Cara Memulai Bisnis Online Di Shopee Tanpa Modal Untung Maksimal

  
Cara Memulai Bisnis Online Di Shopee

Berjualan online di marketplace saat ini sudah bukan sesuatu yang asing di kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan, sekarang sudah cukup banyak e-commerce yang mulai memperkenalkan produknya dengan jangkauannya yang semakin luas, salah satunya Shopee. Agar mendapat untung maksimal dengan nyaris tanpa modal, maka diperlukan cara memulai bisnis online di Shopee. Apalagi saat ini Shopee berhasil meraih posisi kedua dalam marketplace di tanah air.

Semakin beragam dan maraknya bisnis online menyebabkan persaingan pun menjadi ketat, maka diperlukan langkah dan strategi yang jitu. Ada banyak hal yang mestinya dipersiapkan dalam memulai suatu bisnis, yaitu; kerja keras, fokus, disiplin, tertib administrasi dan ain sebagainya. Cara memulai bisnis online di Shopee yang nyaris tanpa modal dengan untung maksimal, antara lain:

1. Mendaftarkan Diri

Cara memulai bisnis online di Shopee yang pertama adalah dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu.  Dimulai dengan membuka laman Shopee baik menggunakan aplikasi smartphone atau laptop. Selanjutnya mendaftar dengan membuka akun baru di Shopee. Selanjutnya isi dan lengkapi form pendaftaran akun Shopee-nya. Tunggu beberapa saat untuk verifikasi pendaftaran melalui email atau no. ponsel

2. Membuka dan Mengatur

Membuka dan mengatur toko merupakan bagian dari cara memulai bisnis online di Shopee. Dimulai dengan memilih menu jual di sebelah kiri atas. Maka pengguna akan memasuki fitur Shopee-Seller-Centre yang merupakan pusat kendali operasi atau kelola toko. Lalu gunakan menu pengaturan untuk membuat profil toko, mulai dari; nama, foto, logo, alamat, banner, deskripsi dan lain sebagainya. Apabila semuanya sudah selesai, maka segera klik simpan.

3. Jasa Pengiriman

Setelah pengaturan toko selesai dilakukan dilanjutkan dengan menu Jasa-Kirimku untuk mengelola jasa pengiriman atau ekspedisinya. Terdapat beberapa opsi ekspedisi yang digunakan, pilih  dengan mengklik toggle yang terletak di samping jasa ekspedisinya. sehingga warna toggle tersebut menjadi hijau.

4. Rekening Bank

Untuk memudahkan dalam bertransaksi jual maupun beli di marketplace, sebaiknya menggunakan rekening bank. Untuk itu lakukan pengisian rincian rekening bank yang akan digunakan ke dalam akun Shopee. Dengan mengklik menu Kartu/rekening-bank, lalu masukan password dan lakukan verifikasi. dan apabila ingin menambahkan rekening cukup klik tambah-rekening-bank, kemudian isi rinciannya dan mengklik lanjut.

5. Lakukan Rincian dan Unggah Produk

Merinci informasi yang berkaitan dengan produk dimulai dengan mendeskripsikannya terlebih dahulu. Diawali dari merk, asal, bahan serta style produk yang akan dijual di Shopee. jangan lupa tampilkan informasi harga dan persedian stok produk tersebut. Jangan lupa untuk memasukan data rincian pengiriman, seperti; berat, ukuran dan ongkirnya. Selanjutnya unggah beberapa  foto yang berkaitan dengan produk  tersebut.

6. Langkah Persiapan Berjualan

Langkah persiapan sangat diperlukan sebelum memulai berjualan. Dengan memastikan semua produk yang hendak dijual tersebut mudah dilihat dan dicari oleh para pengguna Shopee. Ulangi atau edit apabila tampilannya kurang tepat dan sesuai dengan deskripsinya. Setelah semua produk akan dijual selesai diunggah, klik simpan lalu tampilkan.

7. Mulailah Berjualan

Setelah semua prasarana dan sarana untuk berjualan online di shopee sudah cukup lengkap. Maka sudah waktunya untuk memulai berjualan, dengan mengklik ikon kotak di sebelah nama akun.  Kemudian pilih produk saya, untuk menambahkan produk yang diinginkan untuk dijual.

Bisa juga dengan mengklik tambah produk baru untuk menambahkan produk lain di toko online tersebut. Jangan lupa tulis nama produk, harga dan kategorinya, untuk memudahkan dalam pencariannya, setelah dirasa cukup klik lanjut. Namun akan lebih baiknya untuk mempreview-nya terlebih dahulu.

Nah, demikian cara memulai bisnis online di Shopee tanpa modal dengan untung yang maksimal. Meskipun persaingan usaha online di marketplace semakin ketat, bukan menjadi halangan untuk mencapai kesuksesan dengan keuntungan yang maksimal. Disiplin, kerja keras dan tertib administrasi merupakan modal untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis online. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.