Hati-Hati! Inilah 6 Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul di Blogspot

  

Ada beberapa keluhan mengenai iklan adsense yang tak muncul di situs blogspot. Banyak yang bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Apakah akan menimbulkan dampak negatif untuk situs blognya? Tentunya hal ini menimbulkan rasa khawatir karena tak tau apa alasan sebenarnya. Lalu, apa yang membuat Iklan adsense tidak muncul di blogspot?

Dalam dunia blog, tentunya adsense sudah bukan hal asing lagi. Banyak yang sudah memasang iklan adsense, menjalin kerja sama untuk saling mendapat keuntungan. Namun, ada kalanya iklan adsense tidak muncul dan tidak dapat dilihat tanpa tau apa penyebabnya. Maka dari itu, inilah beberapa penyebab iklan adsense tidak muncul di blogspot.

1. Melakukan Klik Pada Iklan Milik Sendiri

Penyebab yang pertama ialah melakukan klik pada iklan milik sendiri. Hal itu termasuk ke dalam kesalahan yang sangat fatal dan wajib dihindari. Google telah menjelaskan persyaratan atau aturan bahwa tidak boleh mengklik iklan yang terdapat pada akun sendiri. Jika melakukan hal ini, artinya sama saja melanggar aturan dari Google. Namun, dapat dilakukan pengajuan banding jika memang tak sengaja dalam mengklik iklan adsense milik sendiri.

2. Ads.txt yang Belum Dipasang

Selanjutnya, penyebab Iklan adsense tidak muncul di blogspot yaitu karena Ads.txt yang belum dipasang. Google adsense telah mengeluarkan kebijakan pada tahun 2019 lalu. Bahwa untuk iklan non hosted wajib mempunyai file dengan nama berupa Ads.txt. Dimana di dalamnya terdapat kode untuk iklan adsense yang bisa digunakan. Jika memang lupa memasang Ads.txt, jangan khawatir, sebab akan ada peringatan yang muncul pada dashboard google adsense.

3. Salah dalam Pengaturan Ads Balance

Penyebab iklan adsense yang tidak muncul berikutnya yaitu adanya kesalahan dalam melakukan pengaturan Ads balance. Ads balance adalah suatu fitur yang berfungsi untuk menyaring iklan adsense pada situs blog. Jika salah melakukan pengaturan Ads Balance, maka iklan tidak akan muncul di blogspot. Perlu diketahui, nilai terbaik yang bisa diatur dalam Ads balance yaitu sekitar 70% hingga 75%. Jika di bawah itu, besar kemungkinan iklan tidak akan muncul.

4. Kesalahan dalam Pemasangan Kode

Selain salah melakukan pengaturan Ads balance, kesalahan dalam pemasangan kode juga dapat memicu Iklan adsense tidak muncul di blogspot. Biasanya google adsense akan memberikan kode berupa javascript. Jika salah melakukan pemasangan javascript meski sedikit kesalahan yang dilakukan, maka tetap saja hal itu dapat memicu iklan tidak bekerja. Oleh sebab itu, untuk menghindari kesalahan pemasangan kode, lakukan saja copy dan paste agar kode tak salah tulis.

5. Mengganti Unit Iklan yang Terlalu Sering

Di dalam google adsense, terdapat beberapa pilihan unit iklan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Namun, dengan terlalu sering mengganti unit iklan, akan membuat iklan tak muncul di blogspot. Hal ini terjadi karena google akan melakukan banned jika unit iklan diganti secara terus menerus. Ditambah jika usia google adsense yang dimiliki belum terlalu lama, maka besar kemungkinan terjadinya pemblokiran. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengganti unit iklan.

6. Terhalang dengan Objek Lain

Penyebab tak munculnya iklan adsense yang terakhir yaitu karena iklan terhalang dengan objek lain. Untuk menghindari ini hal ini, maka perlu ketelitian dalam menimpa kode yang akan dipasang di halaman blog. Maka dari itu, hal ini bisa diatasi dengan melakukan pemindahan kode iklan adsense ke objek lain.

Itulah 6 penyebab Iklan adsense tidak muncul di blogspot. Bukan tanpa alasan jika iklan adsense tidak dapat muncul, tentunya ada beberapa penyebab yang memicunya. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi dan lebih hati-hati lagi.