Tips Kerja Di Rumah Agar Nyaman Dan Tetap Fokus

  
Tips Kerja Di Rumah

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang luar biasa di seluruh belahan dunia. Tidak terkecuali di Indonesia yang juga menerapkan kerja dari rumah. Ketika bekerja dari rumah maupun bekerja di kantor memang berbeda suasana. Oleh karena itu, artikel ini akan memberi tips kerja di rumah agar nyaman dan tetap fokus.

1. Sediakan Ruangan Atau Tempat Yang Nyaman Untuk Bekerja

Tips kerja di rumah yang pertama tentunya sediakan ruangan atau tempat yang nyaman untuk bekerja. Ketika tidak memiliki ruangan khusus di rumah bisa dimana saja asalkan nyaman. Hal tersebut bisa memungkinkan untuk fokus terhadap pekerjaan dan tetap produktif.

Ruangan atau tempat kerja yang nyaman juga bisa mempengaruhi mood supaya tidak tertekan. Karena di rumah saja bisa membuat jenuh jadi berikan tempat terbaik dan nyaman untuk bekerja. Usahakan juga ketika bekerja bisa jauh dari gangguan yang bisa saja mengganggu fokus terhadap pekerjaan tersebut.

2. Harus Disiplin Terhadap Waktu Dan Jauhkan Diri Dari Sosmed

Ketika sudah mendapatkan ruangan atau tempat yang nyaman untuk bekerja di rumah. Hal kedua yang harus dilakukan ialah disiplin terhadap waktu ketika di rumah pasti banyak yang membuat tidak fokus. Salah satunya adalah handphone yang terkadang bisa menjadi hal penting atau tidak penting.

Hp ketika penting menjadi salah satu penunjang untuk bekerja, seperti tetap terhubung dengan rekan-rekan. Menjadi tidak penting ketika hp tersebut menjadi alat yang membuat tidak fokus karena asik bermain sosial media. Yang terpenting ketika sudah memulai bekerja harus tau yang prioritas dan tidak ya.

3. Ketika Ada Rapat Online Usahakan Hadir Dan Menyimak

Ini juga menjadi salah satu yang penting ketika bekerja di rumah. Tentu ketika rapat tidak bisa rapat seperti biasa haruslah melalui media untuk rapat. Atau dengan kata lain rapat online, ketika rapat offline bertatap muka langsung dengan online memang sedikit berbeda.

Ketika rapat online usahakan untuk standby 30 menit sebelum rapat dimulai. Jaga-jaga ketika ternyata terjadi kesalahan server ataupun tidak bisa masuk ke link yang dibagikan untuk rapat. Lalu, ketika rapat dimulai hargailah dengan menyimak dan menanggapi apa yang pembicara dan moderator rapat katakan.

4. Adanya Penetapan Aturan Kerja Tim Ketika Bekerja Dari Rumah

Bekerja dalam tim tentu ada beberapa aturan yang harus diikuti dan tentunya harus disepakati setiap anggota terlebih dahulu. Saat bekerja dari rumah juga harus ada peraturan-peraturan yang dibuat untuk dipatuhi semua anggotanya. Tentu harus ada yang mengawasi untuk semua pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar.

5. Buat Papan Jadwal Yang Menarik Untuk Memprioritaskan Tugas

Manusia merupakan tempatnya untuk lupa. Untuk menghindari hal tersebut perlu adanya papan jadwal yang dibuat secara menarik. Yang digunakan untuk pengingat diri sendiri akan deadline tugas ataupun hal-hal penting lainnya yang berkenaan dengan pekerjaan kantor.

Dengan membuat papan jadwal yang menarik untuk dilihat juga bisa membantu untuk mengingat jadwal pekerjaan yang harus diprioritaskan. Sehingga kelemahan untuk melupakan suatu hal dapat dihindarkan dengan cara mencatat dan menempel pada papan jadwal agar terlihat dengan jelas.

6. Ketika Beristirahat Jangan Lupakan Menanyakan Kabar Kepada Rekan Kerja

Work from home memang sedikit berbeda karena tidak ada rekan kerja di sekeliling. Untuk menghindari stress ketika bekerja dari rumah bisa dilakukan dengan menghubungi rekan kerja terdekat. Hanya dengan menanyakan kabar dan bagaimana pekerjaannya hari ini.

Ketika di karantina memang sedikit membuat diri ini jenuh, tetapi ketika membuat rumah menjadi suasana kantor yang nyaman. Tentu akan menjaga kualitas pekerjaan yang baik juga. Itulah beberapa tips kerja di rumah agar nyaman dan tetap fokus.