Apa Saja Keuntungan Menabung di Bank? Berikut Informasinya!

  

Kegiatan menabung di Bank menjadi salah satu kegiatan yang cukup diminati oleh masyarakat. Mungkin beberapa orang masih ada yang menyimpannya di rumah, seperti di bawah kasur, bantal ataupun celengan.  Namun, kini  tak perlu khawatir lagi dengan menabung di bank karena banyak sekali keuntungan menabung di bank yang bisa didapatkan.

Prosesnya yang mudah, terpercaya karena diawasi oleh OJK dan banyaknya bank yang tersebar di kota-kota bahkan pelosok desa yang memudahkan siapapun. Tabungan adalah simpanan uang di bank dengan penarikan yang hanya bisa dilakukan dengan ketentuan yang berlaku.

Namun dengan perkembangan teknologi sekarang yang semakin canggih, terdapat adanya jenis-jenis tabungan yang tidak lagi menggunakan buku tabungan, melainkan dengan SMS banking,mobile banking atau Internet sehingga dapat memudahkan bagi para nasabahnya. Berikut ada banyak keuntungan yang  bisa diperoleh dengan menabung di bank, diantaranya yaitu :

1. Keamanan dan Kenyamanan

Bank memiliki sistem keamanan dan kenyamanan yang berlapis, baik fisik maupun nonfisik dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keamanan lainnya bank juga telah bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), bila terjadi masalah pada bank, maka tabungan nasabah bisa kembali sesuai dengan jumlah yang telah ditabung. 

2. Praktis dan mudah

Keuntungan menabung di bank juga lebih praktis dan mudah dilakukan oleh semua orang. Anda hanya perlu merencanakan kebutuhan keuangan lewat buku tabungan. Dalam buku tabungan akan tercetak jumlah uang yang masuk dan yang keluar sehingga memudahkan rencana tabungan.

Terdapat fasilitas setor tunai pada mesin ATM yang memudahkan  untuk bertransaksi. Seseorang tidak lagi perlu repot-repot datang dan juga  mengantri lama ke bank hanya untuk melakukan penyetoran.

3. Mendapatkan Bunga

Bank akan memberikan bunga berdasarkan saldo tabungan. Meskipun suku bunga tidak lagi menjadi pertimbangan yang utama bagi beberapa nasabah karena jumlahnya yang  didapat tidak seberapa.

Namun, jika  menabungnya dalam jangka panjang dan uang yang akan  ditabung kian hari makin besar dalam rentang  waktu ke waktu, maka suku bunga dalam tabungan  akan memberikan keuntungan yang cukup besar.

4. Kebebasan Dalam Transaksi

Keuntungan lain yang didapat saat menabung di bank yaitu mendapatkan kemudahan layanan dalam setiap kali bertransaksi, bahkan semua bank banyak yang menawarkan fitur-fitur lengkap bagi para nasabahnya.

Fitur-fitur yang ada saat anda melakukan transaksi tersebut biasanya terdapat beberapa hal, seperti transaksi saat melakukan penarikan uang atau transaksi saat transfer melalui mesin ATM, SMS banking,mobile internet atau internet. Fitur tersebut juga memberikan kemudahan dan kebebasan bagi para nasabah untuk bertransaksi dengan layanan selama 24 jam per hari.

5. Kesempatan Mendapatkan Hadiah

Keuntungan menabung di bank selain mendapatkan bunga, bila beruntung anda juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah. Pasalnya, hadiah yang ditawarkan sangat menarik para nasabah, bisa berupa uang miliaran rupiah, mobil mewah, motor super dan peralatan rumah tangga yang harganya mencapai jutaan. Agar agar bisa memiliki kesempatan besar, anda harus sering-sering menambah tabungannya.

6. Menjadi Pilihan Investasi yang Aman

Menabung juga bisa menjadi pilihan investasi dan terbilang aman bila anda berinvestasi di bank. Ada banyak pilihan investasi di bank, seperti investasi saham, obligasi atau reksadana. Meskipun investasi di bank cukup aman, namun menabung lebih aman dari investasi karena resikonya yang sangat kecil.

7. Mudah Diambil Dalam Setiap Keadaan 

Keuntungan lainnya dalam menabung di bank yaitu terdapat kebebasan dalam setiap transaksi, uang yang anda tabung dapat diambil kapanpun, kecuali tabungan yang berjangka panjang. Ketika seseorang mendadak membutuhkan dana, maka tabungan dapat diambil sewaktu-waktu. Jadi tidak perlu khawatir akan kebutuhan yang mendesak karena  telah memiliki tabungan di bank.

Menabung di bank adalah pilihan terbaik karena memiliki banyak keuntungannya daripada menyimpan uang dalam rumah. Seseorang bisa saja kehilangan uang karena dicuri atau bahkan terjadi kebakaran rumah dan uang bisa tercecer di man-mana.untuk itu mari segera simpan uang anda dalam tabungan bank. Itulah beberapa keuntungan menabung di bank, semoga bermanfaat.