3 Keutamaan Puasa Arafah Yang Penting Untuk Diketahui

  

Selain merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat muslim di dunia juga merayakan Hari Raya Idul Adha. Saat bulan inilah umat islam di dunia melaksakan ibadah haji. Pada bulan istimewa ini, banyak sekali amalan yang baik untuk diamalkan. Salah satu amalan tersebut ialah puasa Arafah karena keutamaan puasa Arafah banyak sekali. 

Setiap tanggal 9 Dzulhijjah umat muslim dianjurkan berpuasa arafah. Hari tersebut bertepatan dengan ibadah yang dilakukan oleh para jemaah haji yakni pelaksanaan wukuf di Padang Arafah. Meskipun hukumnya sunah, puasa Arafah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi orang-orang yang belum berkesempatan menunaikan ibadah haji. Berikut ini ulasan mengenai keutamaan puasa arafah yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mampu Menghapus Dosa Tahun Lalu dan Dosa Setahun yang Akan Datang

Keutamaan dari puasa Arafah yang pertama ialah mampu menghapus dosa tahun lalu dan juga dosa setahun yang akan datang. Orang-orang yang melaksanakan puasa Arafah akan dijaga oleh Allah dari perbuatan maksiat selama dua tahun. Tentu ini merupakan keutamaan yang luar biasa yang Allah berikan kepada hambaNya yang berpuasa Arafah.

Dari Abi Qatadah ra. Rasulullah saw. bersabda,

“Puasa hari Arafah menghapuskan dua tahun, yaitu tahun sebelumnya lalu dan tahun sesudahnya. Sementara puasa hari As-Syura (10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lepas,” (HR. Muslim, no. 1162)

Sebagian ulama, salah satunya Ibnu Hazm rahimahullah, berpendapat bahwa yang dimaksud dengan dosa-dosa yang dihapuskan ialah semua dosa. Baik dosa besar atau pun dosa kecil. Tetapi, mayoritas ulama, termasuk diantaranya Imam Ibnu Rajab, Imam Ibnu Abdil Barr, berpendapat bahwa yang dimaksud dengan dosa-dosa yang dihapuskan ialah hanyalah dosa-dosa kecil saja.

2. Orang yang Puasa Arafah Memperoleh Berkah Umur

Keutamaan berikutnya jika melaksanakan puasa Arafah semata-mata karena Allah yakni diberikan keberkahan umur atas izin Allah. Umur yang berkah yakni umur yang diisi dengan kegiatan ibadah, melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi banyak orang, dan juga diberikan kesehatan jasmani maupun rohani. Tentu inilah yang banyak diharapkan oleh umat muslim dimana pun.

Selain dilakukan semata-mata untuk beribadah kepada Allah, puasa di bulan Arafah juga sebagai bukti bahwa umat islam memuliakan bulan Dzulhijjah. Sehingga Allah pun akan memuliakan usia hambaNya yang melaksanakan puasa Arafah, dan menjadi makin berkahlah hidup si hamba. Jika umur berkah semasa hidupnya, tentu akan meringankan saat hari penghisaban nanti.

3. Diberikan Kebahagiaan Lebih pada Rumah Tangganya

Bagi yang sudah membina rumah tangga tentu selalu menginginkan rumah tangga yang harmonis. Salah satu keutamaan puasa Arafah ialah mampu memberikan perasaan bahagia di dalam rumah tangga. Melaksanakan ibadah puasa akan mendekatkan diri sang hamba kepada Allah. Jika hati selalu dekat dengan Allah, maka timbullah perasaan damai di dalam hati.

Rasulullah sangat menganjurkan untuk melaksanakan puasa Arafah ini karena banyak keutamaannya. Dengan hati yang damai dan bertambahnya keimanan akan menghasilkan suasana positif dalam kegiatan rumah tangga. Sehingga rumah tangga akan terasa lebih bahagia dari sebelumnya.

Rajin berpuasa pun membuat tubuh menjadi sehat sehingga mampu mengerjakan kewajiban rumah tangga dengan baik. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, kehidupan rumah tangga pun akan senantiasa diliputi keberkahan.

Itulah tadi pembahasan mengenai 3 Keutamaan Puasa Arafah. Jika untuk puasa Ramadhan yang satu bulan penuh bisa melaksanakannya. Tentu bukan suatu hal yang sulit untuk melaksanakan puasa Arafah ini. Setelah tahu banyaknya keutamaan yang bisa didapat semoga bisa menambah motivasi umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa Arafah tahun ini.