5 Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Mudah  

  
cara mengatasi flashdisk write protected

Saat flashdisk terlihat terkunci, atau Write Protected, tidak perlu khawatir. Karena adanya fasilitas Write Protected pada flashdisk adalah salah satu fitur untuk melawan akses yang tidak sah. Tetapi jika dalam kasus salah mengunci Flashdisk, atau Drive secara otomatis menampilkan Write Protected. Maka tidak ada yang lain, kecuali mencari cara mengatasi flashdisk write protected ini melalui jalan apapun juga. Sejatinya, banyak cara untuk membuka kunci Flashdisk  tersebut dengan mudah.

Kadangkala saat menyambungkan flashdisk ke PC lalu flashdisk tiba-tiba tidak dapat digunakan, saat itulah perlu disadari bahwa Flashdisk tengah terkunci, dan sekarang  harus dilakukan upaya pembukaan kuncian agar bisa kembali mengakses data yang tersimpan di dalamnya. Kadang alasan di balik Flashdisk  terkunci bisa disengaja, dan terkadang tidak disengaja. Cara mengatasi masalah baik sengaja atau tidak sengaja pun tetap sama, di antaranya:

1. Gunakan Fasilitas Lock Switch

Untuk melindungi keamanan data pada flashdisk, kartu USB atau SD, beberapa provider telah memasang suatu switch atau saklar khusus pada perangkat, saat saklar flashdisk dibuka, maka terbuka pula kunci nya. Namun ada catatan bahwa opsi ini hanya berlaku untuk membuka kuncian pada flashdisk, tidak untuk menghapus atau mematikan write protected.

Untuk menghapus write protection, yang dibutuhkan adalah mencari saklar fisik dan membukanya:

  • Temukan saklar fisik pada flashdisk
  • Geser saklar fisik dari posisi ON menuju OFF maka kunci akan terbuka.

2. Memakai Command Diskpart

Opsi dapat bisa dengan mudah menonaktifkan juga menghapus file read only yang diproteksi pada hardisk internal atau eksternal melalui box, namun pada sisi lain juga bisa berfungsi dengan baik pada flashdisk. Pertanyaannya, bagaimana menggunakan command Diskpart demi mengatasi write protected.

  • Tekan tombol Windows + R, ketik cmd untuk membuka prompt command
  • Tuliskan pada prompt, “diskpart” lalu tekan Enter.
  • Setelah itu, tuliskan pilih disk 0 lalu ganti 0 dengan nomor flashdisk yang diproteksi lalu Enter.
  • Tuliskan atribut disk lalu Enter.
  • Setelah proses peniadaan proteksi selesai dilakukan tulis exit agar jendela diskpart ditutup,

Lalu lakukan booting panas. Saat dekstop kembali menyala, ujikan apakah kuncian pada flashdisk sudah dibuka.

3. Aplikasi Pihak Ketiga

Jika khawatir tidak mampu melakukan cara sendiri dalam menghapus write protected. Maka penggunaan aplikasi menjadi cara mengatasi flashdisk write protected lain dengan sangat mudah, dan aman. Apalagi soal keamanan, sehingga mereka yang belum dibiasakan dengan command prompt, dianjurkan untuk tidak mengambil resikonya. Aplikasi pihak ketiga yang digunakan cukup banyak. Pilih salah satu yang paling dapat rating tinggi karena kemudahan dan kehandalannya.

Namun perlu diwaspadai bahwa aplikasi pihak ketiga tidak sepenuhnya tulus. Ada kalanya pada aplikasi tersisip banyak iklan, atau meminta uang pembaruan. Sementara flashdisk terkunci bukanlah situasi yang terjadi sesering mungkin. Jadi pertimbangkan banyak hal secara ekonomis sebelum ikut memesan aplikasi ini.

4. Gunakan Register

Salah satu cara lainnya adalah menggunakan kode register demi menghapus write protected pada flashdisk.  Akan halnya bagi pengguna registry perlu hati-hati, karena kesalahan dalam menghapus register bisa merusak sistem windows secara berantai. Jadi harap pertimbangkan kembali cara ini, jangan dilakukan kecuali benar-benar yakin dan telah melakukan uji sebelumnya. Perangkat register ini bisa diungkap kembali dengan windows varian tertinggi dari versi 7.

  • Masukan flashdisk yang hendak dibongkar kunci nya
  • Buka register, caranya klik startup masuk ke box Run dialog. Ketik Regedit lalu enter.
  • Cari USB flashdisk. Lalu Click pada “HKEY_LOCAL_MACHINE > Expand “System””.
  • Kemudian klik pada “Current Control Set” dalam System list > Click on “Control””.
  • Hapuskan posisi write protected dengan cara masuk ke “Storage Device Policies” > kemudian ubah DWORD nilai datanya menuju “0” ketik angka 0, lalu “OK”.

5. Matikan Partisi Bitlocker Pada Windows

Windows versi 7/8/10 dipasang fitur bitlocker aktif yang artinya segala flashdisk yang write protected juga ikut terkunci. Hal ini dilakukan agar tidak mudah dibobol enkripsinya sehingga file menjadi rentan. Lalu bagaimana menonaktifkan bitlocker demi tujuan ini?

Caranya buka Explorer, lalu klik kanan pada drive flashdisk di sana ada pilihan bitlocker atau “Manage BitLocker”. Hapus proteksi pada BitLocker. Pilih menu “locked device” lalu matikan bitlocker. Tunggu bitlocker mengurus deskripsi dirinya sendiri. Pada kondisi bitloker mati, begitu juga upaya proteksi pada drive.

Seperti yang dijelaskan, banyak cara mengatasi flashdisk write protected yang mudah dilakukan. Dengan cara tersebut, pengguna tidak perlu bingung lagi untuk menyelamatkan data dalam flashdisk. Tentunya cara ini akan sangat membantu pengguna yang mengalami masalah tersebut