Inilah 6 Keutamaan Membaca Al-Kahfi, Penuh Manfaat!

  
Keutamaan Membaca Al-Kahfi

Tadarrus Al-Qur’an merupakan salah satu rangkaian dapat dilakukan oleh muslim selain mengerjakan sholat. Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang terlihat sangat mudah untuk dilakukan namun sangat sulit untuk dijalankan. Senantiasa membaca surat-surat yang terdapat dalam Al-Qur’an memiliki beberapa keistimewaan. Keutamaan membaca Al-Kahfi misalnya, sangat banyak sekali keutamaanya.

Surat Al-Kahfi merupakan surat yang diturunkan di Kota Makkah, surat ini termasuk ke dalam golongan surat Makiyyah. Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad dalam sabdanya yang mengatakan, Al-Qur’an kelak akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya kelak saat datang hari kiamat. 

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke 18 yang terdapat dalam Al-Qur’an, surat Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat. Salah satu keutamaan membaca surat Al-Kahfi ialah dapat membuat wajah seseorang menjadi lebih bercahaya, Seseorang yang membaca surat Al-Kahfi akan diterangi cahaya dari kepala hingga ujung kaki. Adapun keutamaan membaca Al-Kahfi diantaranya:

1. Terhindar Oleh Fitnah Dajjal

Rasulullah SAW pernah Bersabda orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat maka ia akan terhindar dari segala bentuk fitnah terlebih fitnah Dajjal. Membaca surat Al-Kahfi sangat dianjurkan agar kita selaku umat muslim dapat terhindar dari segala fitnah.

Salah satu fitnah yang dijanjikan akan terjadi yakni fitnah jaddal. Fitnah jaddal ini terutama fitnah yang teramat keji. Terhindar dari segala bentuk fitnah terutama fitnah Dajjal merupakan salah satu keutamaan membaca surat Al-Kahfi.

2. Mendapat Ampunan Allah SWT

Selain membuat wajah menjadi lebih bercahaya serta terhindar dari fitnah Dajjal, membaca surat Al-Kahfi juga memiliki keutamaan yang lainnya seperti membuat seseorang yang membacanya diampuni dari segala dosa-dosanya.

Sesuai dengan perkataan para pepatah bahwasanya manusia adalah tempatnya salah dan dosa, inilah yang menjadi celah masuknya setan dan akan senantiasa menggoda manusia untuk melemahkan  iman kita sekaligus mengajak manusia menuju jalan kesesatan.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at maka akan terpancar cahayanya dari tubuhnya serta diampuni segala dosanya di antara dua jum’at.

3. Dihindarkan dari Godaan Setan

Setan merupakan musuh utama yang senantiasa menggoda keimanan manusia. Setan akan selalu berusaha mengajak manusia untuk ikut ke jalan yang sesat. Ajakan setan seringkali membuat kita malas untuk membaca Al-Qur’an.

Salah satu hadis meriwayatkan sebuah rumah yang senantiasa dibacakan Al-Qur’an (Surat Al-Kahfi dan Surat Al-Baqarah) maka rumah tersebut tidak akan dikunjungi setan sepanjang malam tersebut. Selama  membaca surat Al-Kahfi Insya Allah akan menghindarkan kita dari segala bentuk godaan setan yang terkutuk.

4. Mengingatkan Kita Akan Hari Akhir

Diantara keutamaan membaca Al-Kahfi salah satunya juga mengingatkan seseorang kepada hari akhir atau hari kiamat. Apabila seseorang membaca surat Al-Kahfi dengan sesama dan memahami arti dari ayat yang dibaca, maka akan diingatkan tentang suatu peristiwa yang pasti akan terjadi menimpa manusia yakni hari kiamat.

Dalam surat Al-Kahfi ayat ke 17 digambarkan keadaan manusia ketika hari kiamat tiba, manusia akan dipertontonkan dengan gunung-gunung yang berterbangan sehingga bumi tampak terlihat datar.

5. Mengharap Ridha dari Allah SWT

Disamping keutamaan membaca surat Al-Kahfi selain mendapatkan cahaya keberkahan, menjauhkan dari fitnah Dajjal, menghindarkan seseorang dari godaan setan, mengingatkan akan hari akhir, serta mendapatkan ampunan dari Allah. Keutamaan membaca surat Al-Kahfi yang berikutnya yakni, membaca surat Al-Kahfi akan memudahkan untuk meraih keridhaan dari Allah SWT.

6. Terlindung dari Bahaya dan Menjadi Orang Terdepan

Keutamaan membaca Al-Kahfi yang selanjutnya yakni melindungi kita dari marabahaya dan musibah serta menjadikan seseorang sebagai orang yang terdepan. Surat Al-Kahfi sangat dianjurkan dibaca setiap hari jum’at, ini juga bisa dijadikan sebagai amalan sunnah kita di hari jum’at.

Demikianlah beberapa keutamaan membaca  Al-Kahfi. Yuk mari sama-sama  mengamalkan membaca surat Al-Kahfi agar senantiasa terhindar dari marabahaya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.