Syarat Monetisasi Youtube Yang Harus Dipenuhi Secepatnya Untuk Diapprove

  

Awal youtuber membuat akun adalah berbagi informasi terkini melalui media video. Tujuan lainnya yaitu untuk mendapatkan penghasilan dari Channel Youtube, pembuat konten harus memenuhi syarat monetisasi Youtube. Jika tidak dimonetisasi, maka akun hanyalah tempat berbagi saja, mengekspresikan diri.

Banyak yang berusaha dengan sekuat tenaga supaya akun dimonetisasi oleh Google, karena dengan begitu iklan dapat ditampilkan pada video. Semakin banyak iklan tampil, bahkan diklik oleh penonton maka penghasilan semakin banyak. Namun syarat yang diberikan terkadang menghalangi pembuat konten memonetisasi, berikut syarat dan cara memenuhinya.

1. Konten Tidak Menyalahi Aturan

Jadilah Youtuber yang baik, uploadlah konten yang baik. Usahakan mengupload konten jauh dari pornografi dan kekerasan, karena itu adalah syarat monetisasi Youtube. Lebih baik uploadlah video yang menayangkan tentang berita dan tutorial. Ini akan menjadi konten yang banyak dicari orang untuk kebutuhan informasi dan untuk melakukan suatu kegiatan.

Konten menjadi dasar dari suatu akun youtube dikatakan baik dan bermanfaat. Karena terdapat beberapa akun yang mengupload konten yang buruk seperti video prank. Yang mana merupakan contoh yang tidak baik terutama bagi anak-anak.  

2. Miliki 1000 Subscribers

Subscriber adalah tombol yang dipilih untuk menunjukan bahwa sesama pemilik akun youtube lain merasa tertarik dan mengikuti konten yang baru diupload. Tidak semua akun Youtube merupakan pembuat konten. Terdapat akun yang mana pemiliknya hanya sebagai konten berkualitas ataupun hanya sebagai penonton konten untuk menghibur diri.

Syarat monetisasi Youtube yang harus dipenuhi adalah memiliki 1000 subscriber. Ini sebagai pedoman bahwa youtuber merupakan pembuat konten yang telah dikenal. Tidak perlu untuk memaksa penonton memberikan subscribes. Karena jika konten yang dibagikan berkualitas maka penonton akan dengan sukarela mengklik tombol ini.

3. Memenuhi Batas Minimal Tayangan

Syarat monetisasi Youtube yang selanjutnya adalah memiliki total tayangan minimum yang telah ditentukan oleh Google. 4000 jam waktu tayangan yang telah ditonton oleh viewer merupakan batas minimum yang harus dipenuhi.

Syarat ini sebenarnya untuk mencegah dan menanggulangi kecurangan yang beberapa kali marak dilakukan oleh youtuber, yaitu mengklik sendiri tombol subscribes. Jika Youtuber membuat video konten yang sedang hangat dan informatif usahakan dengan membuat durasi video yang lebih banyak. Supaya membuat viewer merasa puas dan menjadi viewer setia.

4. Jangan Plagiat Video

Syarat monetisasi salah satunya juga ditinjau dari keaslian kontennya. Konten harus dibuat sendiri tanpa memplagiat sebuah video, apalagi yang berasal dari akun Youtube terkenal. Jika itu dilakukan otomatis, Google akan mengetahuinya dan tidak akan menyetujui pengajuan Google Adsense. Terutama pada video yang telah memiliki hak cipta.

Untuk Youtuber yang tidak memiliki atau kehabisan ide, cobalah ambil referensi konten video berasal dari akun lain. Mengambil referensi yang dimaksud disini, adalah mengadaptasi dengan memadupadankan ide sendiri dan menambahkan atau menguranginya. Menggunakan acuan dari video lainnya, untuk membuat konten unik sendiri.

5. Konten Edukasi yang Bermanfaat Diutamakan

Konten yang berisi tentang edukasi yang bermanfaat untuk orang banyak akan lebih utama untuk disetujui. Karena konten ini akan selalu dicari oleh banyak orang sehingga mempercepat untuk memenuhi persyaratan dari Google Adsense. Selain itu berbagi hal yang baik akan membuat hati menjadi lebih tenang dan akan mendapat lebih banyak dukungan.

Itulah syarat monetisasi Youtube yang harus dipenuhi untuk mendapatkan penghasilan yang terus mengalir ke kantong. Selalu buatlah konten yang bermanfaat bagi orang lain. Tetap semangat berbagi konten positif ya!