Tata Cara Sholat Malam untuk Melunasi Hutang dengan Baik

  

Sholat malam untuk melunasi hutang seharusnya bukan dijadikan alasan utama untuk mendirikan sholat malam. Dirikanlah sholat malam dengan berniat untuk beribadah kepada Allah SWT dengan diikuti pengharapan melalui berdoa kepadaNya.

Salah satu contoh sholat malam untuk melunasi hutang yang bisa dikerjakan, yaitu sholat tahajud. Ibadah yang satu ini memang bukanlah bagian dari sholat wajib. Tetapi, tahajud menjadi sholat sunnah yang utama selepas sholat wajib. Ada banyak manfaat yang didapat ketika rajin melaksanakan ibadah yang satu ini.

Sholat tahajud sendiri diperintahkan oleh Allah SWT untuk dilaksanakan, karena ibadah ini sudah dikerjakan oleh orang-orang shaleh terdahulu. Bagaimana tata cara sholat tahajud yang benar? Berikut tata caranya:

1. Tidur Terlebih Dahulu

Sholat tahajud merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari selepas tidur. Sebelum melaksanakan sholat malam, maka tidurlah terlebih dahulu. Karena jika tidak tidur dahulu, maka sholat sunnah yang dikerjakan bukanlah termasuk sholat tahajud.

Karena sholat tahajud sendiri merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah tidur. Jika tidak diawali dengan tidur, maka ibadah yang dilakukan di malam hari hanya termasuk pada qiyamul lail. Tidurlah walaupun itu sebentar, karena salah satu syarat untuk melaksanakan ibadah tahajud adalah dengan tidur terlebih dahulu.

2. Bersuci dengan Berwudhu

Sama halnya dengan sholat-sholat yang lainnya, untuk melaksanakan ibadah tahajud, badan harus benar-benar bersih dan suci dari segala najis yang ada seperti hadas kecil maupun hadas besar. Cara untuk mensucikan diri dari hadas kecil, yaitu dengan berwudhu. Selain bebas dari hadas kecil, badan juga harus bersih dari hadas besar sebelum mengerjakan ibadah sholat tahajud.

Karena tidak akan sah atau tidak akan diterima, orang-orang yang melaksanakan ibadah sholat dalam keadaan yang belum suci dari hadas baik kecil maupun besar. Oleh karena itu, wudhulah terlebih dahulu.

3. Membaca Doa Niat Sholat Tahajud

Selepas badan sudah bersih dari hadast kecil maupun besar. Gelar sajadah menghadap ke arah kiblat lalu dirikanlah sholat malam mengawalinya dengan membaca niat untuk sholat tahajud. Niatkan untuk sholat sunnah tahajud hanya karena Allah SWT, tanpa niat apapun selain hanya kepada diriNya. Segala sesuatu amalan akan dilihat dari niatnya.

Bacaan niat sholat tahajud dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut : Aku niat shalat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala’

4. Mengisi Tiap Rakaatnya dengan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an

Sholat tahajud terdiri dari 2 rakaat dan 1 salam. Setiap masing-masing rakaat dalam sholat tahajud isilah dengan bacaan ayat-ayat suci yang ada di dalam Al-Qur’an baik yang panjang maupun yang pendek.

Usahakan membaca ayat-ayat yang dihafal baik pelafalannya maupun maknanya, karena itu akan menambah kekhusyukan ketika mengerjakan ibadah sholat malam ini. Dengan begitu, sholat yang dilaksanakan akan benar-benar bisa maksimal.

5. Berdoa Meminta yang Baik-Baik dengan Khusyu’

Selepas mengucapkan salam, janganlah untuk beranjak dari tempat sholat. Duduklah diam sejenak, sambil merenungkan hal-hal yang sudah dilakukan. Karena waktu malam yang sunyi dan sepi menjadi waktu terbaik untuk merenungkan segala hal kekhilafan diri ini sebagai manusia.

Sambil duduk, berdzikirlah kepada Allah SWT sekalian dengan memohon ampun kepadaNya atas segala dosa yang telah diperbuat. Selepas berdizkir, berdoalah kepadaNya, berdoalah dengan hal-hal yang baik. Apapun yang diharapkan, lepaskanlah pada waktu malam setelah sholat tahajud karena Allah SWT turun ke bumi pada waktu malam khususnya di sepertiga malam.

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sholat malam yang dikerjakan selepas tidur. Waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah ini, yaitu pada waktu sepertiga malam, dimana pada waktu tersebut Allah SWT turun ke muka bumi.

Apapun masalah yang dihadapi, perkuat harapannya dengan doa. Karena doa merupakan senjata utama bagi orang muslim dan Allah SWT senang melihat hambanya yang berdoa meminta kepada diriNya. Itulah tata cara sholat malam untuk melunasi hutang yang bisa dibaca pada konten ini, namun dirikanlah ibadah sholat malam dengan tujuan hanya karena Allah SWT semata.