7 Pekerjaan Untuk Pensiunan Yang Mudah Dan Minim Resiko

  

Banyak orang yang menjadi khawatir dan takut saat memasuki usia purna karya. Merasa sudah tidak dibutuhkan karena kehilangan kemampuan memperoleh penghasilan merupakan kecemasan yang menghantui para calon pensiunan. Maka, diperlukan langkah dan persiapan ketika akan memasuki masa pensiunnya. Dengan banyak pilihan yang dapat dijadikan alternatif pekerjaan untuk pensiunan yang mudah dan minim resiko.

Kebanyakan yang menjadi fokus utama para pensiunan adalah aktivitas kerja, sementara soal keuangan menjadi sampingannya. Sebab rata-rata para pensiunan tersebut sudah memiliki dana pensiun, meskipun relatif kecil dibandingkan ketika masih produktif dahulu. Beberapa pekerjaan untuk pensiunan yang dapat memberikan penghasilan tambahan dengan cara yang relatif mudah dan minim resiko, antara lain:

1. Warung Kelontong

Alternatif pekerjaan untuk pensiunan adalah dengan membuka  usaha warung kelontong, yang menyediakan kebutuhan sembako dan sehari-hari. Selain minim resiko usaha warung kelontong ini relatif mudah dijalankan. Bahkan dapat dilakukan meskipun diawali dengan modal yang terbatas.

2. Bisnis Indekos

Memiliki sisa lahan di dekat kampus, sekolah maupun perkantoran, menjadi peluang untuk memiliki usaha indekos.  Apalagi, jika dekat dengan tempat-tempat tersebut. yang tentunya akan semakin lengkap jika usaha kos-kosan tersebut dipadukan dengan pekerjaan lain seperti usaha; warung makan atau toko kelontong.

3. PPOB

Salah satu pekerjaan yang dapat dijadikan pilih para pensiunan adalah usaha PPOB, selain minim resiko juga tidak membutuhkan modal besar. Bahkan usaha ini dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan salah satu ruangan, seperti teras atau garasi. Peluang pasarnya yang cukup terbuka, dengan berjualan; pulsa atau kuota Hp, pulsa listrik, loket pembayaran PDAM, Listrik, Leasing dan lain sebagainya.

4. Bimbingan Belajar

Menjadi pensiunan guru bukan berarti terhenti aktivitasnya. Dengan menjadi pengajar bimbingan belajar baik privat maupun regular dapat menjadi pilihan pekerjaan saat masa pensiun tiba. Modalnya pun tidak besar, hanya menyiapkan salah satu ruang di rumah menjadi kelas untuk mengajar. Dengan pengalaman sebagai guru, tentunya materi pengajaran pun dapat berkemabng sesuai dengan kerikulum pendidikan.

5. Budidaya Tanaman

Bagi para pensiunan yang juga penghobi tanaman, dapat memanfaatkan hobinya tersebut menjadi peluang pekerjaan yang menguntungkan. Baik membudidayakan tanaman hias maupun tanaman untuk konsumsi, keduanya relative menguntungkan. Beragama tanaman hias, seperti; melati, mawar, anggrek, nusa indah dan lain sebagainya sering dicari para penghobi untuk menghiasi rumahnya.

Sementara jenis tanaman konsumsi, seperti buah dan sayur juga memiliki peluang pasar yang cukup terbuka. Apalagi dengan memanfaatkan budidaya hidroponik dan organik, tentunya patut dijadikan pekerjaan para pensiunan. Selain tidak membutuhkan energi yang  besar dalam pemeliharaan juga dapat menghemat lahan pertaniannya.

6. Usaha Ayam kampung Petelur Atau Pedaging

Salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan adalah usaha ayam kampung petelur dan pedaging.  Selain dapat memanfaatkan sisa lahan di pekarangan rumah, juga dapat dilakukan sendiri, tanpa perlu karyawan tambahan. Yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan ini adalah menjaga kebersihan kandang  secara rutin, untuk menjaga kesehatan ayam dan mengurangi polusi udara dari kotoran ayam tersebut.

7. Usaha Peternakan Atau Perikanan

Usaha peternakan, seperti; kambing, sapi, kelinci dan lain sebagainya patut untuk dijadikan pertimbangan untuk pekerjaan di masa pensiun. Kebutuhan kambing dan sapi saat hari raya Kurban yang begitu besar dapat dijadikan  acuan memulai usaha peternakan ini. Sementara usaha budidaya kelinci hias juga menjadi alternatif pekerjaan yang mudah dan cukup menguntungkan.

Selain itu usaha perikanan konsumsi, seperti; lele, bawal, nila dan lain sebagainya dapat memberikan penghasilan tambahan yang cukup besar. Apalagi dengan memanfaatkan tekhnologi budikdambers yang sedang menjadi tren saat ini. Selain dapat menghemat tempat juga dapat dikombinasikan dengan tanaman sayur-sayuran. Sehingga perputaran uangnya pun juga semakin cepat.

Nah, demikian 7 pekerjaan untuk pensiunan yang mudah dan minim resiko. Jadi, menjadi seorang pensiunan bukan berarti akan terhenti aktivitas kerjanya, banyak alternatif pekerjaan yang dapat dipilih. Selain dapat mengisi kekosongan waktu sehari-hari dan memperoleh penghasilan tambahan. Juga dapat menjaga kesehatan jiwa dan raga dari berbagai penyakit yang biasa dialami orang ketika memasuki masa pensiunnya. bermanfaat Semoga menginspirasi dan bermanfaat.