Manfaat Pelatihan Bagi Karyawan Dan Perusahaan

  
Manfaat Pelatihan Bagi Karyawan

Training objective atau pelatihan kerja bagi karyawan sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas, kompetensi dan etos kerja yang lebih maksimal. Yang tentunya tetap mengacu pada UU RI No.13/2003, tentang ketenagakerjaan. Secara tidak langsung manfaat pelatihan bagi karyawan akan memberikan pengaruh perkembangan  perusahaan tersebut.

Buruknya manajemen akan memberikan berdampak pada bisnis dan perkembangan suatu perusahaan. Apalagi  komunikasi antara manajemen dengan karyawan tidak terjalin efektif, tentunya akan sangat membahayakan kelangsungan kinerja perusahaan  tersebut. Maka, perlunya seorang pemimpin perusahaan yang visioner untuk menemukan solusi yang tepat dengan pemberian pelatihan kerja bagi karyawannya. Dan manfaat pelatihan bagi karyawan dan perusahaan, antara lain:

1. Potensi Karyawan

Keuntungan dan manfaat pelatihan bagi karyawan dapat mempengaruhi perkembangan bisnis perusahaannya.  Skill dan potensi yang dimiliki setiap karyawan pun dapat dikembangkan untuk memaksimalkan kinerja dan produktivitasnya. Sehingga ekspektasi perusahaan pun dapat tercapai dengan baik.

Leadership dan skill yang tepat dapat diperoleh dan dikembangkan melalui pelatihan-pelatihan kerja. Yang secara tidak langsung akan meningkatkan semangat dan etos kerja para karyawan tersebut. Selain itu juga akan menambah kepercayaan diri para karyawannya untuk semakin berprestasi sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

2. Meningkatkan Kinerja Dan Produktivitas

Persaingan bisnis yang semakin ketat dan terbuka, tentunya akan mempengaruhi perkembangan usaha suatu perusahaan. Apalagi dengan keterbatasan modal dan teknologi yang dimilikinya, akan semakin mempersulit perkembangan bisnis perusahaan. Maka, pelatihan kerja bagi karyawan menjadi investasi yang tepat untuk masa depan perusahaan.

Salah satu manfaat pelatihan bagi karyawan adalah semakin meningkatnya kinerja dan produktivitas. Apalagi dengan perkembangan tren dan  teknologi industri seperti saat ini, tentunya dibutuhkan penyesuaian yang berkaitan dengan kemampuan karyawan tersebut.  Selain itu juga untuk mengembangkan strategi bisnis yang tepat.

3. Meningkatkan Kemampuan Dan Keahlian

Setiap pimpinan perusahaan tentunya ingin mengembangkan bisnisnya semaksimal mungkin. Maka manajemen perusahaan tersebut akan mendorong para karyawannya untuk mengikuti pelatihan kerja yang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para karyawannya. 

Sehingga karyawan tersebut siap dan mampu melaksanakan tugas sesauai dengan standart atau prose yang ditentukan. Selain itu dengan pelatihan kerja akan meningkatkan SDM sekaligus jenjang kepemimpinan yang baik. Sehingga terampil dalam mengorganisir para karyawannya untuk lebih produktif dan maksimal.

4. Membangun Komunikasi Manajemen Dengan Karyawan

Membangun komunikasi antara pihak manajemen dan karyawannya menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk pengembangan perusahaan. Sehingga ketidaknyamanan hubungan komunikasi dapat teratasi dengan baik. Selain itu dengan terbukanya komunikasi tersebut, maka pihak karyawan pun dapat mendiskusikan permasalahannya, yang kemudian dapat dicari solusinya yang tepat dan nyaman bagi kedua belah pihak.

5. Perilaku Dan Attitude Positif

Dengan adanya pelatihan kerja bagi karyawannya, tentunya manajemen terkait perilaku dan attitude para karyawannya semakin positif sesuai dengan ekspektasi perusahaan . Sehingga kesadaran  dan minat akan pekerjaannya semakin berkembang baik untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan perusahaan.  Dengan demikian prosedur operasional bekerja dapat terjaga sesuai dengan standar perusahaan.

Selain itu setiap persoalan yang muncul dan berkomunikasi dengan baik, hingga solusinya dapat dengan dengan cepat ditemukan.  Dan efektivitas kerja organisasi di perusahaan pun memberikan hasil yang baik bagi pribadi karyawan dan perusahaannya. Sehingga harapan para karyawan pun sejalan dengan visi dan misi perusahaannya.

Jadi, demikianlah manfaat pelatihan bagi karyawan dan perusahaan, yang tentunya akan semakin berkembang sesuai dengan ekspektasinya. Dan tentunya keberhasilan pelatihan tersebut bergantung dengan kerjasama dan hubungan yang baik, antara karyawan dan manajemen perusahaan tersebut. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.