Cara Mencari Modal Bisnis Tanpa Hutang, Dijamin Sukses!

  

Zaman yang kian modern sekarang ini, memiliki bisnis pribadi tidaklah asing lagi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kaum muda yang terjun dalam dunia bisnis pribadi. Semua ini dilandasi harapan bahwa tidak perlu lelah untuk pergi ke kantor atau menunggu komisi yang cair tiap bulannya. Lalu bagaimana cara mencari modal bisnis tanpa hutang? Simak ulasannya berikut ini.

Terkadang bisnis yang dijalankan mendapat banyak kendala, misalkan saja persoalan modal. Bisnis tidak akan bisa berjalan jika modal tidak dimiliki. Kendala-kendala ini membuat orang yang ingin berbisnis patah semangat untuk melanjutkan rencana bisnisnya. Ada banyak cara mencari modal bisnis tanpa hutang, berikut ini cara memperoleh modal tersebut.

1. Mulai Hidup Hemat dan Menyisihkan Uang

Cara mencari modal bisnis tanpa hutang bisa dilakukan dengan membiasakan diri untuk hidup hemat dan menyisihkan penghasilan. Ini merupakan cara termudah untuk memperoleh modal untuk bisnis pribadi. Dengan menabung sedikit dari penghasilan akan membuat beban lebih ringan karena uang tersebut bersumber dari usaha pribadi.

Tidak hanya itu, memakai tabungan pribadi sebagai modal bisnis memiliki resiko yang kecil dan tidak perlu dipusingkan dengan biaya tambahan atau bunga. Misalkan saja bisnis yang dijalankan tidak berjalan dengan baik. Tidak usah lagi memusingkan bagaimana membayar biaya-biaya tersebut.

2. Menjual Aset yang Jarang Digunakan Sebagai Modal Tambahan

Untuk memulai bisnis yang diidam-idamkan, tentu hal yang wajar jika dalam mewujudkannya menuntut seseorang untuk berkorban. Bukan hanya waktu, pikiran dan tenaga, aset atau harta yang dimiliki pun harus direlakan demi mewujudkan bisnis tersebut. Aset ini bisa dijual untuk mendapatkan modal tambahan untuk menjalankan bisnis.

Perhatikanlah barang-barang yang dimiliki di rumah dan buat daftarnya. Perlu untuk membuat pertimbangan mengenai barang yang tidak lagi atau jarang digunakan namun masih memiliki nilai jual. Menjual barang-barang tersebut akan sangat membantu untuk mendapatkan modal.

3. Menggadaikan Aset di Pegadaian

Terkadang menjual barang-barang pribadi sangat berat rasanya. Terlebih jika barang tersebut diperoleh dari usaha sendiri. Jika memiliki masalah seperti ini, maka menyimpan sementara barang-barang tersebut bisa menjadi solusi. Barang ini bisa disimpan di lembaga Pegadaian yang akan menjamin keamanan barang yang digadaikan.

Meskipun memiliki bunga, namun bunga yang berlaku di Pegadaian lebih kecil daripada di bank jadi tidak terlalu memberatkan. Di Pegadaian, penggadai bisa menentukan cashflow yang diinginkan sehingga bisa menyesuaikan dengan kemampuan menebus barang tersebut. Selain itu, jika dalam waktu yang ditentukan penggadai belum mampu menebus, maka bisa diperpanjang.

4. Berkolaborasi Untuk Membangun Bisnis

Jika memang merasa berat untuk memperoleh modal untuk mewujudkan bisnis yang diinginkan, maka tidak ada salahnya mengajak orang lain. Ajaklah keluarga atau teman yang memiliki passion yang sama dalam bisnis. Dengan begitu modal bisnis dan masalah-masalah dapat ditanggung berdua.

Meskipun ringan, beberapa hal tetap harus diwaspadai. Perbedaan pendapat dalam selama berbisnis pasti akan dialami oleh mereka yang bermitra. Oleh karena itu, cara berkomunikasi dengan mitra bisnis harus selalu diperhatikan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perhatikan latar belakang dan karakteristik orang yang akan diajak bermitra demi kelancaran bisnis.

5. Rajin Ikut Seminar untuk Mendapatkan Investor

Cara mencari modal bisnis tanpa hutang yang terakhir adalah dengan mencari investor untuk menyokong bisnis yang digeluti. Perlu diperhatikan bahwa menarik perhatian investor bukan hal yang mudah. Mereka sangat jeli melihat bisnis yang akan ditawarkan kepada mereka serta untung ruginya.

Untuk bertemu investor, seringlah mengikuti workshop atau seminar kewirausahaan. Di sana pebisnis bisa bertemu dengan wirausahawan lainnya. Buatlah obrolan yang menyenangkan dan berkelanjutan dengan mereka. Dari situlah kemungkinan memperoleh investor.

Nah itulah cara mencari modal bisnis tanpa hutang yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis. Terlepas dari semua itu, perencanaan yang matang akan membuat bisnis yang dijalankan bisa berhasil. Perencanaan yang matang dan modal yang mendukung akan membuat bisnis semakin baik.