Ingin Menjadi Influencer? Inilah Besar Penghasilan Google Adsense

  
Penghasilan Google Adsense

Belakangan ini banyak yang tertarik untuk membahas cara mendapatkan penghasilan google adsense. Sebagian besar pengguna internet bahkan mulai mencoba dengan berlomba-lomba membuat berbagai konten unik supaya mendapatkan monetisasi.

Bahkan monetisasinya juga disediakan beberapa opsi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya melalui google adsense ini. Akan tetapi, tahukah berapa penghasilan yang diperoleh untuk tiap kontennya? Simak penjelasan berikut ini:

Apa Itu Google Adsense?

Google adsense ini sebenarnya merupakan layanan pemasangan iklan. Biasanya mereka akan menawar space-space kosong di website populer dengan diganti bayaran tinggi. Namun, bukan hanya itu saja karena income juga dihitung berdasarkan jumlah klik dan viewers iklan.

Itulah kenapa ada banyak desain iklan yang digunakan, mulai dari gambar, tulisan ataupun video. Hal ini semata-mata untuk menjaring audience yang dimaksud. Hingga akhirnya terjadi interaksi yang membuat penghasilan website bertambah.

Meskipun begitu sebagai pemilik website jangan khawatir jika ada iklan-iklan tak senonoh tampil. Hal ini karena google akan menyesuaikan dengan niche peserta audience yang dituju sehingga bisa sejalan.

Selain itu, untuk bisa menghasilkan uang dari sini memang harus bersabar. Normalnya rangkaian proses panjang pengajuan monetisasi bisa mencapai 8-15 bulan. Lantas setelah menyelesaikan syaratnya berapa penghasilan google adsense yang diperoleh? Berikut penjelasannya:

Berapa Penghasilan Dari Google Adsense?

Pertama perlu diingat jika ingin mendapatkan penghasilan dari google harus melalui proses panjang terlebih dahulu. Bahkan tak jarang para pemilik website menunggu hingga beberapa bulan atau bahkan tahun.

Kemudian penghasilan ini juga dipengaruhi berdasarkan jumlah pengunjung dan banyaknya klik iklan tersebut. Terlebih posisi dan jenis iklan yang akan digunakan menjadi faktor utama. Misalkan saja promosi yang muncul secara otomatis dalam satu halaman, maka uang yang didapat akan lebih tinggi daripada yang hanya terletak di samping atau pojok laman.

Untuk penghasilan yang diperoleh sendiri ini akan berbeda tergantung niche atau konten serta lokasi situs. Namun, secara umum untuk website dengan bahasan ringan bisa sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per 1.000 visitor. Bahkan bisa kurang atau lebih.

Namun, dari google sendiri memberikan pendapatan berdasarkan perhitungan rumus RPM atau per 1.000 tayangan. Rumusnya yaitu penghasilan tertaksir / jumlah tampilan * 1.000. Cukup ribet memang, akan tetapi jika mau bersabar dan telaten mengurusinya, maka passive income dari google pun bukan hanya impian lagi.

Keuntungan Menggunakan Google Adsense

Tentu yang menjadi keuntungan utama dari penggunaan google adsense ini adalah penghasilan berdasarkan jumlah iklan yang diklik pengunjung. Akan tetapi, tidak hanya itu saja karena faktanya promosi dengan harga tertinggi lah yang akan ditampilkan.

Selain itu, sebagai pemilik website juga diberikan kemudahan dengan bisa memilih jenis dan bentuk iklan yang ditampilkan sehingga dapat diatur sesuai kebutuhan. Bahkan jumlah kunjungannya pun juga dapat dipantau setiap saat.

Hal tersebut memungkinkan pemilik untuk memantau perkembangan situs melalui traffic kunjungan. Sayangnya pendapatan juga akan otomatis berhenti saat performa menurun dan mengakibatkan situs tersebut kehilangan iklan.

Lebih parahnya, Apabila suatu ketika pemilik website tidak sengaja mengklik iklan, maka google bisa sewaktu-waktu melakukan penalti karena dianggap curang. Oleh karena itu, penghasilan dari google ini tidak main-main.

Bagaimana? Cukup menarik bukan penghasilan google adsense ini? Meskipun terlihat ribet, namun apa salahnya mencoba. Hanya saja tidak perlu terlalu berharap untuk passive income  karena kasarnya untung-untungan untuk bisa mendapat uang banyak dari google.