Teknik Jualan Di Instagram Efektif Dan Efisien

  
teknik jualan di instagram

Instagram menjadi salah satu media untuk meningkatkan penjualan yang efektif. Teknik jualan di Instagram yang tepat terbukti bisa meningkatkan margin atau keuntungan berkali-kali lipat. Hal ini karena popularitas Instagram yang terus meningkat dan digunakan berbagai kalangan seperti selebritis, atlet dan masyarakat pada umumnya.

Adanya pandemi covid-19 juga menjadikan banyak orang beralih ke bisnis online salah satunya dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Hal ini karena aktivitas keluar rumah yang dibatasi membuat hampir semua orang beralih belanja melalui daring. Berikut 8 teknik berjualan di Instagram agar profit semakin meningkat :

1. Pahami Market

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berjualan ialah melihat potensi market. Apakah produk masih ada peminatnya dan pastikan produk benar-benar bagus. Jika produk tidak bagus konsumen tidak akan repeat order bahkan memberikan testimoni negative.

2. Gunakan Akun Bisnis

Dengan mensetting instagram ke akun bisnis dapat memudahkan beriklan dan menjangkau banyak orang. Fitur insight pada akun bisnis dapat memonitor jumlah tayangan, pengikut, klik situs, serta siapa pengunjung berdasarkan usia, gender dan wilayah.

Keunggulan lain dari akun bisnis yakni informasi kategori bisnis dibawah nama profil dapat mendeskripsikan produk atau jasa tertentu yang ditawarkan. Adanya fitur kontak dan alamat pada biodata profil juga memudahkan pengunjung untuk menghubungi penjual. Kemudahan tersebut tidaklah bisa didapatkan bila tidak menggunakan akun bisnis.

3. Buat Konten Yang Menarik

Penentu teknik jualan di Instagram adalah isi konten yang menarik. Karena selain makhluk sosial, manusia juga merupakan makhluk visual. Maka postingan dengan kombinasi warna yang harmonis akan menarik perhatian pengunjung.

Sebuah konten akan mempresentasikan dan menjadikan identitas sebuah produk. Misalnya akan menciptakan produk yang ingin terlihat elegan atau minimalis. Mematenkan sebuah warna pada konten bisa dijadikan identitas sebuah brand seperti ecommerce plat hijau Tokopedia dan orange pada Shopee.

4. Persiapkan Produk Atau Jasa Yang Akan Diposting

Buat postingan dalam bentuk video maupun foto, persiapkan stok konten sebanyak mungkin supaya ada konten setiap hari yang di share. Untuk mencari ide konten bisa dengan melihat sosial media kompetitor untuk dijadikan referensi.

Sajikan postingan yang tidak hanya menjual sebuah produk atau jasa. Share postingan yang dapat membuat keterlibatan, ketertarikan dan interaksi dari followers seperti kuis, tebak gambar atau sesuatu yang sedang viral. Memposting testimoni dari pelanggan juga dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli baru.

5. Gunakan Hastag Yang Relate Dan Caption Yang Menarik

Gunakan 6 hastag pada setiap postingan yang sesuai dengan produk atau jasa yang dijual. Hastag akan membantu calon pembeli menemukan postingan dari produk kita.

Caption yang menarik akan meningkatkan ketertarikan dan keputusan pengunjung untuk membeli produk. Untuk membuat kalimat yang memikat sebaiknya mempelajari cara membuat copywriting lebih dalam.

6. Buat Promo Khusus

Promo terbukti bisa meningkatkan jumlah pembelian, untuk itu ciptakan promo khusus dengan waktu terbatas. Hal tersebut agar pembeli langsung mengambil promonya. Promo khusus yang bisa dijadikan referensi misalnya promo Black Friday, 12.12 birthday sale, hari natal atau hari khusus lainnya.

7. Instagram Ads

Untuk menjangkau orang lebih banyak dan keuntungan yang lebih besar kita bisa menggunakan Instagram untuk beriklan. Biaya iklan di Instagram mulai Rp. 25.000 caranya dengan klik ‘promosikan’ pada postingan yang sudah dibagikan di Instagram.

Perencanaan merupakan awal yang penting dari sebuah bisnis. Teknik jualan di Instagram ini akan sukses jika dibarengi dengan action. Seorang pebisnis dituntut untuk selalu update dan kreatif supaya dapat menciptakan peluang. Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk terus belajar.Tidak takut untuk gagal dan malah menjadikannya sebagai pembelajaran adalah kunci kesuksesan.