Bisnis Afiliasi Lewat Facebook, Begini Caranya

  

Salah satu cara mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan melakukan bisnis online. Salah satu bentuknya adalah bisnis afiliasi. Melakukan bisnis afiliasi berarti bekerja sama dengan penyedia program afiliasi. Dari program afiliasi tersebut, biasanya anggota afiliasi mendapatkan komisi dari penyedia afiliasi. Ada berbagai cara untuk melakukan afiliasi, salah satunya bisnis afiliasi lewat facebook. Simak kiat bisnis afiliasi melalui Facebook berikut ini.

Membuat Facebook Page Khusus Pemasaran Bisnis Afiliasi

Facebook memiliki fitur Facebook Page yang bisa digunakan untuk halaman profesional. Banyak perusahaan yang memiliki akun resmi dalam Facebook Page. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat akun Facebook Page dari bisnis afiliasi.

Dengan memiliki Facebook Page, maka bisnis afiliasi tersebut bisa terlihat profesional. Pengguna Facebook juga bisa dengan mudah melihat atau menjangkau bisnis afiliasi tersebut. Facebook Page ini berguna untuk membagikan posting mengenai bisnis afiliasi.

Membangun Branding di Facebook untuk Bisnis Afiliasi

Branding adalah hal penting dalam bisnis. Melakukan branding berarti membuat suatu bisnis memiliki nama yang akan selalu diingat oleh konsumen. Membangun brand di facebook yakni membuat akun yang sesuai dengan niche bisnis afiliasi.

Tidak lupa pula membuat posting yang spesifik dan khusus membahas spesialisasi bidang tertentu bisnis afiliasi tersebut. Selain itu, penting juga berinteraksi dengan pengikut di Facebook agar brand semakin dikenal dan berkesan bagi pengikutnya. Dengan begitu, maka akan membangun brand awareness pada bisnis afiliasi tersebut.

Merangkai Status Soft Selling untuk Memasarkan Bisnis Afiliasi

Amunisi dari facebook adalah statusnya. Maka, untuk memasarkan bisnis afiliasi bisa menggunakan status yang nantinya akan muncul di beranda para pengikut. Status sebaiknya dibuat dengan metode soft selling agar tidak membosankan.

Selain itu, soft selling juga bisa menarik perhatian pengikut atau calon kustomer. Dengan begitu, akan tercipta interaksi yang kemungkinan bisa menjadi konversi (pembelian). Status soft selling menghindari pengikut facebook dari rasa risih karena posting hanya berupa iklan baris atau promosi datar. Setidaknya ada cerita sebagai latar belakang, kemudian secara halus mengarahkan pengikut pada produk.

Membagikan Ebook Gratis Berisi Promosi Bisnis Afiliasi di Facebook

Salah satu trik ampuh memasarkan produk adalah membagikan sesuatu secara gratis. Umumnya, manusia akan memiliki  ketertarikan pada hal yang gratis. Namun, kali ini tidak begitu merugikan bagi pemilik bisnis karena yang dibagikan adalah ebook.

Membagikan ebook berisi tips dan trik atau pengetahuan dasar mengenai bisnis afiliasinya, misalnya. Lalu, di dalam ebook tersebut disisipi promosi dari bisnis afiliasi tersebut. Link download ebook tersebut dibagikan di facebook, sebagai media sosial yang dijadikan media pemasaran bisnis.

Menggunakan Facebook Ads untuk Mengiklankan Bisnis Afiliasi

Posting di facebook page bisa dilakukan untuk memasarkan produk. Namun, hanya terbatas pada pengikut facebook page tersebut. Jika ingin menjangkau pemirsa yang lebih luas, maka bisa menggunakan facebook ads. Adanya facebook ads sebagai tempat beriklan di platform facebook. Tentu saja, beriklan melalui facebook ads ini berbayar.

Tentu tidak menjadi masalah jika iklan berbayar, tetapi nantinya akan menghasilkan konversi. Produk bisnis afiliasi bisa diiklankan dengan facebook ads agar menjangkau calon pembeli potensial. Di facebook ads pun bisa menyesuaikan para pemirsa dengan niche atau interest dari akun facebook milik anggota afiliasi.

Itulah kiat-kiat bisnis afiliasi lewat facebook. Facebook merupakan salah satu sosial media yang memiliki banyak pengguna. Karena itulah, facebook menjadi media yang dinilai efektif untuk memasarkan produk, termasuk bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi lewat facebook bisa dengan mudah dilakukan oleh orang awam dengan mengetahui berbagai kiatnya.