Berbagai Game Untuk Balita, Apa Saja Yang Cocok?

  
game untuk balita

Berbagai macam game yang disediakan pada gadget, ada yang memiliki manfaat dan ada pula yang tidak. Bagaimana jika memiliki balita yang sudah mengerti bermain game dengan gadget? Tentu sebagai orangtua harus pandai memilih game yang cocok dan mencerdaskan anak. Berikut merupakan contoh game untuk balita yang cocok:

1. Belajar Mengenali Bentuk dan Suara

Game untuk balita yang pertama adalah game yang mendidik. Merupakan salah satu game Besutan Solite ini, memiliki manfaat karena dalam permainannya membantu balita dalam mengenali dan memahami bentuk benda, selain itu game ini juga dilengkapi dengan suara yang tentu dapat menarik si kecil.

2.  Ant Smasher By Best Cool & Fun Games

 Selanjutnya rekomendasi game untuk balita lainnya adalah Ant Smasher By Best Cool & Fun Games. Dalam game ini anak dapat belajar melatih konsentrasi dengan cara menghancurkan seekor semut pada tampilan layar. Selain itu juga harus menghindari lebah yang akan muncul dalam layar, sehingga nanti skor tinggi pun akan didapatkan. Game ini sudah banyak yang mengunduh serta mudah untuk balita.

3. ABC Kids Tracing & Phonics

Dalam game ini sangat membantu motorik balita. Mengapa? Sebab didalamnya balita dilatih mengenali huruf Alfabet. Selain itu terdapat suara di dalamnya, serta melatih si kecil untuk mencoba mencocokan huruf. Permainan ini sangat cocok untuk balita pra sekolah. Dalam pengaturan permainan ini juga dapat diatur bagaimana lebih baik lagi untuk pembelajarannya.

4.  Kids Puzzle (Wooden Jigsaw)

Game untuk Balita yang keempat adalah kids puzzle (wooden jigsaw). Memiliki manfaat yaitu dapat melatih motorik balita, dengan cara menggabungkan gambar-gambar yang teracak dan menyatukannya menjadi benar. Dalam game ini gambar yang disediakan pun beragam kartun. Sehingga balita tidak akan bosan dalam memainkannya.

5. Kids Farm

Dalam permainan  kids farm, ini balita diajarkan untuk berkebun. Seperti halnya bagaimana menanam sayur, merawat sayur, hingga bagaimana menyirami sayur yang baik. Ini bagus untuk melatih motorik balita untuk merawat sayuran. Walaupun ukuran game ini terbilang besar, namun manfaatnya pun setara dengan ukuran yang ada.

6. Worms Zone

Merupakan game yang sedang viral akhir-akhir ini. Dalam permainannya sangat mudah karena hanya dengan menggeser layar saja dan mencari makanan atau biasanya tersedia dalam bentuk buah-buahan. Permainan ini dapat melatih balita untuk memberi makan pada hewan dan dapat melihat macam-macam buahan.

7. Game Balita Labirin

Labirin populer sejak dulu tetapi masih tetap populer hingga kini. Para pemain yang memainkan diharuskan mencari jalan yang tepat untuk tujuan yang ditentukan. Ini melatih anak untuk mencari jalan yang benar untuk sebuah tujuan tertentu. Kini game ini sudah bermacam-macam versinya.

Selain itu manfaat lain yang didapat adalah, dapat mendorong otak si balita untuk lebih aktif lagi. Game ini juga mudah dimainkan, serta tidak terlalu rumit dalam memecahkan masalahnya. Manfaat lain yang didapat adalah imajinasi balita akan lebih berkembang.

8. Building Block

Dalam permainan ini balita diajarkan untuk membangun ruang. Selain itu diajarkan pula untuk memperluas imajinasi si kecil. Serta melatih fokus agar otak kanan serta otak kirinya dapat berkembang dan terlatih dengan sendirinya. Game yang serupa dengan ini banyak sekali di internet dan tentunya  gratis dalam pengunduhannya.

Game untuk balita diatas cocok untuk melatih otak kanan dan otak kiri balita. Tinggal memilih mana yang sekiranya baik dan bermanfaat untuk balita. Tetapi tetap harus diperhatikan waktu bermainnya. Tidak boleh terlalu lama dalam sehari, karena kesehatan mata juga perlu di perhatikan.