Cara Membuat CV Menarik dari Rumah untuk Melamar Pekerjaan

  
Membuat cv menarik dari rumah

CV atau Curriculum Vitae merupakan sebuah dokumen yang memuat daftar riwayat hidup seseorang yang biasa dipergunakan untuk melamar pekerjaan. Agar dilirik oleh perusahaan, seorang pelamar pekerjaan harus menyiapkan CV menarik dan berkualitas. Tentunya, mempelajari cara membuat CV menarik dari rumah merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Menariknya sebuah CV yang diajukan akan membuat perusahaan tertarik untuk membacanya. Meskipun informasi di dalamnya lengkap dan memiliki potensi untuk menunjang suatu perusahaan, namun jika tidak ada yang meliriknya tentu sia-sia saja. Berikut beberapa cara membuat CV menarik untuk melamar pekerjaan yang perlu diketahui.

1. Melakukan Job Research

Hal penting pertama yang harus dilakukan ketika membuat CV yaitu melakukan Job Research untuk menyaring pekerjaan yang akan dipilih. Tentunya ini berkaitan erat dengan skill dan latar belakang yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Keahlian pelamar pekerjaan merupakan salah satu aspek yang akan menjadi bahan pertimbangan.

Catat semua informasi yang menjadi persyaratan dan pertimbangan perusahaan untuk memilih pelamar mulai dari kualifikasi pekerjaan, keahlian, usia maupun pengalaman kerja. Mencari tahu visi, misi, nilai serta etos kerja dari perusahaan yang akan dilamar juga tidak boleh dilewatkan.

2. Mengetahui isi CV Secara Umum

Jika telah menentukan perusahaan mana yang akan dilamar, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengetahui isi CV secara umum. Seorang pelamar seringkali melakukan kesalahan karena tidak mencantumkan hal yang seharusnya ada dalam CV. Ada beberapa poin penting yang harus ada dalam sebuah CV khususnya terkait informasi seputar diri sendiri.

  • Data pribadi yang terdiri dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi serta alamat email. Pelamar juga dapat memasukkan hobi dan bidang pekerjaan yang disukai untuk membuatnya terlihat semakin unik
  • Riwayat pendidikan tentunya perlu ditampilkan dalam CV karena perusahaan memerlukannya. Lengkapi juga jurusan dan nilai di kolom riwayat pendidikan
  • Pengalaman organisasi, pengalaman kerja dan pengalaman pelatihan juga perlu dimasukkan dalam CV agar perusahaan bisa mengetahui softskill yang dimiliki pelamar
  • Personalitas dan keterampilan yang berkaitan dengan gambaran karakter pelamar juga perlu ditambahkan dalam CV yang dibuat

3. Membuat CV Sesuai Lowongan yang Dilamar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat CV sesuai dengan lowongan pekerjaan dan ketentuan isi CV. Membuat CV menarik dari rumah harus dilakukan dengan mencantumkan isi yang lengkap namun tidak bertele-tele dengan font yang jelas terbaca. Gunakan pula layout yang rapi dengan desain warna CV yang tidak mencolok agar terlihat elegan.

Masukkan semua informasi diri beserta foto formal untuk menjadi nilai tambah CV yang dibuat. Data diri yang dilampirkan dalam CV tentunya harus relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Jika memiliki pencapaian dan penghargaan tentu dapat dilampirkan juga dalam CV.

4. Baca Ulang CV yang Telah Dibuat

Hal yang seringkali dilupakan oleh pelamar pekerjaan adalah membaca ulang CV yang telah dibuat. Nyatanya untuk meminimalisir kesalahan dan memastikan CV yang telah dibuat tersusun rapi, seseorang harus membaca ulang CV yang dibuatnya. Seringkali kesalahan terjadi ketika CV dibuat dengan menggunakan kalimat yang tidak baku dan terlalu bertele-tele.

Periksa kembali tata bahasa dan ejaan yang digunakan apakah sudah terlihat jelas, singkat dan efektif. Jika bingung gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau referensi melalui artikel di website internet.

5. Menganalisis CV Buatan Sendiri

Menganalisis CV yang telah dibuat diperuntukkan untuk mengetahui penilaian terkait CV tersebut. Jika tidak bisa menilainya sendiri, mintalah bantuan teman untuk melakukannya sehingga bisa digunakan sebagai pembanding. Jika orang tersebut menilai bagus mungkin saja HRD tempat melamar pekerjaan memiliki opini yang sama.

Demikian informasi mengenai cara membuat cv menarik dari rumah untuk melamar pekerjaan. CV tidak hanya dilihat dari isinya namun juga dari seberapa menariknya CV tersebut dapat dibaca.