Cara Google Adsense Instagram Dalam Menambah Penghasilan

  

Salah satu produk yang ditawarkan Google yakni Google AdSense Instagram. Kehadirannya mampu menggaet para pengguna yang kerap dijadikan ajang berbisnis. Instagram menjadi salah satu jalan yang dapat ditapaki untuk memperluas jaringan konsumen. Cara Google Adsense Instagram dalam membantu menambah penghasilan sangatlah mudah. Sikap terampil dan penuh ketelitian sangatlah dibutuhkan.

Untuk pengguna media sosial yang pernah membuat iklan di Facebook Adsense tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat iklan di media sosial Instagram. Caranya pun hampir sama, untuk lebih lengkapnya berikut cara yang bisa dilakukan dalam membuat Google AdSense Instagram.

1. Membuat Halaman dan Profil Bisnis

Pertama yang dapat dilakukan adalah membuat halaman serta mempersiapkan profil bisnis yang akan dicanangkan. Untuk membuat profil bisnis di media sosial Instagram, diharuskan memiliki halaman Facebook. Setelah itu, terlebih dahulu bisa membuka laman Facebook Ads Manger dan login dengan akun yang aktif.

2. Membuat Iklan

Membuat iklan dapat dilakukan dengan cara membuka menu Kampanye kemudian pilih Buat Iklan. Ketika menu Buat Iklan diklik, maka terdapat dua pilihan dalam pembuatan iklan. Pertama, pembuatan iklan terpandu dan yang kedua pembuatan iklan cepat. Bagi pemula, alternatif yang dapat dipilih adalah menu pembuatan iklan terpandu. Hal ini dikarenakan pilihan tersebut dalam menjadikan iklan yang dibuat bisa lebih spesifik/ khusus.

3.   Tujuan Iklan

Ketika iklan telah dibuat, selanjutnya tentukan tujuan iklan yang akan dicapai. Tujuan iklan tersebut terbagi menjadi tiga kategori yakni, kategori kesadaran (Awareness) yakni menjangkau sejumlah orang yang mungkin memiliki ketertarikan yang unggul.

Kategori lainnya yakni pertimbangan (Consideration), salah satu kategori iklan yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada laman website. Pilihan lainnya adalah konversi (Convertion), yang memiliki tujuan dalam meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan transaksi pada website tertentu. Dari ketiga kategori tersebut dapat dipilih satu yang paling sesuai dengan yang diinginkan.

4. Jenis Iklan

Selanjutnya dapat menentukan jenis iklan yang akan dipilih. Apakah akan memilih uji split atau jenis pengoptimalan anggaran? Keduanya tidak bisa digunakan bersamaan. Diharuskan memilih salah satu yang paling cocok dengan pengguna. Untuk iklan jenis uji split akan menyajikan dua konten yang berbeda, sehingga target memiliki kesempatan memilih.

Dari kedua pilihan tersebut, dapat diketahui konten mana yang paling banyak menarik perhatian target. Adapun jenis pengoptimalan anggaran dirasa lebih optimal perihal dana yang akan dikeluarkan. Pada tahap inilah, pengguna bebas menentukan anggaran iklan.

5. Format Iklan

Pastikan untuk mengatur format iklan dengan baik. Terdapat lima format iklan yang dapat dipilih yakni karosel berupa iklan yang ditampilkan dengan cara digeser. Format gambar tunggal yakni dengan menampilkan satu gambar saja, begitu pun dengan format video tunggal yang hanya menayangkan satu video saja. Format lainnya berupa tayangan slide atau pun koleksi yang menggabungkan beberapa gambar atau pun video.

6. Menentukan Target

Selanjutnya bisa menentukan target secara khusus. Dengan mempertimbangkan lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, koneksi, atau pun penargetan terperinci dengan memerhatikan minat, perilaku. Semuanya dapat disesuaikan dengan produk yang diiklankan.

Untuk mempermudah cara Google AdSense Instagram dalam penerapannya, maka direkomendasikan untuk memberikan izin agar Instagram dapat menentukan pemirsa secara otomatis.

7. Menentukan Anggaran

Cara pembuatan Google Adsense Instagram selanjutnya yakni menentukan anggaran. Untuk mengetahui besarnya anggaran yang akan dikeluarkan, maka dapat diketahui dengan melihat berapa lama iklan tersebut akan dijalankan. Dengan begitu anggaran untuk pembayaran pun dapat ditentukan.

8.  Menerbitkan

Ketika semua tahap sudah dilalui dan iklan sudah siap. Selanjutnya, iklan dapat diterbitkan dan secara otomatis akan mendapat pemberitahuan, jika iklan disetujui untuk dijalankan.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan media sosial khususnya Instagram dalam menambah penghasilan. Cara Google AdSense Instagram tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Tidak perlu kualifikasi yang tinggi, hanya dibutuhkan ketelitian dan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi yang semakin canggih.