Memanfaatkan Fasilitas Dana Tunai Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

  

Istilah loan on phone atau dana tunai kartu kredit, akhir-akhir ini semakin banyak peminatnya. Fasilitas yang hanya diberikan kepada para pemilik kartu kredit ini menawarkan kemudahan pinjaman dana. Biasanya dengan batas maksimal  50% dari limit kartu kredit yang tersisa. Jangka waktu pembayarannya pun cukup mudah dengan nilai angsuran tetap mulai 3-36 bulan.

Sebagai fasilitas bank penerbit kartu kredit menawarkan pinjaman tunai kepada nasabahnya. Mekanisme penggunaan dana tunai kartu kredit ini pun  mudah dan prosesnya pun cukup cepat. Sehingga bagi pemegang kartu kredit bisa memanfaatkannya apabila ada kebutuhan yang darurat atau untuk modal usaha, tentunya setelah semua persyaratan terpenuhi. Beberapa hal yang sebaiknya di pahami sebelum memanfaatkan fasilitas ini, antara lain:

1. Bijak Dalam Mengunakan Kartu Kredit

Kebanyakan orang ketika ditawari pinjaman, langsung bersemangat untuk memanfaatkannya tanpa melakukan perhitungan terlebih dahulu. Maka diperlukan kebijakan ketika memutuskan mengambil pinjaman, sebab salah dalam penggunaannya akan menyusah diri di kemudian hari. Hindari menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan gunakanlah untuk merintis atau menambah modal usaha.

2. Memenuhi Persyaratan Yang Sudah Ditentukan

Pinjaman ini tidak membutuhkan aset berharga sebagai persyaratan agunannya, tetapi hanya fasilitas untuk pemegang kartu kredit saja. Meskipun demikian pihak bank pencetak kartu akan memeriksa riwayat keaktifan penggunaan kredit. Maka perlu menjaga kegiatan transaksi bulanan meskipun nilainya kecil.

Kedisiplinan dalam membayar tagihan kartu kredit menjadi nilai plus bagi bank. Selain itu nasabah haruslah memiliki rekening tabungan  di bank tersebut, sebab pencairan dana tunai kartu kredit langsung masuk kedalam rekeninnya. Dan kartu kredit tersebut bukan fasilitas perusahaan, tetapi pengguna pribadi.

3. Memilih Tenor Sesuai kemampuan

Karena dana tunai dari kartu kredit termasuk jenis pinjaman yang wajib dilunasi oleh peminjamnya. Pembayarannya pun dapat dilakukan dengan mencicil atau mengangsur sesuai dengan komitmen yang telah dibuat. Agar tidak memberatkan atau menimbulkan kesulitan dikemudian hari, maka diperlukan perhitungan yang tepat berkaitan dengan masa tenornya.

Sementara suku bunga pinjaman tergantung dengan bank pencetak kartunya. Untuk tenor dengan masa 3 atau 6 maupun 12 bulan, beban bunga setiap bulannya berkisar 1%. Dan  masa tenor 18 atau 24 bulan akan terkena beban bunga sekitar 0.99% per bulannya.  Hal tersebut belum termasuk biaya administrasi dengan pihak bank yang bersangkutan. Untuk itu pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan

4. Pilih Cara Pembayaran Yang Mudah

Setelah dana tunai kartu kredit cair, maka akan ada beban tagihan dari kartu kreditnya. Sehingga ada kewajiban untuk membayar sesuai dengan cicilan yang sudah disepakati sebelumnya. Meskipun masa angsurannya bisa memilih antara 3-36 bulan, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan. Sebab semakin lama tenor yang dipilih, maka bungannya akan semakin besar. Apalagi sampai terjadi tunggakan yang akan menambah beban pembayarannya, karena selain pokok dan bunganya akan ditambah dengan denda.

5. Pentinganya Disiplin Menjaga Komitmen Yang Telah Disepakati

Ketika masa mengangsur atau mencicil sudah mulai berjalan, perlu langkah disiplin untuk menjaga kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. Kalaupun ada keterlambatan atau tunggakan diusahakan jangan terlalu lama menyelesaikan. Yang akan menambah beban hutang dengan bunga dan denda yang semakin besar. Sebab selain mempengaruhi kredibilitas peminjam juga menyebabkan ketidaknyamanan saat dilakukan penagihan.

Demikian cara memanfaatkan fasilitas dana tunai kartu kredit, sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan modal usaha.  Meskipun mudah dan cepat prosesnya, sebaiknya tetap berhati-hati. Karena yang namanya hutang tetap harus dibayar, maka diperlukan kebijakan dalam memanfaatkan fasilitas ini. Semoga bermanfaat.