini terbilang cukup efektif loh. Akun yang menawarkan jasa endorse sudah dikenali masyarakat luas, sehingga produk yang dipromosikan akan dilihat banyak orang dalam waktu singkat.

Meskipun begitu, jangan asal memilih jasa endorse. Sebaiknya pilihlah akun yang banyak berinteraksi dengan pengikutnya. Selain itu, perhatikan pula area jangkauannya. Pastikan untuk memilih akun endorse lokal jika makanan yang dipromosikan hanya bisa dikirim di area itu saja.

Itulah beberapa cara promosi makanan di facebook. Namun, cara di atas belum tentu berhasil jika hanya dilakukan sekali saja. Sebaiknya lakukan secara konsisten dan kontinyu untuk hasil yang lebih efektif. Selamat mencoba!