Rumah Lebih Asri Dengan 7 Jenis Tanaman Hias Gantung Minimalis

  

Memiliki rumah yang dihiasi dengan berbagai tanaman hias merupakan dambaan banyak orang. Selain itu dapat menambah kesegaran dan keindahan ketika dipandang. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, merawat tanaman merupakan hal yang cukup berat. Membayangkan beratnya pot, mengganti tanah, memberi pupuk secara berkala, hingga membersihkan tanah terutama saat hujan. Tentu saja hal yang sedikit merepotkan, tetapi kini dapat memilih tanaman hias gantung minimalis yang praktis.

Banyak sekali pilihan tanaman hias gantung minimalis yang tersedia. Tidak hanya menambah kesan indah, bau semerbak dari tanaman hias gantung dapat memberikan rasa nyaman. Nah, berikut ini adalah 10 jenis tanaman hias gantung minimalis yang dapat dijadikan pilihan.

1. Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman hias gantung ini berasal dari benua Afrika. Tanaman ini termasuk jenis yang populer di daerah tropis seperti Indonesia sebab tahan cuaca panas serta mudah beradaptasi dengan lingkungan. Memiliki warna dan corak daun yang menarik serta dapat tumbuh memanjang ke bawah, menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias gantung favorit. Untuk perawatan dan menanamnya pun cukup mudah. Menanamnya hanya perlu menggunakan tanah liat dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

2. Bunga Lobelia                                 

Bunga yang satu ini dikenal memiliki warna yang cantik dan beragam seperti ungu, merah, putih dan biru. Tanaman ini sangat digemari sebab tidak memerlukan perawatan yang ekstra, selain itu juga mudah tumbuh subur tanpa memandang musim tertentu. Untuk menanamnya hanya perlu menabur bibit di dalam tanah. Kemudian tunggu hingga pucuknya berhasil tumbuh. Kemudian pindahkan ke dalam pot gantung.

3. Bunga Anting-Anting (Fuschia)

Sesuai dengan namanya, bunga ini tumbuh menggantung dengan cantik seperti anting-anting. Tanaman ini juga dapat tumbuh tanpa memandang musim tertentu. Bibit tanaman ini juga banyak tersedia di pasaran dalam berbagai warna seperti merah muda, putih, ungu, hingga kombinasi. Jangan lupa untuk menyiram tanaman ini secara berkala dan letakkan di tempat yang sejuk agar tidak kering karena sinar matahari.

4. Bunga Petunia

Bunga yang berasal dari Benua Amerika ini memiliki ketinggian sekitar 16 hingga 30 cm. Petunia ini memiliki kelopak yang seperti terompet dan mahkota tunggal maupun ganda. Maka dari itu bentuk bunga petunia sangat indah. Bunga ini juga terdiri dari berbagai variasi warna seperti merah, kuning, putih, ungu serta biru. Bunga jenis ini akan lebih cocok di kota yang cenderung sejuk, seperti Bogor atau Malang.

5. Bunga Geranium yang Dapat Mengusir Nyamuk

Bunga yang satu ini terkenal dapat menghalau nyamuk. Namun, seperti halnya bunga Petunia, bunga ini juga lebih cocok di kota yang cenderung sejuk. Selain itu, apabila berminat memiliki bunga ini harus rutin menyiram serta menjaga kelembaban udara. Selain itu juga harus memberi pupuk secara berkala terutama saat tanaman ini sudah mulai berbunga.

6. Bunga Anggrek (Orchidaceae)

Jenis bunga yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias gantung. Selain mudah didapatkan, bunga ini memiliki bentuk yang indah dan warna yang beragam. Disamping itu, tanaman ini juga dikenal mampu menyaring udara loh. Sehingga udara akan terasa lebih bersih dan bebas polusi. Tidak hanya sebagai tanaman hias, anggrek juga dapat dijadikan bahan makanan serta mengobati nyeri sendi dan demam.

7. Bunga Begonia

Jenis bunga yang satu ini memiliki berbagai variasi, mulai dari daun hingga pucuk, bunga ini tersedia dalam banyak warna dan sangat cocok untuk tanaman hias gantung minimalis. Terlebih bagi pecinta tanaman hias gantung yang menginginkan penampakan rumah lebih asri, tanaman ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tanaman hias gantung minimalis yang dapat dijadikan pilihan. Mana yang paling menarik?