5 Bisnis Waralaba Modal Kecil Tapi Untung Besar

  
bisnis waralaba modal kecil

 

Waralaba adalah suatu sistem pendistribusian usaha kepada pelanggan dimana pemilik usaha memberikan hak kepada orang lain untuk melaksanakan bisnis. Wewenang yang termasuk dengan merek, sistem, prosedur dan cara-cara tentunya telah ditetapkan sebelumnya.Lalu apa saja bisnis waralaba modal kecil yang bisa digeluti? Semua akan dibahas disini.

Sebelum membahas lebih jauh, seperti apa sih waralaba itu? Jadi,  waralaba  dalam jangka waktu tertentu dan area tertentu tergantung dari kesepakatan. Kata waralaba sendiri diambil dari bahasa sansekerta, wara yang artinya lebih dan laba yang artinya untung. Jadi, waralaba yaitu lebih yang menguntungkan.

Apa Saja Keuntungan dari Bisnis Waralaba?

Salah satu keuntungan bisnis waralaba adalah tidak perlu memikirkan sistem bisnis, nama dan brand. Bisnis tidak mulai dari awal dan tinggal menjalankan dengan sistem bisnis yang sudah ada sebelumnya. Selanjutnya, brand yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Keuntungan dari brand yang sudah dikenal oleh masyarakat adalah mudah dalam melakukan penjualan. Biaya untuk melakukan promosi dan pemasaran tidak sebesar jika memulai bisnis dari awal. Sehingga konsumen baru akan lebih mudah untuk dijangkau.

Jenis Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

Lalu apa saja contoh bisnis waralaba modal kecil yang bisa dijadikan sumber penghasilan? Berikut adalah beberapa bisnis waralaba dengan modal kecil yang bisa dijadikan referensi:

1. Kedai kopi

Bisnis waralaba modal kecil yang pertama yaitu kedai kopi. Bisnis kedai kopi saat ini sangat booming sekali. Dulu bisnis ini sangat mahal tetapi saat ini kopi kekinian muncul dimana mana dengan konsep take away. Harganya pun terbilang pas untuk kantong anak muda. Banyak bisnis waralaba kedai kopi yang dibuka dengan harga murah mulai dari 5 jutaan.

2. Kebab

Pelopor bisnis kebab di Indonesia adalah kebab Baba Rafi yang berawal di kota Surabaya. Meskipun bukan makanan khas Indonesia, tetapi kebab ini sangat digemari oleh masyarakat dari semua kalangan.

Roti khas timur tengah dengan isi sayur dan daging ini sudah banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini sudah banyak merek kebab yang ada di Indonesia. Untuk memulai bisnis waralaba kebab ini bisa dengan modal dari 4 jutaan.

3. Fried Chicken

Bisnis waralaba yang satu ini tidak pernah sepi. Fried chicken menjadi salah satu pilihan untuk memulai bisnis waralaba dengan modal kecil. Makanan ini juga digemari oleh semua kalangan terutama anak-anak. Banyak merek fried chicken di Indonesia yang membuka bisnis waralaba mulai harga 5 jutaan saja.

4. Pertamini

Bisnis waralaba tidak hanya bisnis makanan. Pertamini merupakan contoh waralaba modal kecil yang bisa dijadikan sebagai usaha. Salah satu bisnis waralaba ini menjadi  bisnis yang banyak diminati oleh banyak orang. Apalagi jika bisnis ini berada di perkampungan yang jauh dari pom bensin. Dengan modal 7 juta anda sudah dapat membuka bisnis pom mini ini.

5. Laundry Kiloan

Selanjutnya waralaba berikutnya bukan makanan juga. Salah satu bisnis waralaba modal kecil yaitu laundry kiloan. Omzet bisnis ini tidak main-main, bisa sampai puluhan juta rupiah. Ini terbilang bisnis waralaba yang cukup menjanjikan seiring dengan bertambahnya kesibukan orang-orang di jaman sekarang.

Apalagi mahasiswa-mahasiswa yang merantau pasti mayoritas tidak mencuci pakaiannya sendiri. Ditambah lagi para pegawai yang bekerja setiap hari sehingga tidak mempunyai waktu untuk mencuci pakaiannya. Banyak bisnis waralaba laundry ini yang dimulai dari harga 3 jutaan.

Sekarang tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis waralaba modal kecil. Pilihan untuk bisnis waralaba modal kecil juga sudah banyak dan tidak hanya makanan saja. Tetapi meskipun sudah ada sistem yang jelas tetap harus melakukan PDCA (plan, do, check and action) yang baik dan benar agar bisnis tetap terus berkembang.