Pekerjaan Dokter Hewan Yang Tugasnya Sangat Mulia

  

Menjadi seorang dokter hewan kini banyak digandrungi oleh banyak anak. Pekerjaan dokter hewan yang berkaitan dengan banyak hewan lucu seperti kucing dan anjing menjadi alasan mengapa banyak yang ingin menjadi dokter hewan. Namun agar mengenal lebih dekat seperti apa tugas dan pekerjaan seorang dokter hewan, berikut penjelasannya

1. Mencegah dan Memastikan Hewat Tidak Terinfeksi Penyakit

Tugas dan pekerjaan seorang dokter hewan yang pertama adalah memberikan pencegahan dan memastikan hewan tidak terinfeksi penyakit. Tidak hanya berlaku untuk hewan-hewan kecil seperti kucing atau anjing saja, tetapi juga hewan-hewan besar seperti sapi dan kambing. Hewan-hewan sangat berpotensi untuk menularkan penyakit yang berbahaya pada manusia hingga perlu dicegah penyebarannya.

Pencegahan dari infeksi penyakit pada hewan ini biasanya dilakukan secara berkala dengan memberikan vaksin atau imunisasi pada hewan. Imunisasi dan vaksin pada hewan dilakukan secara berkala dan rutin sesuai dengan daya tahan vaksin pada tubuh hewan. Selain imunisasi, pencegahan bisa dilakukan dengan melakukan operasi seperti saat menjelang hari raya Idul Adha.

2. Mengobati dan Memberikan Nutrisi Kesehatan pada Hewan

Dokter hewan bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang ajaib karena mampu melakukan diagnosis penyakit pada hewan. Hewan tidak seperti manusia yang bisa mengungkapkan rasa sakitnya. Sehingga pekerjaan dokter hewan menjadi kompleks karena harus bisa memahami penyakit seekor hewan tanpa bisa melakukan wawancara seperti dokter umum pada manusia.

Setelah melakukan diagnosis, seorang dokter hewan kemudian memberikan pengobatan kepada hewan yang terindikasi penyakit. Obat yang diberikan pada hewan ada yang dalam bentuk pil, ada juga yang melalui suntikan. Selain itu, dokter hewan juga bertugas untuk menyusun nutrisi kesehatan hewan yang dirawat di Rumah Sakit Hewan atau Klinik Hewan.

3. Menghindari Risiko Gangguan Kesehatan pada Manusia

Beberapa penyakit yang diidap oleh hewan bisa juga menular pada manusia. Salah satu di antara penyakit dari hewan yang bisa menular ke manusia adalah Rabies. Penyakit yang bersumber dari hewan ini ternyata sangat berbahaya bagi manusia. Bahkan kedua penyakit tersebut berisiko menyebabkan kematian tidak hanya bagi hewan tapi juga manusia.

Seorang dokter hewan bekerja untuk menghindari risiko gangguan kesehatan pada manusia yang bersumber dari hewan. Hewan yang terindikasi penyakit harus dikarantina dan diperiksa, terutama apabila berasal dari luar negeri. Pada proses karantina tersebut, hewan-hewan diperiksa secara mendalam untuk melihat adanya indikasi penyakit sebelum dilepaskan berdampingan dengan manusia apabila tidak ditemukan indikasi penyakit.

4. Menjamin Keamanan Bahan Pangan Hewani

Tidak sedikit hewan yang juga menjadi bahan konsumsi manusia, seperti kambing, sapi, atau babi. Sayangnya ketiga hewan tersebut juga berpotensi memiliki penyakit yang sangat berbahaya. Salah satu yang sudah sering dikenal adalah penyakit Antraks. Penyakit Antraks ini bisa ditularkan dari hewan-hewan ternak tersebut kepada manusia.

Untuk mencegah adanya penularan penyakit dari hewan ternak ke manusia, seorang dokter hewan memiliki wewenang untuk memberikan penanganan pada hewan ternak yang terindikasi penyakit. Untuk menangani penyakit seperti ini, dokter hewan bisa memberikan obat-obatan pada hewan yang terkena penyakit. Jika lebih parah, hewan tersebut harus dimusnahkan agar tidak dikonsumsi manusia.

5. Melakukan dan Membantu Proses Reproduksi Hewan

Salah satu hal yang paling membahagiakan bagi pemilik hewan adalah ketika hewan miliknya bereproduksi. Namun sama seperti manusia, hewan juga terkadang memiliki kendala atau masalah saat akan melahirkan anak-anaknya. Dalam kasus ini, sudah menjadi pekerjaan dokter hewan untuk membantu proses reproduksi atau persalinan hewan.

Dokter hewan adalah sebuah profesi yang sangat mulia karena bertugas untuk menjembatani antara hewan dan manusia. Pekerjaan dokter hewan sangat luas dan tidak terikat hanya pada hewan saja. Namun, dokter hewan juga bertugas untuk melindungi manusia dari segala penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan.