Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Syariah

  

Menabung merupakan hal yang sangat penting. Terutama jika memiliki anak yang berpendidikan. Dengan menabung sejak dini membuat pembayaran pendidikan kedepannya menjadi lebih ringan. Apalagi jika menabungnya melalui perbankkan syariah. Ulasan kali ini akan dibahas beberapa rekomendasi tabungan pendidikan anak syariah.

Banyak yang menabung melalui bank atau bahkan melalui asuransi. Semua tergantung oleh kepercayaan dari masing-masing. Banyak anak yang didaftarkan tabungan pendidikannya. Baik melalui perbankkan syariah maupun bank yang lainnya. Berikut merupakan rekomendasi tabungan pendidikan anak syariah.

1. Tabungan Pendidikan Anak BRI Syariah

Tabungan pendidikan anak syariah pertama yang bisa didaftarkan yaitu di BRI syariah. Tidak hanya memuat tabungan pendidikan. Di bank ini juga memuat tabungan lain seperti halnya qurban, belanja, dan juga liburan. Dengan memakai setoran rutin atau biasa disebut dengan auto debet perbulannya.

Nominal paling rendah perbulannya yaitu 50.000,- dalam jangka waktu 12 hingga 240 bulan. Atau tergantung dengan jenis tabungan yang diambil. Menabung dengan bank ini dapat melakukan penarikan tabungan setiap jatuh tempo. Dan dapat diambil melalui rekening induk. Pemotongan zakatnya dapat dilakukan rutin setiap bulan dengan mengambil hasil yang didapat.

2. Tabungan Pendidikan Anak CIMB Niaga Syariah

Rekomendasi tabungan yang kedua adalah melalui CIMB niaga syariah. Dalam bank ini, tabungan pendidikan menggunakan prinsip mudharabah muthlaqah. Prinsip tersebut bertujuan untuk membantu mewujudkan cita-cita pendidikan anak sejak dini. Setoran perbulannya dan jangka waktu yang diingin bersifat fleksibel. Dalam perbulannya setoran minimum yang ditabungkan adalah 100.000,-.

Kelebihan menabung di bank ini adalah dapat menambah jumlah tabungan di luar setoran rutin bulanan. Caranya yaitu tinggal menyetor langsung ke tabungan IB pendidikan yang dimilikinya. Imbal hasil yang diterima adalah, jika menabung dalam jangka waktu 1 hingga 3 tahun, maka nisbah yang dibagi hasil yaitu 43%.

3. Tabungan Pendidikan Anak BCA Syariah

Selanjutnya rekomendasi tabungan pendidikan anak syariah adalah melalui bank BCA. Manfaat dari penggunaan tabungan ini adalah dapat dilakukan tabungan dalam jangka waktu pendek dan menengah. Selain itu manfaat lainnya adalah mendapatkan kepastian pencapaian dana yang diperuntukkan perencanaan keuangan.

Persyaratan untuk menabung dengan jenis IB ini, yaitu usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun. Namun untuk jatuh temponya usia maksimalnya yaitu 65 tahun. Berbagai manfaat yang didapatkan jika mengikuti asuransi.

4. Tabungan Pendidikan Anak BNI Syariah

Merupakan jenis tabungan pendidikan berjangka yang disebut dengan IB hasanah. Yang dapat dilakukan dengan cara melakukan setoran dana setiap bulannya dengan setoran minimal 100.000,- dan maksimal 5000.000,-.  Penyetorannya sangat mudah dan proses yang dilakukan pun singkat.

Jangka waktu yang ditawarkan menarik, yaitu minimum 1 tahun dan maksimum 18 tahun. Dengan menabung pendidikan di bank ini, dana tabungan pendidikan yang disetorkan terbilang aman. Manfaat lainnya adalah jika yang menabung terkena musibah, maka dari pihak bank akan memberikan perlindungan asuransi jiwa hingga berjumlah 1.000.000.000,- untuk diberikan.

5. Tabungan Pendidikan Anak Bank Syariah Mandiri

Merupakan bank yang memberikan layanan asuransi yang dapat memberikan hasil berjenjang. Tidak hanya itu, kepastian dalam pencapaian target dana yang telah ditetapkan pun diberikan. Periode tabungan dapat dipilih yaitu 1 tahun penabungan hingga 10 tahun. Dengan bagi hasil yang komparatif dan sesuai ketentuan.

Dalam penyetoran perbulannya minimum 100.000,-. Jika yang menabung memiliki musibah yang tidak terduga. Maka dari pihak bank akan memberikan dana perlindungan secara otomatis dan gratis tanpa pemeriksaan keselamatan.

Itulah rekomendasi tabungan pendidikan anak syariah. Menabung merupakan hal yang wajib jika sudah mampu. Selain untuk pendidikan, manfaat lain juga didapat jika mengikuti asuransi. Semoga bermanfaat.