Inilah Beberapa Cara Mengurangi Stress Kerja Dari Rumah

  
Cara mengurangi stress kerja dari rumah

Memiliki rutinitas pekerjaan seringkali menyebabkan tingkat stress berlebih, terutama kerja dari rumah. Stress diakibatkan oleh kejenuhan dan kelelahan ketika menyelesaikan sebuah tugas. Hal ini juga akan berdampak pada tubuh dan pikiran. Apalagi saat ini negara Indonesia sedang terkena pandemi Covid-19 yang mana para pekerja harus bekerja dari rumah. Untuk itu penting mengetahui tentang cara mengurangi stress kerja dari rumah agar tetap produktif. Dan berikut penjelasannya:

1. Tarik Nafas Dalam-Dalam

Cara yang pertama ketika stress kerja menghampiri adalah dengan bernafas dalam-dalam. Perlu diketahui bahwa ketika mengalami stress, maka tubuh cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Dengan cara ini, dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi tingkat stress dalam menyelesaikan pekerjaan. Cara ini dapat dilakukan berulang kali agar tubuh semakin bugar dan rileks.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat mengurangi tingkat stress berlebih ketika merasakan kelelahan dalam suatu pekerjaan. Hal ini dikarenakan, musik dapat menjadikan tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan meningkatkan mood. Pengaruh musik terhadap pribadi seseorang yaitu dapat memunculkan ide-ide baru sehingga suatu pekerjaan akan selesai lebih cepat. Cukup mendengarkan selama 15 sampai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

3. Melakukan Olahraga Kecil

Cara mengurangi stress kerja dari rumah yaitu dengan melakukan olahraga kecil. Contohnya pada saat bekerja perlu melakukan peregangan tubuh ataupun stretching. Hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, terutama pada otak. Dan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga dapat menurunkan tingkat stress  ketika bekerja di rumah.

4. Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan menjadi pemicu stress ketika bekerja dari rumah. Menunda berarti menumpuk sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, mengerjakan tugas sesegera mungkin akan membuat tubuh dan pikiran menjadi segar dan tidak lelah. Agar pekerjaan tidak menumpuk, maka perlu membuat daftar prioritas pekerjaan di setiap harinya. Dengan cara ini, akan membantu otak dan tidak terbebani banyaknya sebuah pekerjaan yang belum terselesaikan.

5. Istirahat Jika Lelah

Apabila badan dan pikiran terasa lelah dan bosan, itu tandanya membutuhkan istirahat. Istirahat yang dimaksud seperti tidur secukupnya atau menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Kegiatan ini dapat membuat tubuh dan pikiran sejenak lupa akan rutinitas dan tekanan dalam pekerjaan. Setelah badan terasa segar kembali, baru memulai pekerjaan lagi dengan kondisi yang lebih prima, sehingga tugas akan cepat terselesaikan dan maksimal.

6. Membuat Tempat Kerja Lebih Nyaman

Meskipun bekerja dari rumah, hal yang perlu diperhatikan yaitu kondisi tempat untuk bekerja. Apabila kondisi tempat kerja tidak nyaman dan berantakan, maka akan menambah beban di otak sehingga mengakibatkan stress tinggi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut maka perlu mengatur tempat kerja agar menjadi nyaman saat menyelesaikan suatu tugas. Perlu dicoba untuk mencari atau membuat tempat yang segar dan bersih saat di rumah.

7. Memotivasi Diri

Memberikan motivasi kepada diri sendiri dipercaya dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik. Caranya dengan mengingat motivasi saat pertama kali bekerja. Seperti menabung untuk melanjutkan pendidikan, pernikahan, rencana bisnis, dan hal-hal lain di masa depan. Dengan cara ini, target akan mudah untuk dicapai dan pekerjaan semakin cepat terselesaikan. Sehingga rasa stress tidak akan menghampiri.

Itulah beberapa cara mengurangi stress kerja dari rumah yang patut untuk dicoba. Dimulai dengan stretching kecil agar tubuh dan pikiran semakin rileks, kemudian perlu untuk membuat tempat kerja di rumah senyaman mungkin. Dan yang paling penting adalah perbanyak motivasi diri sendiri untuk terus semangat dan menolak untuk mengeluh. Sehingga keefektifan dan keproduktifan saat kerja menjadi lebih maksimal.