Cara Jualan Pulsa Online Minim Modal

  

Era digital saat ini memberi ruang dalam memulai usaha dengan mudah. Salah satunya adalah bisnis pulsa online. Cara jualan pulsa online sekarang tidak lagi harus memiliki outlet. Modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu banyak. Maka tak heran jika bisnis pulsa online banyak diminati oleh banyak orang.

Bicara soal keuntungan, bisnis pulsa online bisa dibilang pasti menguntungkan. Hal ini dikarenakan pulsa menjadi kebutuhan semua orang. Setiap orang pasti butuh pulsa untuk terhubung dengan keluarga dan teman-teman. Besaran keuntungan yang diperoleh memang tidak bisa dijadikan penghasilan utama. Meskipun begitu, bisnis ini dapat menjadi bisnis sampingan untuk menambah penghasilan.

Dalam menjalankan bisnis pulsa online dapat dikatakan sangat simpel dan gampang. Bermodal HP dan sedikit uang untuk mengisi saldo, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika masih menjadi pemula. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah cara jualan pulsa online bagi pemula berikut ini.

1. Siapkan Modal

Hal pertama dan terpenting dalam memulai bisnis apapun adalah modal. Modal dapat berupa modal usaha (seperti uang) dan modal mental (seperti sikap berani, jujur, dan bertanggung jawab).

Adapun modal usaha yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis pulsa online adalah smartphone dan uang. Setiap orang pada umumnya telah memiliki smartphone, baik itu dari kalangan anak, remaja, hingga dewasa. Tentunya, smartphone harus terhubung dengan internet agar dapat menjalankan usaha ini.

Kemudian, siapkan juga sejumlah uang untuk mengisi saldo. Besaran uang dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, paling tidak minimal Rp 50.000.

Modal lain yang dirasa cukup penting adalah relasi. Relasi dapat menjadi kunci utama dalam pemasaran bisnis. Ketika relasi yang dimiliki cukup banyak, bisnis yang dijalankan juga akan dikenal banyak orang. Mulailah menambah relasi dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang.

2. Daftar Jadi Agen Pulsa

Langkah cara jualan pulsa online selanjutnya adalah mendaftarkan diri sebagai agen pulsa. Saat ini, banyak sekali server pulsa atau distributor pulsa yang menawarkan harga pulsa murah dan transaksi cepat. Sebelum memutuskan untuk mendaftar, sebaiknya pilih server pulsa yang terpercaya.

Server pulsa yang terpercaya biasanya telah memiliki banyak agen pulsa yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, produk yang dimiliki juga lengkap (all operator), menyediakan layanan komplain, web report, dan memiliki banyak SMS Center.

Apabila kesulitan memilih server pulsa yang dapat dipercaya, carilah review beberapa server pulsa dari media sosial maupun mesin telusur, lalu bandingkan.

3. Isi Saldo (Deposit)

Setelah mendaftarkan diri sebagai agen pulsa, selanjutnya lakukan pengisian saldo. Saldo ini nantinya akan semakin berkurang seiring dengan terjadinya penjualan pulsa. Jadi, pengisian saldo harus rutin agar tetap bisa melakukan transaksi. Sebagai modal awal, lakukan pengisian saldo sesuai dana yang dimiliki. Pengisian saldo selanjutnya dapat dilakukan ketika sudah balik modal.

Keuntungan dari bisnis pulsa sebaiknya dipisahkan dari uang pribadi. Tujuannya agar hasil keuntungan yang diperoleh tidak digunakan untuk keperluan pribadi , namun dapat digunakan dalam mengembangkan usaha untuk mencapai keuntungan yang lebih banyak.

4. Terapkan Strategi Promosi

Poin penting dari keberhasilan bisnis adalah strategi promosi yang efektif. Sebagaimana bisnis lain, bisnis pulsa online juga harus menerapkan strategi promosi yang efektif agar mencapai target pemasaran.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, relasi merupakan kunci utama dalam pemasaran. Disinilah relasi berperan sebagai target pemasaran. Sebagai langkah awal dalam menjalankan bisnis, menjalin relasi dengan banyak orang dapat menjadi strategi promosi yang cukup efektif.  Cara untuk menambah relasi dapat menggunakan media sosial seperti twitter, instagram, facebook dan line.